PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELOMPOK A DI TK KARUNIA DESA WORO KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG

Authors

  • winarsih winarsih unirow
  • Siti Marli’ah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

kognitif, media , kartu angka

Abstract

Kognitif adalah semua aktifitas mental yang membuat seseorang mampu menghubungkan , menilai, dan mempertimbangkan suatu kegiatan , sehingga seseorang akan dapat pengalaman sesudahnya. Kognitif mempunyai hubugan erat dengan tingat kecerdasan individu . Contohnya : kognitif bisa di perlihatkan ketka seorang individu belajar , dan menemukan penyebab suatu masalah . Teori kognitif mementingkan proses bukan hasil belajarnya . Seseorang akan lebih terlihat kemampuannnya ketika anak melakukan suatu kegiatan dan dengan kegiatan tersebut anak akan menggunakan otaknya untuk berifikir lebih mendalam lagi. Berdasarkan hal tesebut , peneliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan media kartu angka. kartu angka  atau media bergambar adalah suatu alat peraga guru yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran , untuk memudahkan anak mengolah fikirannya , serta membuat anak lebih tertarik untuk melakukan pembelajaran di kelas. jenis penelitian tindakan kelas. . penelitian yang dilakukan dengan model siklus 1 dan 2 dengan komponen perencanaan, tindakan , pengamatan , dan refleksi. Hasil analisis menunjukan adannya peningkatan pada siklus 1 sebesar 63,4 % dan megalami peningkatan pada siklus 11 yaitu sebesar 93,3 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak.

References

R.lMarta,l“PenangananlKognitiflDownlSyndromelmelaluilMetodelPuzzlelpadalAnaklUsialDini,”lJ.lObs.llJ.lPendidik.lAnaklUsialDini,lvol.l1,lno.l1,lpp.l32–41,lJun.l2017,ldoi:l10.31004/OBSESI.V1I1.29.

T.lAriyanti,l“PentingnyaLpendidikanLanakLusiaLdiniLbagiLtumbuhLkembangLanakLtheLimportanceLofLchildhoodLeducationLforLchildLdevelopment,”lDin.lJ.lIlm.lPendidik.lDasar,lvol.l8,lno.l1,l2016,ldoi:l10.30595/DINAMIKA.V8I1.943.

H.lBasri,l“KemampuanlKognitiflDalamlMeningkatkanlEfektivitaslPembelajaranlIlmulSosiallBagilSiswalSekolahlDasar,”lJ.lPenelit.lPendidik.,lvol.l18,lno.l1,lpp.l1–9,l2018,ldoi:l10.17509/jpp.v18i1.11054.

L.lRozalina,l“PengembanganLaspekLkognitifLanakLusiaLdiniLdenganLmenggunakanLpermainanLoutdoorLdiLpaudLharapanLanandaLkotaLbengkulu,”lskripsi,lJan.l2019.

K.lSudarsana,l“MembentukLkarakterLanakLsebagaiLgenerasiLpenerusLbangsaLmelaluiLpendidikanLanakLusiaLdini,”lPurwaditallJ.lAgamaldanlBudaya,lvol.l1,lno.l1,lFeb.l2018,ldoi:l10.55115/PURWADITA.V1I1.8.

S.lDarnis,l“AplikasiLmontessoriLdalamLpembelajaranLmembaca,LmenulisLdanLberhitungLtingkatLpermulaanLbagiLanakLusiaLdini,”lJ.lCaksanallPendidik.lAnaklUsialDini,lvol.l1,lno.l01,lSep.l2018,ldoi:l10.31326/JCPAUD.V1I01.3.

S.lEli,l“PengaruhLbermainLkeretaLangkaLterhadapLkemampuanLberhitungLpadaLanakLdiLtkLbabatanLseluma,”lskripsi,lFeb.l2020.

D.lSuryana,lPendidikanlAnaklUsialDinilStimulasil&lAspeklPerkembanganlAnak.lJakarta:lPrenadamedialGroup,l2018.

A.lSusanto,lPerkembanganlAnaklUsialdini.lJakarta:lKencana,l2011.

K.lA.lFebiola,l“PeningkatanlKemampuanlBerhitunglPermulaanlAnaklUsialDinilMelaluilPengembanganlMedialPembelajaranlPohonlAngka,”lJ.lIlm.lPendidik.lProfesilGuru,lvol.l3,lno.l2,lpp.l238–248,lOct.l2020,ldoi:l10.23887/JIPPG.V3I2.28263.

E.lSafitri,l“UpayalMeningkatkanlKemampuanlBerhitunglMelaluilPermainanlCongklaklDilTamanlKanak-KanaklNurullImanlBandarlLampung.,”lJ.lPAUDlUniv.lLampung.,lvol.l6,lno.l6,l2016.

M.lSholihah,lM.lAfifulloh,landlY.lF.lLismanda,l“PenerapanlMetodelBermainlFlashcardlUntuklMeningkatkanlKemampuanlBerhitunglAnaklKelompoklBldilRAlAllAminlPakislMalang,”lJ.lIlm.lPendidik.lIslamlAnaklUsialDini,lvol.l1,lno.l2,l2019.

D.lU.lAmaris,lR.lRakimahwati,landlS.lMarlina,l“PengaruhlMedialBusylBooklTerhadaplKemampuanlBerhitunglAnaklUsialDinilDilTamanlKanak-KanaklFadhilahlAmall3lPadang,”lJ.lUsialDini,lvol.l4,lno.l2,lpp.l8–17,lDec.l2018,ldoi:l10.24114/JUD.V4I2.12099.

A.lN.lRahayu,lP.lI.lLestari,lI.lMade,landlE.lCahaya,l“ImplementasiLalatLpermainanLedukatifLpohonLangkaLdalamLmeningkatkanLkemampuanLmengenalLkonsepLdanLlambangLbilangan,”LmediaLedukasilLj.LilmuLpendidik.,lvol.l3,lno.l1,lSep.l2019,lAccessed:lSep.l17,l2022.l[Online].lAvailable:lhttps://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/730

N.lOktriyani,l“PeningkatanLkemampuanLberhitungLanakLusiaLdiniLmelaluiLpermainanLlingkaranLangkaLdiLtamanLkanak-KanakLqatrinnadaLkecamatanLkotoLtangahLpadang,”lPAUDlLect.lJ.lPendidik.lAnaklUsialDini,lvol.l1,lno.l1,lpp.l82–96,lOct.l2017,ldoi:l10.31849/PAUDLECTURA.V1I1.510.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

winarsih, winarsih, & Marli’ah, S. (2022). PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELOMPOK A DI TK KARUNIA DESA WORO KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG . Prosiding SNasPPM, 7(1), 989–993. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1548