RANCANG BANGUN APLIKASI E-MARKETPLACE HASIL LAUT DAN PRODUK OLAHAN IKAN BERBASIS WEB
Keywords:
E-Marketpalce, Website, PHp, MySQLAbstract
Plaza Ikan Tuban merupakan tempat penjualan ikan dan produk olahan ikan. Terdapatnya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 sampai sekarang berdampak pada sektor perikanan. Kendala yang dialami saat ini ialah pemasaran produk yang sangat terbatas akibat kebijakan new normal. Yang dirasa sangat menyulitkan nelayan lokal dan industri perikanan dalam memasarkan produk mereka. Solusi untuk menghadapi situasi saat ini ialah dengan membuat sesuatu sistem informasi berbasis website yang bertujuan buat memudahkan penjual untuk menjual hasil laut serta produk olahan ikan. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya. Hasil dari perancangan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan untuk bergabung dalam E-marketplace, kemudahan bagi penjual untuk memasarkan hasil laut dan produk olahan ikan. Dan memberikan proses transaksi yang aman dan nyaman bagi pembeli maupun penjual.
References
Abdurahman, H dan Asep Ririh R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Diambil dari: http://jurnal.stmik- mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/114.
Anhar. 2008. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.
Arta, Putu Sidi. 2018. “Rancang Bangun Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web.” Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika 4(2). doi: 10.26905/jtmi.v4i2.2229.
Fatta, Hanif Al. 2007. Analisis dan Perancangan sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.
Imam, Rozul, and Agus Ramdhani Nugraha. 2018. “Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Original Clothing Indonesia Berbasis Web.” Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika 1(1):51–60.
Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Martini, Dewi. 2017. “Rancang Bangun E-Marketplace Hortikultura Berbasis Web (Studi Kasus: Kabupaten Barito Kuala.” Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur 11(2):40–48.
Mulyanto, Annur R. 2008. Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1, 3rd ser. Retrieved December 8, 2017, from jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70/50.
Nugroho, Adi., 2005. Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Bandung.
Opiida. (2014) Pengertian E-marketplace. Retrieved from https://tokohalista.wordpress.com (28 Oktober 2019).
Ramadhani. 2006. “Rekayasa Perangkat Lunak”, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sitorus, Imzen. 2012. Panduan Mudah Menjadi Programmer WEB Menggunakan HTML, xHTML dan CSS3.Yogyakarta : Andi
Sofiani, Iin, and Andi Iwan Nurhidayat. 2019. “Sistem Informasi Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Hasil Pertanian Berbasis Website Dengan Menggunakan Framework Codeigniter.” Manajemen Informatika 10:25–32.
Solikhin, I., Sobri, M., & Saputra, R. (2018). Sistem Informasi Pendataan
Pengunjung Perpustakaan (Studi kasus: SMKN 1 Palembang). JURNAL ILMIAH BETRIK: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 9(03), 140-151.
Supriyanta, S. (2017) Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian pada Alea Zahra Shop Yogyakarta. AMIK BSI Yogyakarta
Yunhasnawa, Yoppy. "Aplikasi E-Marketplace untuk Kelompok Usaha Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban." Celebes Computer Science Journal 1.2 (2019): 32-40.