ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SELIMUT TABUNG DITINJAU DARI LOGICAL-MATHEMATICAL INTELLIGENCE

Authors

  • Kevin Dedrick Budiarto Universitas PGRI Madiun
  • Fatriya Adamura Universitas PGRI Madiun
  • Vera Dewi Susanti

Keywords:

Penalaran Matematis, Masalah Kontekstual, Logical-Mathematical Intelligence

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual ditinjau dari Logical-Mathematical Intelligence.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara.Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa yang memilikiLogical-Mathematical Intelligence tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan instrumen tes penalaran matematis dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Kesimpulan hasil dari penelitian ini (1) siswa yang mempunyai kemampuan Logical-Mathematical Intelligence tinggi memenuhi keempat indikator penalaran matematis, (2) siswa yang mempunyai kemampuan Logical-Mathematical Intelligence sedang memenuhi tiga indikator penalaran matematis yakni, merencanakan proses penyelesaian, memecahkan persoalan dengan langkah sistematis, menarik kesimpulan yang logis. (3) siswa yang mempunyai kemampuan Logical-Mathematical Intelligence rendah hanya memenuhi satu indikator penalaran matematis yaitu, merencanakan proses penyelesaian.

References

The National Council of Teachers of Mathematics, “Principles and Standards for School Mathematics,” Natl. Counc. Teach. Math. Inc., 2000.

E. Lestari and M. Yudhanegara, Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skrisi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertasi dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: Refika Aditama, 2015.

T. S. Sumartini, “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah,” J. Pendidik. Mat., pp. 7–8, 2015.

M. Anggo, “Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa,” Edumatika, vol. 1, no. 2, pp. 35–42, 2011, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/182.

Agustin and R. Dwi, “Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving,” J. Pedagog., vol. 5, No. 2, pp. 179–184, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

N. Hanifah, “Perbandingan Tingkat Kesukaran , Daya Pembeda Pelajaran Ekonomi,” SOSIO E-KONS, pp. 41–55, 2014.

L. J. Moeloeng, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

F. Endra, Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Zifatama Jawara.

T. C. Linola, Delima Mei; Marsitin, Retno; Wulandari, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang,” Pi Math. Educ. J., pp. 27–33, 2017.

T. R. Suprihatin, R. Maya, and E. Senjayawati, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat,” J. Kaji. Pembelajaran Mat., pp. 10–11, 2018.

J. A. Siahaya, C. S. Ayal, and D. A. Ngilawajan, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat,” Sci. Map J., p. 3, 2021.

V. Oktaviana and I. N. Aini, “Deskripsi Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII,” J. Pembelajaran Mat. Inov., 2021.

D. Azizah, Rialita Fitri; Sunardi; Kurniati, “Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal PISA Pada Siswa Usia 15 Tahun Di SMA Negeri 1 Jember,” Kadikma J. Mat. dan Pendidik. Mat., 2017.

S. Raharjo, H. Saleh, and D. Sawitri, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika,” Paedagoria J. Kajian, Penelit. dan Pengemb. Kependidikan, 2020.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Budiarto, K. D., Fatriya Adamura, & Vera Dewi Susanti. (2022). ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SELIMUT TABUNG DITINJAU DARI LOGICAL-MATHEMATICAL INTELLIGENCE. Prosiding SNasPPM, 7(1), 596–600. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1507