SOSIALISASI NILAI-NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WAYANG BEBER MILENIAL KEPADA MASYARAKAT LAWEYAN SURAKARTA

Authors

  • Prasetyo Adi Wisnu Wibowo Universitas Sebelas Maret
  • Suyatno Suyatno Program Studi Sastra Daerah, FIB, Universitas Sebelas Maret
  • Aloysius Indratmo Program Studi Sastra Daerah, FIB, Universitas Sebelas Maret
  • Endang Tri Winarni Program Studi Sastra Daerah, FIB, Universitas Sebelas Maret
  • Sisyono Eko Widodo Program Studi Sastra Daerah, FIB, Universitas Sebelas Maret
  • Siti Muslifah Program Studi Sastra Daerah, FIB, Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Wayang beber, karakter, sosialisasi, Laweyan

Abstract

Wayang beber biasanya berupa lembaran-lembaran daluwang ‘kertas’ atau kain yang dibentangkan dan di dalamnya mengandung suatu cerita. Sekarang terdapat wayang beber yang diciptakan dengan teknik yang baru yaitu dibatik dalam bentangan kain batik yang memuat cerita dan ajaran adiluhung. Tujuan pengabdian akan menguak intisari ajaran-ajaran yang terdapat di dalam bentangan kain batik tersebut. Tim pengabdi berusaha mensosialisasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam guratan-guratan gambar wayang beber ini. Metode pengabdian menggunakan menggunakan ceramah (penyampaian materi), mentoring, dan simulasi pendidikan karakter dalam alur cerita wayang beber. Hasil pengabdian diperoleh bahwa wayang beber batik ini sering disebut sebagai wayang beber milenial karena teknik pembuatannya yang sudah berbeda, tokoh-tokoh yang dihadirkan berbeda, dan alur cerita yang memuat cerita klasik serta dipadukan dengan persoalan-persoalan yang sering muncul di era milenial sekarang ini. Target yang dicapai yaitu masyarakat Laweyan lebih memahami dan mencintai budayanya sendiri. Wayang beber memuat unsur tuntunan maupun tontonan. Di dalamnya terdapat nilai-nilai adiluhung Jawa yang harus dilestarikan. Hal ini bisa digunakan sebagai sarana memperkuat identitas bangsa dan mengikis lunturnya budaya Jawa

References

Ary, D., Cahr, J. H., & Agshar, R. 2002.

Introduction to [1] Hannida, R. (2009).

Peranan Forum Pengembangan Kampoeng

Batik Laweyan (FPKBL) dalam

Pengembangan Industri Kerajinan Batik

(Studi Deskriptif Kualitatif Tentang

Peranan Forum Pengembangan Kampoeng

Batik Laweyan(FPKBL) dalam

Pengembangan Industri Kerajinan Batik di

Laweyan). Surakarta: Universitas Sebelas

Maret Surakart

Putri, A. N. (2011). Saudagar Laweyan

Abad XX (Peran dan Eksistensi dalam

Membangun Perekonomian Muslim).

Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Rahmawati, Arvina. 2011. “Wayang

Beber Di Desa Gedompol Kecamatan

Donorojo Kabupaten Pacitan dan

Fungsinya Dalam Kehidupan

Masyarakat”. Skripsi tidak diterbitkan.

Surabaya: Jurusan Pendidikan Sejarah FIS

Unesa

Kristanto, M. 2017. Wayang Kancil

sebagai Potensi Lokal Pendidikan Anak

(KajianPsikoSosio-Budaya). Disertasi.

Semarang: Pascasarjana UNNES

Warto. 2012. Wayang Beber Pacitan:

Fungsi, Makna dan Usaha Revitalisasi:

JurnalParamita Vol 22 No. 1 Januari 2012

Halm.56-68

Noor, Rohinah. (2011). Pendidikan

Karakter Berbasis Sastra Solusi

Pendidikan Moral yang Efektif.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

De Ruyter, D. J., & Miedema, S.

(2012). Moral education and

development. Rotterdam: Springer

Science & Business Media

Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan

Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif,

dan Kreatif. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Srimulyani, Yuli. (2012). Pendidikan Budi

Pekerti Dalam Membentuk Moral Anak.

Junal Nasional UM Malang.

Maryaeni. 2005. Metode Penelitian

Kebudayaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulhan, Najib. 2011. Pengembangan

Karakter dan Budaya Bangsa. Surabaya:

Jaring Pena.

Ida R. 2014. Metode Penelitian Studi

Media dan Kajian Budaya. Jakarta.

Prenadamedia Group.

Nucci, L., & Narváez, D. (Eds.).

(2014). Handbook of Moral And

Character Education: New York and

London. Routledge.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan

Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Khalim, Samidi. (2009). Tradisi Lisan

Masyarakat Jawa. Semarang: Prima Media

Press

Achmad, S.W. (2017). Filsafat Jawa

Menguak Filosofi, Ajaran, dan Laku

Hidup Leluhur Jawa. Yogyakarta: Askara

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Wibowo, P. A. W., Suyatno, S., Indratmo, A., Winarni, E. T., Widodo, S. E., & Muslifah, S. (2022). SOSIALISASI NILAI-NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WAYANG BEBER MILENIAL KEPADA MASYARAKAT LAWEYAN SURAKARTA. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1131–1137. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1514