PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUKTION MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMA

Authors

  • ROUDLOTUL HAFIDHOH Universitas PGRI Ronggolawe Tubuh
  • Arif Unwanullah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Intruction, Metode Diskusi, Berfikir Kritis Siswa

Abstract

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Guru sudah memanfaatkan berbagai model pembelajaran seperti metode ceramah, metode penugasan dan merode tanya jawab, namun siswa masih cenderung pasif, Siswa kurang memperhatikan pelajaran dari guru, sedangkan guru sudah berupaya menjelaskan semaksimal mungin, siswa masih belum bisa berfikir kritis untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode pemebelajaran, cara berfikir kritis siswa, dan hasil pembelajaran siswa setelah mengikuti pembelajaran ekonomi menggunakan metode Problem Basid Intuction (PBI) pada kelas XI di SMA Ma’arif 2 Brondong. Jenis penelitian ini adalah penelitan Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: pelaksanaan (Action), refleksi (Reflection), Pengamatan (Observation), Perencanaan (Planning) . Hasil penelitian ini dari analisis data diperolehkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I adalah 41,25% dengan predikat Cukup Efektif, siklus II meningkat menjadi 56,25%  dengan predikat Cukup Efektif, siklus III meningkat menjadi 76,25% dengan predikat Evektif. Sedangkan data yang diperoleh aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I 35% dengan predikat Kurang Evektif, siklus II meningkat menjadi 65% dengan predikat Evektif, dan siklus III meningkat 77,5% dengan predikat Evektif. Sedangkan data yang diperoleh berfikir kritis siswa mengalami peningkatan mulai dari siklus I 68% dengan predikat Kritis, dan siklus II meningkat menjadi 78% dengan predikat Kritis, dan sedangkan siklus III meningkat menjadi 93,5% dengan predikat Sangat Kritis.

References

Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan: kajian untuk akademis. Insan Cendekia Mandiri.

NURFARIKA, D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS ICARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Anggara, R. P. (2022). Pengembangan Soal Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Ability) Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Linier Tiga Variabel (SPLTV) Bernuansa Islami Kelas X Madrasah Aliyah (MA) PP Al-Rasyid Simpang Tiga (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Alwasilah, Chaedar. (2010). Pokoknya Action Research. Bandung: PT Kitablat Buku Utama

Wulandari, N. T., Susanti, T., & Oryza, D. (2021). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTS. NURUSA'ADAH TELUK RENDAH (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Lismaya, L. (2017). Penerapan pembelajaran biokimia berbasis student center learning (SCL) terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 7(1), 76-91.

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(1), 7-12.

Malik, A. (2015). Model pembelajaran problem based instruction untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains mahasiswa. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 9-16.

Suhita, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Dampak Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 189-195.

Sinambela, P. N. (2017). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Generasi Kampus, 1(2).

Bay, R. R. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pembelajaran Saintifik dengan Menggunaan Media Gambar Foto di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Boameze. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 083-092.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2014.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Jannah, F. (2015). Inovasi pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. -, 1(1).

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish.

Arikunto, dkk. 2014.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

HAFIDHOH, R., & Unwanullah, A. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUKTION MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMA . Prosiding SNasPPM, 7(1), 650–654. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1532