PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE PRODUK KRIPIK SINGKONG UMK DESA NGAWUN KECAMATAN PARENGAN

Authors

  • Susanti Dhini Anggraini Universitas PGRI Ronggolawe
  • Krishna Tri Sanjaya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Hendra Suwardana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nanang Wicaksono Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Keripik singkong, pemasaran online, Desa ngawun, android

Abstract

Pemasaran online merupakan praktik memanfaatkan saluran berbasis web dan android untuk menyebarkan pesan tentang merek, produk, atau layanan kepada calon pelanggannya. UMK desa ngawun memiliki produk olahan singkong yang merupakan produk unggulan desa tersebut. Akan tetapi pemasarannya masih di sekitar desa Ngawun. Tujuan pengabdian ini pendampingan pemasaran online produk kripik singkong pada UKM di Desa Ngawun guna meningkatkan nilai jual. Metode yang dilakukan adalah pelatihan langsung dan evaluasi dengan kuesioner hasil pendampingan dan dilakukan pengolahan data dengan statistik.  Hasil pengabdian penjualan produk kripik singkong sebelum pelatihan sebagian besar dititipkan di toko-toko/warung sebesar 60% dan dijual dirumah sebesar 30 %, kemudian dijual dipasar 10%. Pengalaman belanja online mitra sebelum pelatihan, sebagian besar tidak pernah belanja online yaitu 80% dan yang pernah belanja online 30 %. Media sosial yang banyak dimiliki adalah FB dan intagram akan tetapi mereka belum memanfaatkan media tersebut sebagai media promosi. Media sosial yang sering digunakan adalah Facebook 60%, Instagram 20% dan Lain-lain 20%. Pendampingan ini melatih anggota UMK untuk mengenal android dan media sosial lain sebagai ladang bisnis di era sekarang. Hasil pendampingan UMK kripik singkong setelah pendampingan memiliki instagram dan Fb yang dilengkapi poster produk kripik singkong beserta harga. Anggota UMK kripik singkong desa ngawun 100% menggunakan Ig, Fb dan android sebagai media pemasaran produk sehingga dapat meningkatkan nilai jual produk kripik singkong Desa ngawun. Nilai penjualan kripik singkong naik 50% dari penjualan awal sebelum pendampingan. Diharapkan ada pendampingan lanjut mengenai pengemasan dan buku administrasi UKM kripik singkong.

 

Kata Kunci: Kripik singkong, pemasaran online, android, Desa ngawun

References

Ratnasari, J. A. D. (2021). Analisis Kinerja Pasar Benih Padi Di Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Nur Azizah, R. R. (2022). Ketersediaan Pangan dengan Indikator Neraca Bahan Makanan untuk Meningkatkan Pangan di Kabupaten Tuban (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).

Bilung, S. (2016). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor honda pada CV Semoga Jaya di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Ejurnal Administrasi Bisnis, 116-127.

Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 3(1).

Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 9(2).

Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299-218.

Arumsari, D., & Khasanah, I. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017, May). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Kurniawati, E., Widowati, S. Y., & Santoso, A. (2021). Pemasaran Online Media Penunjang Perkembangan Ukm Berbasis Pelatihan. Buletin Abdi Masyarakat, 1(2).

Janah, N. (2021). Analaisis Potensi Peningkatan Laba Melalui Transaksi Fee Based income (Studi Kasus Bank Muamalat KCP Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Sosiawan, E. A. (2015, June). Tantangan dan Hambatan dalam implementasi E-Government di Indonesia. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 5).

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Suhir, M., & Imam Suyadi, R. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Wandanaya, Anita B. "Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk." Creative Communication and Innovative Technology Journal 5.2 (2012): 174-185.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Additional Files

Published

2023-02-03

How to Cite

Anggraini, S. D., Sanjaya, K. T., Suwardana, H., & Wicaksono, N. (2023). PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE PRODUK KRIPIK SINGKONG UMK DESA NGAWUN KECAMATAN PARENGAN. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1406–1410. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1525