PERBAIKAN ARAH ARUS LALU LINTAS DAN ANALISIS WAKTU NYALA LAMPU LALU LINTAS DENGAN METODE WEBSTER
STUDI KASUS : SIMPANG 4 KARANG WARU TUBAN
Keywords:
kemacetan, Konflik Kendaraan, Graf, WebsterAbstract
Simpang 4 Karang Waru Tuban merupakan salah satu persimpangan dengan kondisi sering mengalami kemacetan dan rawan konflk kendaraan yang diakibatkan tingginya volume kendaraan serta desain lalu lintas yang kurang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan desain baru dan durasi nyala lampu lalu lintas yang optimal menggunakan Graf Kompatibel dan metode Webster. Data penelitian yang digunakan adalah volume kendaraan, waktu tunggu, dan desain lama arah arus lalau lintas. Penelitian ini terbatas pada lingkup permasalahan Simpang 4 Karang Waru Tuban. Graf kompatibel digunakan untuk menentukan fase dan mengatur arah arus sehingga kendaraan yang melintas dapat berjalan dengan sesuai secara bersamaan. Sedangkan metode webster digunakan untuk mngetahui durasi nyala lampu optimal pada desain baru yang akan diterapkan.hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat 4 fase pada desain baru dengan durasi total siklus 91 detik. Metode yang digunakan terbukti efektif karena mampu mendapatkan hasil optimal sesuai rekomendasi jumlah fase dan durasi sikuls yang disarankan.
References
R. Nasmirayanti, “Perencanaan Ulang Pengaturan Fase Alat Pengatur Lalu Lintas pada Persimpangan Bersinyal di Persimpangan Jl. Jend. Sudirman–Kis Mangun Sarkoro,” Rang Tek. J., vol. 2, no. 1, 2019.
Y. Yusnita, “Simulasi Arus Lalu Lintas Dengan Menggunakan Kecepatan Model Kerner Konhäuser,” J. Dimens., vol. 5, no. 2, 2016.
M. R. Salianto, H. Pramanda, and B. Bunyamin, “PENGARUH KEEFEKTIFAN TRAFFIC LIGHT PADA SIMPANG BERSINYAL SIMPANG SURABAYA,” J. Tek. Sipil dan Teknol. Konstr., vol. 7, no. 2, 2021.
F. Y. PUTRA, “Kewenangan Diskresi Dan Pertanggungjawaban Hukum Dalam Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Kepolisian.” Universitas Hasanuddin, 2013.
A. K. Nisa and L. Muzdalifah, “Optimasi Waktu Tunggu Lalu Lintas Dengan Menggunakan Graf Kompatibel Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan,” MathVisioN, vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2021.
R. D. Hardianti, R. Rochmad, and R. Arifudin, “Penerapan Graf Kompatibel pada Penentuan Waktu Tunggu Total Optimal di Persimpangan Jalan Kaligarang Kota Semarang,” UNNES J. Math., vol. 2, no. 1, 2013.
V. Nurvaida, “Analisis Perbandingan Hasil Metode Webster dan Logika Fuzzy pada Optimasi Sistem Kendali Lalu Lintas.” Institut Teknologi Kalimantan, 2020.
I. Y. Yolanda and K. Kartono, “Analisis Kepadatan Lalu Lintas di Perlimaan Jalan (Studi Kasus di Jalan Soekarno Hatta-tlogosari-supriyadi-medoho),” J. Mat., vol. 3, no. 4, 2014.
C. Chairani, I. Jaya, and H. Cipta, “Optimasi Waktu Tunggu Total Dengan Metode Webster dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso,” FARABI J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 175–180, 2021.
F. Nasution, “Traffic Light Control Menggunakan Metode Webster Pada Kasus Persimpangan Luar Kota.” Universitas Komputer Indonesia, 2020.
Miftahurrahman, “Aplikasi Teori Graf dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas.,” Apl. Teor. Graf Dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas, 2016.
P. Subbaraj, R. Rengaraj, and S. Salivahanan, “Enhancement of Self-adaptive real-coded genetic algorithm using Taguchi method for Economic dispatch problem,” Appl. Soft Comput. J., vol. 11, no. 1, pp. 83–92, 2011.
I. Poernamasari, R. Tumilaar, and C. E. J. C. Montolalu, “Optimasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas dengan Menggunakan Metode Webster (Studi Kasus Persimpangan Jalan Babe Palar),” d’CARTESIAN J. Mat. dan Apl., vol. 8, no. 1, pp. 27–35, 2019.
F. A. Arisandi, M. Lubis, and M. H. M. Hasibuan, “PENERAPAN MANAGEMEN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN,” Bul. Utama Tek., vol. 15, no. 2, pp. 134–141, 2020.
R. Sambuaga, “Manajemen Penanggulangan Kemacetan Transportasi Publik Di Dinas Perhubungan Kota Manado,” J. Ilm. Soc., vol. 1, no. 24, p. 4, 2017.
N. Royan, “Analisa perencanaan traffic light di persimpangan bandara SMB II Palembang,” Berk. Tek., vol. 5, no. 2, pp. 837–855, 2015.