PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA SDN BANJARWORO II

Authors

  • riyadhotun nadhifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • ina agustin universitas PGRI ronggolawe

Keywords:

Kemampuan membaca, pop-up book berbasis kontekstual, Disleksia.

Abstract

 

Penggunaan media dalam pembelajaran IPA sangat dibutuhkan. Dengan adanya media, peserta didik dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Untuk itulah dikembangkan media pop-up book, sehingga dapat memvisualisasikan kepada siswa tentang materi didalam kehidupan lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di SDN Banjarworo II Bangilan serta untuk menghasilkan produk berupa pop-up book berbasis kontekstual yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analyze (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media, lembar angket respon siswa dan guru, serta lembar tes kemampuan membaca berupa soal evaluasi. Hasil penelitian ini berupa media pop-up book berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA dikelas VI Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator materi diperoleh rata-rata 82,2% tingkat kevalidan denan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh validator ahli bahasa diperoleh rata-rata 66% dengan kategori valid. Hasil validasi oleh validator ahli media diperoleh rata-rata 95% dengan kategori sangat valid. Setelah layak untuk di uji cobakan, maka peneliti melakukan uji coba produk dikela VI. Hasil angket respon guru memperoleh rata-rata 97,5% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket respon siswa memperoleh rata-rata 90% dengan kategori sangat praktis. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon siswa dan guru menunjukkan bahwa media pop-up book layak/valid, sangat valid, dan sangat praktis digunakan.

 

 

References

Sopiani, Indri, A., & Ardisal. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Siswa Disleksia. Jurnal Edumaspul. Vol. 6 No. 1 : 113-119.

Hanifah, Tisna Umi. 2014. Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun 55 56 32 (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). Diakses pada 25 April 2022. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/download/3727/3342

Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. Diakses pada 30 April 2022. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Setiyanigrum, Rahma. 2020. Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Milasari, dkk. 2014. Kemampuan membaca dalam Web: FATKHAN.WEB.ID: Pengertian Tentang Kemampuan Membaca. Diakses pada tanggal 10 Mei 20 https://mobile.twitter.com.fatkhan

Taufan, J., Ardisal, & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.521

Annisa, I., & Iswari, M. 2020. Efektivitas Media Quiet Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi

Anak Berkesulitan Belajar Membaca.

Journal of Multidisciplinary Research

and Development, 3(1), 112–117.

https://jurnal.ranahresearch.com.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Astra, Rini. 2018. Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Ips Kelas Iii Sekolah Dasar. Jambi: Universitas Jambi.

Isnaeni, Novia, M. 2018. Layanan Bimbingan Belajar Disleksia Pada Siswa Kelas I. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar Prespekif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Irdamurni (et.al). (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2 (2), 29- 32.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina, M. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta..

Tegeh, Made Dkk.2014. Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Meltzer. (2002). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Additional Files

Published

2023-01-29

How to Cite

nadhifah, riyadhotun, & agustin, ina. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA SDN BANJARWORO II. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1321–1325. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1538