KEDWIBAHASAAN KOORDINATIF DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA
Keywords:
Kedwibahasaan Koordinatif, NovelAbstract
Kedwibahasaan adalah penggunaan dua bahasa dengan bergantian baik dengan cara produktif ataupun perseptif oleh penutur yang dapat dipengaruhi oleh situasi maupun kondisi. Sedangkan kedwibahasaan koordinatif merupakan kedwibahasaan yang menunjukkan pemakaian dua bahasa yang sama-sama baik oleh seseorang. Seorang novelis sering mewarnai karya sastra dengan kedwibahasaan untuk menyampaikan ceritanya kepada pembaca. Salah satunya adalah dalam novel “Bulan Terbelah Di langit Amerika” karya Hanun Salsabila Rais dan Rangga Almahendra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kedwibahasaan koordinatif dalam novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabla Rais dan Rangga Almahendra ; (2) faktor-faktor yang melatarbelakangi adanya kedwibahasaan koordinatif dalam novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika karya Hanum Salsabla Rais dan Rangga Almahendra. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik membaca simak catat, kemudian dianalisis menggunakan metode padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedwibahasaan koordinatif dalam novel Bulan Terbelah di Langit Amerika melibatkan Bahasa Indonesia sebagai B1 dan Bahasa Inggris sebagai B2. Sedangkan faktor yang melatarbelakangi kedwibahasaan koordinatif dalam novel tersebut adalah faktor pendidikan dan perpindahan penduduk
References
Noermanzah (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) ,2019, Bengkulu, Indonesia 306–319
Indah dkk., (2022). Kedwibahasaan dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Frasa : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,3(1), 32–38.
Sholihah, ( 2018). Kontak Bahasa : Kedwibahasaan, Alih Kode, Campur Kode, Interferensi, dan Intergrasi. The 3rd Annual International Conference on Islamic Education,24-25 Februari 2018, Mojokerto, Indonesia, 361–376.
Amatullah dan Aziza, (2020). Interferensi Bahasa Indonesia dalam Bahasa Arab : Kasus Pada Kesalahan Berbahasa Siswa Kelas X MAN 1 Sragen. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab. 3(1), 47–60.
Nursyamsi, (2021). Adaptasi Linguistik : Kasus Kotak Bahasa Antarentik dalam Menciptakan Keharmonisan di Kabupaten Parigi Moutong. SAWERIGADING,. 27(1), 67–79.
Sukirman, (2021). Beberapa Aspek dalam Kedwibahasaan (Suatu Tinjauan Sosiolinguistik). Jurnal Konsepsi,. 9(4), 191–197.
Nabilatul, (2021). Bilingualisme dalam Acara TV Orang Pinggiran Trans 7 dan Implikasinya dengan Pembelajaran Teks Debat Kelas X SMA. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan ,2021, Pekalongan, Indonesia 505–510.
Eti dkk., (2020). Pendekatan Kedwibahasaan dalam Pengajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(2), 118–122.
Lustantini (2017). Kedwibahasaan dalam Novel Kenanga Karya Oka Rusmini. Widyaparwa. 45(1), 68–80.
Heryani (2022). Kedwibahasaan Pada Masyarakat Tutur di Kota Cirebon. Journal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 10(2), 429–433.
Putri dkk., (2022). Kedwibahasaan Pada Novel Love Sparks in Korea Karya Asma Nadia dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Basastra : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 8(2), 360–380.
Fitrianah (2020). Perubahan Artikulasi Fonem Bahasa Arab Bagi Penutur Bahasa Asing. Tsaqofah dan Tarikh. 1(2), 163–172.
Hatma (2015). Analisis Bilingualisme Pada Novel Supernova Akar Karya Dewi Lestari. Diksa. 1(2), 41–52.
Nurjanah. (2022) Analisis Kedwibahasaan Pada Percakapan Bahasa Mandaling-Indonesia Melalui Gawai. .Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.
Rizal. (2020) Penggunaan Bilingualisme Pada Tuturan Siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar .Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.