ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROJEK DI SDN SIDOREJO 1 TUBAN

Authors

  • Isnainy Ibantul Azizah Unirow Tuban
  • Rita Yuliastuti

Keywords:

implementasi, pembelajaran berbasis projek, kurikulum merdeka, SDN Sidorejo 1 Tuban

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim menerbitkan program baru yaitu Kurikulum
Merdeka dimana kurikulum tersebut ingin menciptakan suasana belajar yang bahagia dan mewujudkan profil
pelajar Pancasila. Kemendikbud memberikan penawaran tiga kurikulum, yaitu Kurikulum 2013 secara
penuh, Kurikulum 2013 yang disederhanakan atau kurikulum darurat, dan kurikulum merdeka untuk
mengatasi learning loss yang diakibatkan oleh pandemi Covid -19. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek pada Kurikulum Merdeka di SDN Sidorejo 1
Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1)
beberapa guru SDN Sidorejo 1 Tuban telah mengikuti sosialisasi kurikulum merdeka dari Diknas Kabupaten
Tuban, (2) semua guru SDN Sidorejo 1 Tuban telah mengikuti pelatihan dan pendampingan pembuatan
perangkat pembelajaran berbasis projek kurikulum Merdeka pada tanggal 24 Maret 2022 sampai dengan 29
Juli 2022 dari dosen-dosen Pasca Sarjana Magister Pendidikan Dasar Unirow Tuban. Pelatihan tersebut
dengan materi sosialisasi kurikulum merdeka, mengenal dan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar,
pembelajaran berbasis proyek dan penyusunan RPP dengan model pembelajaran berbasis proyek,
pendampingan implementasi pembelajaran berbasis proyek kurikulum merdeka, (3) implementasi kurikulum
merdeka dilaksanakan pada mata pelajaran matematika dikelas V dengan hasil proyek mainan edukatif
tangga satuan. Semua implementasi pembelajaran berbasis proyek kurikulum merdeka di dokumentasi
berupa video dan di unggah di youtube. Kesimpulannya semua guru di SDN Sidorejo 1 Tuban sudah dapat
mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek kurikulum merdeka dengan baik.

References

Adelina Yuristia, “Pendidikan

Sebagai Transformasi Kebudayaan,” J.

Ilmu Sos. dan Budaya, vol. 2, no. 1, pp. 1–

, 2018, [Online].

Available:http://jurnal.uinsu.ac.id/index.p

hp/ijt imaiyah/article/view/5714.

B. Vito and H. Krisnani, “Kesenjangan

Pendidikan Desa Dan Kota,” Pros. Penelit.

dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2,

pp. 247– 251, 2015,

doi:

24198/jppm.v2i2.13533.

F. Wahyuni, “KURIKULUM DARI

MASA KE MASA (Telaah Atas

Pentahapan Kurikulum Pendidikan di

Indonesia),” Al-Adabiya, vol. 10, no.

, p. 4, 2015,

[Online]. Available:

http://ejournal.kopertais4.or.id/matar

aman/index.php/alabadiyah/article/vi

ew/2792.

K. Kamiludin and M. Suryaman,

“Problematika pada pelaksanaan penilaian

pembelajaran Kurikulum 2013,” J. Prima

Edukasia, vol. 5, no. 1, pp. 58–67, 2017,

doi: 10.21831/jpe.v5i1.8391.

F. D. Insani, “Sejarah Perkembangan

Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal

Kemerdekaan Hingga Saat Ini,” AsSalam J. Stud. Huk. Islam Pendidik., vol.

, no. 1, pp. 43–64, 2019, doi:

51226/assalam.v8i1.132.

C. T. Rosidah, P. Pramulia, and W.

Susiloningsih, “Analisis Kesiapan Guru

Mengimplementasikan

Asesmen,” J. Pendidik. Dasar, vol. Vol 12

No, no. 1, pp. 87–103, 2021.

M. N. Faradita and K. D. A. Afiani,

“Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum

Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19,”

J. Altifani

Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1,

no. 3, pp. 258–266, 2021, doi:

25008/altifani.v1i3.166.

W. Astuty and A. W. B. Suharto, “Desain

Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam Daring dengan

Kurikulum Darurat,” J. Penelit.

Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, p. 81, 2021,

doi: 10.36667/jppi.v9i1.624.

R. Penerapan, K. Darurat, M. Pandemi, K.

Darurat, and M. Pandemi, “Indonesian

Journal of Community Engagement (

IJCE ) LPPM-STKIP Modern Ngawi

Workshop Penyusunan RPP Dalam

Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi

Covid-19 Muh Hasan Marwiji , Adi

Rosadi , Eneng Yeni Mariah , Jimatul

Arrobi,” pp. 66–71.

Kemendikbudristek, “Buku Saku: Tanya

Jawab Kurikulum Merdeka,” pp. 9–46,

, [Online]. Available:

ult.kemdikbud.go.id.

M. Filsafat and U. G. Mada, “Merdeka

Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar

Dewantara dan Relevansinya bagi

Pengembangan Pendidikan Karakter,”

vol. 3, no. 3, pp. 95–101, 2020.

M. Saleh, “„Merdeka Belajar di

Tengah Pandemi Covid-19,‟” Pros.

Semin. Nas. Hardiknas, vol. 1, pp. 51–

, 2020, [Online]. Available:

http://proceedings.ideaspublishing.c

o.id/index.php/hardiknas/article/vie w/8.

Sherly, Edy dharma, and Humiras Betty

Sihombing, “Merdeka belajar: kajian

literatur,” UrbanGreen Conf. Proceeding

Libr., vol. 1, pp. 183– 190, 2020.

R. Ismail, “Perbandingan keefektifan

pembelajaran berbasis proyek dan

pembelajaran berbasis masalah ditinjau

dari ketercapaian tujuan pembelajaran

The comparison of effectiveness

of project-based learning and

problem-based learnin g in terms of

achievement of

student,”PYTHAGORAS J. Pendidik.

Mat., vol. 13, no. 2, pp. 181–188, 2018,

[Online]. Available:

https://journal.uny.ac.id/index.php/p

ythagoras/article/view/23595/pdf.

S. Wahyuni, “Pengaruh Model

Pembelajaran Project Based Learning

Terhadap Kemampuan Pemahaman

Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita

Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip

Umsu,” J. EduTech, vol. 5, no. 1, pp. 84–88,

, [Online]. Available:

http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ed

utech/article/view/2982

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Isnainy Ibantul Azizah, & Rita Yuliastuti. (2022). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROJEK DI SDN SIDOREJO 1 TUBAN . Prosiding SNasPPM, 7(1), 985–988. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1533