PEMANFAATAN TANAMAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA) MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL DI DESA JOMBOK KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Arik Umi Pujiastuti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

lidah buaya, produk memiliki nilai jual, Jombok

Abstract

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang mudah didapatkan dan mudah dibudidayakan. Di desa Jombok Kecamatan Jatiroogo Kabupaten Tuban hampir setiap rumah memiliki tanaman lidah buaya yang berfungsi sebagai tanaman hias. Telah banyak diketahui bahwa tanaman lidah buaya memiliki manfaat bagi tubuh, kesehatan maupun kecantikan. Dengan demikian tanaman lidah buaya dapat dimanfaatkan menjadi sebuah produk baik itu kecantikan maupun makanan. Hal tersebut berbeda dengan yang didapatkan di desa Jombok Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Berdasarkan temuan di lokasi maka tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah memanfaatkan tanaman lidah buaya (aloe vera) dengan cara mengolah tanman lidah buaya menjadi produk yang memiliki nilai jual. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksnaan program pengabdian masyarakat adalah, pengamatan potensi pada mitra sasaran, persiapan pra pelatihan, pelatihan pemanfaatan tanaman lidah buaya (aloe vera) sebagai produk yang memiliki nilai jual, pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan diketahui bahwa mitra sangat antusias mengikuti program kegiatan yang dilakukan, mitra merasa mudah melakukan pengolahan tanaman lidah buaya, mendapatkan pengetahuan baru tentang tanaman lidah buaya, dan memiliki ide baru dalam mengembangkan ekonomi keluarga. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mitra sasaran merasakan manfaat adanya kegiatan tersebut, baik manfaat secara teoritis maupun manfaat secara praktis.

References

Fibrianti, Mega. 2014. Manfaat Lidah Buaya (aloe vera) dan hasil olahannya. Jakarta: Karya Mandiri Nusantara.
Natsir, Nur Alim. 2013. “Pengaruh Ekstrak daun Lidah Buaya (aloe vera) sebagai penghambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus”. Dalam Prosiding FMIPA Universitas Pattimura. Ambon.
Noormindhawati, Lely. 2012. Raja Obat Alami Aloe Vera Khasiat A-Z untuk Kesehatan dan Kecantikan.Surabaya: Serba Jaya.
Purbaya, J Rio. 2015. Mengenal & Memanfaatkan khasiat aloe vera. Jakarta: Andipratita Trikarsa Mulia.
Rosita. 2013. Sehat, Cantik, dan Penuh Vitalitas dengan Lidah Buaya. Jakarta: Karya Mandiri Nusantara.
Togatorop dkk. 2001. “Pemanfaatan tanaman Lidah Buaya Secara Tradisional dan Studi Kandungan Bioaktifnya”. Dalam Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Bogor.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Agustin, I. ., Arik Umi Pujiastuti, & Saeful Mizan. (2018). PEMANFAATAN TANAMAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA) MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL DI DESA JOMBOK KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 3(1), 484–487. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/155