SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SAPI POTONG MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Authors

  • M. Rifaldi Amirul Mu’minin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Niken Diah Sasmita Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Forward Chaining, Pemilihan Sapi, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan guna pemilihan sapi dengan menggunakan Metode Forward Chaining. Adapun kendala utama yang terdapat dilapangan adalah banyaknya jumlah peternak sapi dan minimnya rumah potong hewan (RPH) di Tuban. Permasalahan dari penelitian ini yaitu terletak pada minimnya rumah potong hewan (RPH) di Tuban dan kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh para pengusaha jagal sapi yang di mana masih banyak yang tidak memperdulikan kualitas atau kondisi sapi demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dari kendala dan permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk membuat suatu sistem yang dapat mengatasinya. Sistem aplikasi ini menggunakan metode Forward Chaining sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan pemilihan kondisi dan kelayakan sapi tersebut sehingga didapatkan diagnosa kelayakan sapi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu didapatkan hasil berupa hasil diagnosa kelayakan sapi yang disertai dengan kondisi sapi yang terpilih menggunakan sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode Forward Chaining yang menghitung peluang hasil diagnosa sapi berdasarkan kondisi yang dialami oleh sapi, selain itu sistem pendukung keputusan ini juga memberikan jawaban boleh atau tidaknya sapi itu di potong berdasarkan kondisi yang di pilih.

References

Putra, Y. E. 2017. Struktur dan Dinamika Populasi Ternak Sapi Potong di Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh. Payakumbuh: Fakultas Peternakan Universitas ANDALAS.

Purwaningsih, D., Pujianto., Yulianti., & Rahayu, S. 2013. Upaya Penggemukan Sapi Melalui Teknologi Pembuatan Suplemen Pakan Ternak Ruminansia Menggunakan UMMB (UREA MOLASES MULTINUTRIENT BLOCK) dengan Metode Perunut Radioisotop. INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni. Vol. 17 No. 1: 68-81.

Jasmar. 2013. Profil Kependudukan dan Pembangunan di Indonesia tahun 2013. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Lestari, I. A. 2013. Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong. Academia, (Online), ( https://www.academia.edu/8551964/Makalah_Ternak_Potong_Sapi, diakses 16 Juli 2021)

Freshtiya B L, Abdullah A, Iin P, Mochammad W, Solikhun. 2020. Penerapan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) Dalam Merekomendasikan Jenis Sapi Terbaik Untuk Peternakan Sapi Potong. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 202-205. STMIK Budi Darma, Medan, 1 Februari.

Pangaribuan, G. R., Windarto, A. P., Mustika, W. P., & Wanto, A. 2019. Pemilihan Jenis Sapi bagi Peternak Sapi Potong dengan Metode SMART. ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika. Vol. 3 No. 1: 30-37.

Safitri, V. I. A. 2017. Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi dengan Media Audiovisual untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Peduli pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Bandung. Bandung: Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah UNPAS.

Yossy, E. H. 2020. Pengetahuan (Knowledge). Online Learning Computer Science, (Online), ( https://onlinelearning.binus.ac.id/computer-science/post/pengetahuan-knowledge, diakses 18 Juli 2021).

Setyawan, D, M. B., Haryoko, A., Nurlifa, A., & Suryanto, A. A. 2021. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing dengan Naïve Bayes. CURTINA: Computer Science or Informatic Journal. Vol. 2 No. 1: 37-46.

Astuti, R., & Kristianto, K. 2018. Analisis Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Pada Klinik ST di Bandung. Media Informatika. Vol. 17 No. 2: 80-97.

Umar, A. 2018. Pemodelan Sistem Antrian Pasien di Klinik Berbasis Android. Bandung: Program Studi Sistem Komputer UNIKOM.

Putri, R, E. 2017. Perancangan Sistem Informasi Regristasi Ulang Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web. TECHSI - Jurnal Teknik Informatika. Vol. 9 No. 2: 139-147.

Anggraini, E. 2017. Sistem Pakar Untuk Deteksi Dini Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty factor. Malang: Program Studi Teknik Informatika UMM.

Irwan, N. 2016. Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Pada Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor. Malang: Program Studi Teknik Informatika UIN Maulana Ibrahim.

Yuliana, N., Sanjaya, K. T., Suryanto, A. A., & Dewi, L. R. 2020. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kualitas Kayu Terbaik Untuk Kerajinan Meubel Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). CURTINA: Computer Science or Informatic Journal. Vol. 1 No. 1: 1-11.

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Amirul Mu’minin, M. R., Arifia, A., & Sasmita, N. D. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SAPI POTONG MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1149–1158. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1528