TEKNIK PEMBUATAN BUBUK JAHE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UKM DESA PILANG

Authors

  • Krisnadhi Hariyanto Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Muharom Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Starry Kireida Kusnadi Universitas Wijaya Putra Surabaya

Keywords:

Aspek Manajemen, Aspek Produksi, Mesin Penyangrai, Olahan Jahe

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola UKM di desa Pilang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo dalam mengelola rempah jahe menjadi produk olahan bubuk jahe instan sehingga produk tersebut dapat dipasarkan dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Kegiatan ini melibatkan 2 UKM sasaran yaitu UKM Jahe Bapak Budi dan UKM Jahe Bapak Fauzi yang mempunyai masalah pada aspek produksi dan aspek manajemen. Metode yang diperlukan dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh kedua UKM tersebut berupa pendampingan, pelatihan manajemen dan pembuatan mesin tepat guna (mesin penyangrai bubuk jahe) yang nantinya mitra mampu mengelola usaha dengan baik. Metode kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaannya adalah dengan wawancara, tatap muka, penyuluhan dan praktek secara langsung (pelatihan dan pendampingan). Hasil dan luaran dari kegiatan ini adalah mitra mampu membuat produk olahan jahe berupa bubuk jahe instan dengan waktu yang lebih cepat antara 30 – 40 menit menggunakan mesin penyangrai. Mitra dapat menerapkan kelayakan dasar pengolahan yaitu dengan melakukan cara produksi makanan yang baik dan hieginis dalam proses produksi, mampu berwirausaha dan produksi mengalami peningkatan, mampu mengelola manajemen keuangan dan pemasaran dengan peningkatan omzet dan keuntungan.

References

Abdullah, Muhammad Ali, 2013, Alat Perajang Empon Mesin, Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Perkebunan, Jurnal Teknologi Pertanian, Vol. 4, No. 3, hal. 169-178.
Arko Priyono & Kreith., 2011, Prinsip-Prinsip Perpindahan Panas, Jakarta, Erlangga.
Bergeyk Van., Liederken, A.J., 2010, Teknologi Proses, Jakarta, Bhatara Karya Aksara.
Beumer, 2010, Ilmu Bahan Logam Jilid I, Jakarta : Bharata Karya Aksaea.
Daryanto, Drs., 2014, Mesin Pengerjaan Logam, Bandung, Tarsito.
Harsokoesoemo, Darmawan, 2013, Pengantar Perancangan Teknik (Perancangan Produk), ITB, Bandung.
Khurmi, R.S., Gupta, J.K., 2010, Elemen-Elemen Mesin Dalam Perancangan Mekanis, Gupta, Machine, New Delhi : Eurasia Publishing Company.
Kotler, Philip, 2003, Marketing Management, Engelwood Cliffs : Prentice Hall International Inc. Adivision of Simoon and Scuster.
Pahl, G., and Beitz, W., 2006, Engineering Design : A Systematic Approach, Springer Verlag, Inc. London.
Shinroku, Saito, 2012, Pengetahuan Bahan Teknik, Jakarta : PT. Pramadya Paramita.
Sriati japri, Van Vlack H., Lawrence, 2011, Ilmu dan Teknologi Bahan, Jakarta, Erlangga.
Strumilo, Czeslaw and Tadeusz Kudra, 1986, Drying : Principles Application and Design, Vol. 3, Gordon and Breach Science Publishers, Switzerland.
Sularso, Suga, K., 2012, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Jakarta : Pradnya Paramita.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Krisnadhi Hariyanto, Muharom, & Starry Kireida Kusnadi. (2018). TEKNIK PEMBUATAN BUBUK JAHE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UKM DESA PILANG. Prosiding SNasPPM, 3(1), 489–491. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/154