ANALISA PENGARUH VARIASI FILTER DENGAN METODE HORIZONTAL TERHADAP PRODUKSI GARAM

Authors

  • Susanti Dhini Anggraini Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dani hardian Universitas PGRI Ronggolawe
  • Anggia Kalista Universitas PGRI Ronggolawe
  • Abdul Wahid Nuruddin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Khrisna Trisanjaya Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kualitas Garam, Variasi Filter, Desain Eksperimen, Produksi

Abstract

Garam merupakan komoditas yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Garam banyak digunakan untuk industri yang meliputi industri kimia, industri aneka pangan, industri farmasi, industri perminyakan, dan juga untuk industri penyamakan kulit. Kualitas garam dapat mengalami penurunan jika terjadi pencemaran. Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban merupakan daerah industri dimana air laut banyak tercemar oleh sisa buangan industri. Penelitian ini bertujuan untuk  mencari teknologi tepat guna yang dapat memperbaiki produksi garam serta dapat di aplikasi kepada masyarakat. Teknologi yang dipakai pada penelitian ini adalah desain eksperimen filter pada tahap proses produksi garam. Terdapat 3 model jenis bahan filter yang digunakan, yaitu model A (batu karang, pasir), model B (arang, pasir), model C (ijuk, pasir) dan control dengan jumlah sampel masing masing 3 replika. Hasil dari massa garam dilakukan pengolahan data dilakukan pengolahan data dengan statistik dan diketahui faktor yang paling berpengaruh terhadap produksi garam. Hasil penelitian massa produksi garam pada filter B paling tinggi yaitu 39 gram dalam 1 liter air laut dan nilai salinity paling tinggi  yaitu 33%. Filter memiliki pengaruh terhadap produksi garam, karena filter dapat mempercepat penuaan air laut dan juga mengikat pengotor yang ada pada air sehingga garam mudah terbentuk. Nilai PH sebelum dan setelah filter batu karang naik dari PH 6,7 menjadi 7,8. Hasil garam yang dihasilkan paska filter garam berwarna lebih putih, bersih dan partikelnya lebih kecil.  Pada penelitian ini filter model A berpotensi lebih baik untuk menghasilkan massa kandungan NaCl yang optimal. Perlu dilakukan penelitian lanjut mengenai analisa kualitas garam kadar air, kelarutan dan persen kadar NaCl sehingga garam layak untuk diproduksi massal.

 

Kata Kunci: Kualitas Garam; Variasi Filter; Desain Eksperimen; Produksi

References

Pangestu, R. G. (2018). Perlindungan Hukum terhadap Petambak Garam Rakyat Dikaitkan dengan Berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengendalian Impor untuk Komoditas Perikanan dan Pegaraman sebagai Bahan Baku dan Bahan Penolong Industri. Dialogia Iurid. J. Huk. Bisnis dan Investasi, 10(November), 77-95..

Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian etnosains Madura dalam proses produksi garam sebagai media pembelajaran IPA Terpadu. Rekayasa, 10(2), 79-86.

Widiyanto, A. F., Yuniarno, S., & Kuswanto, K. (2015). Polusi air tanah akibat limbah industri dan limbah rumah tangga. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 246-254.

Kencanawati, M. (2017). Analisis Pengolahan Air Bersih Pada WTP PDAM Prapatan Kota Balikpapan. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil TRANSUKMA, 2(2), 103-117.

Gaol, e. E. S. L. (2017). Analisa penurunan kadar besi (fe) dan mangan (mn) pada air sumur gali dengan metode filtrasi sederhana (doctoral dissertation, universitas pasir pengaraian kabupaten).

Fahmi, M. N. (2016). Manajemen Kualitas Air pada Pembesaran Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) dalam Tambak Budidaya Intensif di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, Jawa Barat.

Vegatama, M. R., Willard, K., Saputra, R. H., Sahara, A., & Ramadhan, M. A. (2020). Rancang Bangun Filter Air dengan Filtrasi Sederhana Menggunakan Energi Listrik Tenaga Surya. PETROGAS: Journal of Energy and Technology, 2(2), 1-10.

Rahman, A. (2017). Pembuatan Nanosilika Gel Dari Silika Abu Sekam Padi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Adnan, F., Anggita, C., & Busyairi, M. (2021). Perencanaan Pengembangan Instalasi Pengolahan Air (Ipa) Unit Cendana Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Samarinda. Jurnal Teknologi Lingkungan, 4(2), 12-17.

Mukarrom, M. A. (2020). Studi perbandingan variasi model filter air dengan metode Horizontal terhadap peningkatan kualitas garam (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Nasution, M. R. (2013). PEMANFAATAN CAMPURAN KARBON AKTIF DARI ARANG BAMBU DAN SERBUK HABBATUSSAUDA SEBAGAI ADSORBEN DALAM PENYARINGAN AIR BAKU UNTUK AIR MINUM. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 3(2), 7-12.

Fauzi, R. R. (2022). Studi kualitas garam dan laju hambat alir pada penggunaan filter sederhana di ladang garam Desa Banjar Kemuning, Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Priono, B., & Satyani, D. (2012). Penggunaan berbagai jenis filter untuk pemeliharaan ikan hias air tawar di akuarium. Media Akuakultur, 7(2), 76-83.

Jamilatun, S., & Setyawan, M. (2014). Pembuatan arang aktif dari tempurung kelapa dan aplikasinya untuk penjernihan asap cair. Spektrum Industri, 12(1), 73.

Haryanti, S., Prasetya, A. H., Haryono, H., & Hartanto, A. T. (2022). Penerapan Filter Multi Media Paralel Untuk Menurunkan Kadar Besi (Fe) Dan Mangan (Mn). Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(1), 116-119.

Additional Files

Published

2023-02-03

How to Cite

Anggraini, S. D., hardian, D., Kalista, A., Nuruddin, A. W., & Trisanjaya, K. (2023). ANALISA PENGARUH VARIASI FILTER DENGAN METODE HORIZONTAL TERHADAP PRODUKSI GARAM. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1411–1414. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1535