UJI KELAYAKAN MEDIA MAKET HISTORIA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Nur Atika Thoyibah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Firdausi Nuzula Apriliyana Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Maket Historia, Perkembangan Bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk yang berupa media Maket Historia untuk perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. Media Maket Historia atau yang umum dikenal dengan sebutan diorama merupakan miniatur benda-benda dan latar kejadian suatu peristiwa yang digunakan untuk memperjelas jalannya suatu cerita dalam reka adegan. Diorama adalah gambaran kejadian baik yang mempunyai nilai sejarah atau tidak yang disajikan dalam bentuk mini atau kecil. Pendapat tersebut menjelaskan bahwa diorama memberikan informasi berupa peristiwa yang disajikan dalam bentuk tiruan lebih kecil dari aslinya, Media Maket Historia sendiri dapat di terapkan saat kegiatan berceritaMetode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah metode pengembangan dimana metode ini mengacu pada tahap R&D yang di kembangkan oleh sugiyono.. Hasil pengembangan yang di peroleh dari validasi para ahli sebesar 73,8% yang di dapatkan dari validasi ahli media dan masuk dalam kategori layak. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa dalam mengembangkan media maket historia dalam kegiatan bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan menceritakan kembali anak usia 3-4 tahun.

References

Ainin, M. (2013). Penelitian pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arabi. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2).

Ahzari Ayu, Surana Dedih, Hakim Arif. 2018. Upaya Meningkatkan Bahasa Ekspresif Melalui Media Diorama Kelompok TK A Di TK Al-Pankuli Bandung. Bandung : (Universitas Islam Bandung)

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta)

Arsyad, A. (2014) Msedia Pembelajaran (Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada), 29-30.

Cecep, Kustandi & Bambang Sutjipto. Media Pembelajaran. (Jakarta: Ghalia Indonesia. 2013:50). Conny R, Semiawan. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. PT. Indeks. 2008:111

Denok Dwi Anggraini. 2021. Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Diorama . (Madura : Iain Madura )

https://www.paud.id/teori-perkembangan-bahasa- anak-usia-dini/ (di akses pada 4 agustus 2022 09.00).

Hamdani. (2011) . Strategi Belajar Mengajar . (Bandung : Y rma Widya).

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri PendidikanDan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.

Kustiawan, Usep. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. (Malang : Gunung Samudra).

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Jasniti. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Moveble Book. Tuban : (Unirow)

Nasihah, Khulailatin. (2020) Pengembangan Media Permainan Paneli. Tuban : (Unirow)

Nasution, Berbagai Pendekata Dalam Prose Belajar Mengajar (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013),

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D). Edisi 22. Penerbitan Alfabeta.: Bandung

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Thoyibah, N. A., & Apriliyana, F. N. (2022). UJI KELAYAKAN MEDIA MAKET HISTORIA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 994–996. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1560