RAGAM TULIS BAHASA GAUL DALAM KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM LAMBE TURAH

Authors

  • Alma Julia Aviva Universitas PGRI ronggolawe Tuban
  • Wahyu Mulyani Universitas PGRI ronggolawe Tuban

Keywords:

bahasa gaul, kontraksi, lambe turah, pemenggalan, singkatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Ragam tulis bahasa gaul singkatan, 2) Ragam tulis bahasa gaul kontraksi, dan 3) Ragam tulis bahasa gaul pemenggalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Jadi, penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi non-participant dan dokumentasi berupa screenshoot atau tangkapan layar. Adapun objek penelitian yang digunakan adalah kolom komentar media sosial instagram Lambe Turah pada tanggal 1 hingga 7 Mei 2022. Hasil analisis menunjukkan bahwa ditemukan adanya ragam tulis bahasa gaul berupa singkatan, kontraksi, dan pemenggalan. Ragam tulis bahasa gaul berupa singkatan, ditemukan singkatan yang berasal dari bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris. Kemudian, dalam ragam tulis bahasa gaul kontraksi ditemukan kontraksi dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sedangkan dalam ragam tulis bahasa gaul pemenggalan, ditemukan pemenggalan pada awal, tengah, ataupun akhir kata. Selain itu, ada beberapa penambahan pada huruf dalam ragam tulis bahasa gaul pemenggalan. Kesimpulan dari ragam tulis bahasa gaul dalam kolom komentar media sosial instagram Lambe Turah ada tiga ragam tulis bahasa gaul yaitu singkatan, kontraksi, dan pemenggalan yang berasal dari berbagai variasi bahasa di Indonesia

References

Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sarujin, Wahyu Mulyani. 2020. Studi Mikro dan Makro Linguistik Teori dan Konsep Kebahasaan. Surabaya: Briliant Internasional Surabaya.

Prayitno, Januar. 2014. Ragam Bahasa Lisan dan Tulisan Siswa Kelas X Jurusan Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Bogor Tahun Pelajaran 2013-2014. Bogor: LOKABASA. Vol 5, no 1.

Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Amri, Yusni Khairul dan Dian Marisha Putri. 2019. Sosiolinguistik Analisis Interferensi Budaya Pada Media Sosial. Bandung. MANGGU MAKMUR TANJUNG LESTARI.

Sari, Astari Clara, Rini Hartina, Reski Awalia, Hana Irianti, dan Nurul Ainun. 2018. Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3 (2), 69.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Anindya, Widya Dara, and Vita Novian Rondang. 2021. Bentuk Kata Ragam Bahasa Gaul di Kalangan Pengguna Media Sosial Instagram. Prasasti Journal of Linguistics 6, no. 1.

Jannah Nur, Isna, Hasnah Faizah, dan Elvrin Septyanti. 2020. Bentuk Leksikon Bahasa Prokem Dalam Novel Koala Kumal Karya Raditya Dika. Tuah Pendidikan dan Pengajaran Bahasa 2, no. 1: 67–76.

Satria, Prayudi, dan Wahidah Nasution. 2020. Ragam Bahasa Dalam Media Sosial Twitter: Kajian Sosiolinguistik. Metamorfosa 8, no. 2: 269-280.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, Nur Hikmatul Auliya. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Manab, Abdul. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Nur, Kiki Zakiah. 2018. Abreviasi Bahasa Gaul Remaja. Teenage Slang Abreviation 13, no. 1: 55-62.

Puspa Sari, Beta. 2015. Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 171-176.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Aviva, A. J., & Mulyani, W. (2022). RAGAM TULIS BAHASA GAUL DALAM KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM LAMBE TURAH. Prosiding SNasPPM, 7(1), 578–585. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1501