Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD
Keywords:
model pembelajaran kooperatif, tipe Numbered Head Together (NHT, Hasil belajarAbstract
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryati, S. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Universitas Tidar.
Jamil, I. M. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA). Vol. 1 No. 1: 1-17.
Lidia, W. 2018. Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 15 No. 2: 15-32.
Mulyanti, S., Antosa, Z., & Daud, D. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 016 Simpang Poros Kecamatan Rimba Melintang. Jurnal Online Mahasiswa. Vol. 2 No. 1: 1-11.
Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1 No. 1: 331-340.
Nasution, T., & Lubis, M. A. 2018. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru.
Oktafiana, N. A., & Zuldi, U. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 01 No. 01: 1-12.
Sari , D. K. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 34 No. 1: 9-14.
Sudarwanto, W., Stefanus, C., & Juneau, J. L. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Stimulasi Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Semester 1 Tahun 2017/2018. Kalam Cendekia. Vol. 6 No. 3: 1-10.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhardi. 2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada Siswa Kelas IVA SDN 019 Galang Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. JMP Online. Vol. 3 No. 3: 443-453.
Ulya, L. L., Aeni, A. N., & Kurnia, D. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2061-2070.
Wardani, C. K., & Siswanto. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2), 89-96.
Zahri, M., Sepridawati, E., & Melina, A. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 1 No. 1: 28-35.