ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROJEK DI SDN SIDOREJO 1 TUBAN
Keywords:
implementasi, pembelajaran berbasis projek, kurikulum merdeka, SDN Sidorejo 1 TubanAbstract
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim menerbitkan program baru yaitu Kurikulum
Merdeka dimana kurikulum tersebut ingin menciptakan suasana belajar yang bahagia dan mewujudkan profil
pelajar Pancasila. Kemendikbud memberikan penawaran tiga kurikulum, yaitu Kurikulum 2013 secara
penuh, Kurikulum 2013 yang disederhanakan atau kurikulum darurat, dan kurikulum merdeka untuk
mengatasi learning loss yang diakibatkan oleh pandemi Covid -19. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek pada Kurikulum Merdeka di SDN Sidorejo 1
Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1)
beberapa guru SDN Sidorejo 1 Tuban telah mengikuti sosialisasi kurikulum merdeka dari Diknas Kabupaten
Tuban, (2) semua guru SDN Sidorejo 1 Tuban telah mengikuti pelatihan dan pendampingan pembuatan
perangkat pembelajaran berbasis projek kurikulum Merdeka pada tanggal 24 Maret 2022 sampai dengan 29
Juli 2022 dari dosen-dosen Pasca Sarjana Magister Pendidikan Dasar Unirow Tuban. Pelatihan tersebut
dengan materi sosialisasi kurikulum merdeka, mengenal dan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar,
pembelajaran berbasis proyek dan penyusunan RPP dengan model pembelajaran berbasis proyek,
pendampingan implementasi pembelajaran berbasis proyek kurikulum merdeka, (3) implementasi kurikulum
merdeka dilaksanakan pada mata pelajaran matematika dikelas V dengan hasil proyek mainan edukatif
tangga satuan. Semua implementasi pembelajaran berbasis proyek kurikulum merdeka di dokumentasi
berupa video dan di unggah di youtube. Kesimpulannya semua guru di SDN Sidorejo 1 Tuban sudah dapat
mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek kurikulum merdeka dengan baik.
References
Adelina Yuristia, “Pendidikan
Sebagai Transformasi Kebudayaan,” J.
Ilmu Sos. dan Budaya, vol. 2, no. 1, pp. 1–
, 2018, [Online].
Available:http://jurnal.uinsu.ac.id/index.p
hp/ijt imaiyah/article/view/5714.
B. Vito and H. Krisnani, “Kesenjangan
Pendidikan Desa Dan Kota,” Pros. Penelit.
dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2,
pp. 247– 251, 2015,
doi:
24198/jppm.v2i2.13533.
F. Wahyuni, “KURIKULUM DARI
MASA KE MASA (Telaah Atas
Pentahapan Kurikulum Pendidikan di
Indonesia),” Al-Adabiya, vol. 10, no.
, p. 4, 2015,
[Online]. Available:
http://ejournal.kopertais4.or.id/matar
aman/index.php/alabadiyah/article/vi
ew/2792.
K. Kamiludin and M. Suryaman,
“Problematika pada pelaksanaan penilaian
pembelajaran Kurikulum 2013,” J. Prima
Edukasia, vol. 5, no. 1, pp. 58–67, 2017,
doi: 10.21831/jpe.v5i1.8391.
F. D. Insani, “Sejarah Perkembangan
Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal
Kemerdekaan Hingga Saat Ini,” AsSalam J. Stud. Huk. Islam Pendidik., vol.
, no. 1, pp. 43–64, 2019, doi:
51226/assalam.v8i1.132.
C. T. Rosidah, P. Pramulia, and W.
Susiloningsih, “Analisis Kesiapan Guru
Mengimplementasikan
Asesmen,” J. Pendidik. Dasar, vol. Vol 12
No, no. 1, pp. 87–103, 2021.
M. N. Faradita and K. D. A. Afiani,
“Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum
Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19,”
J. Altifani
Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1,
no. 3, pp. 258–266, 2021, doi:
25008/altifani.v1i3.166.
W. Astuty and A. W. B. Suharto, “Desain
Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Daring dengan
Kurikulum Darurat,” J. Penelit.
Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, p. 81, 2021,
doi: 10.36667/jppi.v9i1.624.
R. Penerapan, K. Darurat, M. Pandemi, K.
Darurat, and M. Pandemi, “Indonesian
Journal of Community Engagement (
IJCE ) LPPM-STKIP Modern Ngawi
Workshop Penyusunan RPP Dalam
Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi
Covid-19 Muh Hasan Marwiji , Adi
Rosadi , Eneng Yeni Mariah , Jimatul
Arrobi,” pp. 66–71.
Kemendikbudristek, “Buku Saku: Tanya
Jawab Kurikulum Merdeka,” pp. 9–46,
, [Online]. Available:
ult.kemdikbud.go.id.
M. Filsafat and U. G. Mada, “Merdeka
Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar
Dewantara dan Relevansinya bagi
Pengembangan Pendidikan Karakter,”
vol. 3, no. 3, pp. 95–101, 2020.
M. Saleh, “„Merdeka Belajar di
Tengah Pandemi Covid-19,‟” Pros.
Semin. Nas. Hardiknas, vol. 1, pp. 51–
, 2020, [Online]. Available:
http://proceedings.ideaspublishing.c
o.id/index.php/hardiknas/article/vie w/8.
Sherly, Edy dharma, and Humiras Betty
Sihombing, “Merdeka belajar: kajian
literatur,” UrbanGreen Conf. Proceeding
Libr., vol. 1, pp. 183– 190, 2020.
R. Ismail, “Perbandingan keefektifan
pembelajaran berbasis proyek dan
pembelajaran berbasis masalah ditinjau
dari ketercapaian tujuan pembelajaran
The comparison of effectiveness
of project-based learning and
problem-based learnin g in terms of
achievement of
student,”PYTHAGORAS J. Pendidik.
Mat., vol. 13, no. 2, pp. 181–188, 2018,
[Online]. Available:
https://journal.uny.ac.id/index.php/p
ythagoras/article/view/23595/pdf.
S. Wahyuni, “Pengaruh Model
Pembelajaran Project Based Learning
Terhadap Kemampuan Pemahaman
Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita
Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip
Umsu,” J. EduTech, vol. 5, no. 1, pp. 84–88,
, [Online]. Available:
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ed
utech/article/view/2982