Pengaruh Efikasi diri dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Tuban tahun pelajaran 2021/2022
Keywords:
Efikasi idiri, Pembelajaran ikewirausahaan, Minat berwirausahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri Dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Kelas XI SMK PGRI 2 Tuban Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK PGRI 2 Tuban tahun pelajaran 2021/2022 pada bulan April-Juli 2022. Populasi pada penelitian ini adalah 101 siswa, diambil sampel sebanyak 51 menggunkan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis yag meliputi uji T, Uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menggunaka SPSS v.26 menunjukkan bahwa tiap butir kuisioner dari indikator bersifat valid dan reliabel. Pada asumsi klasik data berdistribusi normal, terdapat hubunga linier antar variabel, tidak terjadi multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Pada hasil uji T menjelaskan bahwa thitung X1 sebesar (4,253) ˃2,012 dengan nilai signifikansinya 0,00 ˂ 0,05 maka Ho ditolak. thitung X2 sebesar (2,265) ˃2,012 dengan nilai signifikansinya 0,028 ˂ 0,05 maka Ho ditolak. Kemudian pada hasil uji F secara simultan variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y dengan nilai F hitung (18,677)˃ F tabel (3,19) dengan taraf sigifikansi 0,00 ˂ 0,05. Dan hasil ujii koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh variabel X ke Y sebesar 43,6%
References
Alma, Buchari. 2011. “Kewirausahaan”. Bandung: Alfabeta.
Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id. (24 Mei 2022).
Badan Pusat Statistik. Kabupaten Tuban. https://tubankab.bps.go.id. (27 Juli 2022).
Badan Pusat Statistik. Provinsi Jawa Timur. https://jatim.bps.go.id. (24 Mei 2022).
Cervone, Daniel. 2012. Personality: Theory and Research (Kepribadian, Teori dan Penelitian). Terjemahan Aliya Tusyani. Jakarta: Salemba Humanika.
Dawrmawa, Yusro Adi. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Kewirausahaan terhadap Keaktifan siswa dan Minat Berwirausaha. UNY Fakultas Ekonomi
Fatoki, Olawale. 2014. The Entrepreneurial Intention of Undergraduate Students in South Africa: The Influences of Entrepreneurship Education and Previous Work Experience. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol. 5 No. 7.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang
Jakarta, CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20220119174508-17-308809/erick-thohir-entrepreneur-ri-masih-tertinggal-dari-singapura (25 Juni 2022)
Liputan 6.com Jakarta https://www.liputan6.com/bisnis/read/4889047/kejar-rasio-kewirausahaan-395-persen-kemenkop-ukm-luncurkan-patenpreneur-2022 (25 Juni 2022)
Lukmayanti, Arista. 2012. Hubungan Efikasi Diri Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xii Program Keahlian Jasa Boga Di Smk Negeri 6 Yogyakarta.UNY Fakultas Teknik.
Ruplasih, Tyas. 2015. Peran Pembelajaran Kewirausahaan dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa KKAP SMK Negeri 1 Yogyakarta. UNNES Fakultas Ekonomi
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyadi. 2013. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.