PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Sri Mulyani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dumiyati Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Metode Contextual Teaching and Learning, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan penggunaan metode Contextual Teaching and Learning jenis penelitian tindakan kelas kolaborasi. Pada penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 4 dengan jumlah responden 35 siswa di SMA Negeri 1 Rengel. Data peneliti menggunakan teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi, tes, dokumentasi, dan angket respon siswa. Diperoleh hasil pada (1). Aktivitas guru dari hasil siklus 1 (52%), siklus II (55%), siklus III (95%). Sehingga hasil akhir dari aktivitas guru dikategorikan sangat efektif. (2). Hasil aktivitas siswa siklus I (45%), siklus II (76%), siklus III (95%). Sehingga hasil akhir dari aktivitas siswa dikategorikan sangat aktif. (3). Hasil belajar siswa siklus I (57,6%), siklus II (74%), siklus III (93,4%). Dengan diperoleh hasil akhir belajar siswa mencapai ketuntasan kelas yang telah ditetapkan. (4). Respon siswa ditetapkan disetiap indikator yang diamati dengan ketentuan ≥80%. Dan hasil indikator 1 yang diperoleh sebesar  95%, indikator 2 hasil yang diperoleh sebesar 95%. Indikator 3 hasil yang diperoleh 98%, indikator 4 hasil yang diperoleh 96,5%, indikator 5 hasil yang diperoleh 96%, indikator 6 hasil yang diperoleh 96%, indikator 7 hasil yang diperoleh 97,7%, indikator 8 hasil yang diperoleh 96%, indikator 9 hasil yang diperoleh 98%, indikator 10 hasil yang diperoleh 98%. Sehingga respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dikategorikan sangat tinggi

References

N. B. Asfuri, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dan Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri Di Kecamatan Colomadu Tahun Ajaran 2012/20,” no. 3, pp. 46–56, 2013.

S. Syamsuddin and M. A. P. Utami, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning,” J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 32–40, 2021, doi: 10.51574/jrip.v1i1.14.

D. H. M. I. Hasibuan and M. Pd, “MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Oleh,” vol. II, no. 01, pp. 1–12, 2014.

M. A. N. Popongan and K. Klaten, “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Implementation of Contextual Teaching and Learning Model,” Pena Ilm., vol. 2, no. 1, pp. 32–38, 2012.

I. Taufik, “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” IQRO J. Islam. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 163–174, 2019, doi: 10.24256/iqro.v2i2.864.

P. N. Simatupang and P. I. Sari, “Modifikasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dengan Strategi Pembelajaran Tugas Dan Paksa,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. KALUNI, vol. 2, 2019, doi: 10.30998/prokaluni.v2i0.102.

J. Muhsam and M. R. Letasado, “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Pada Materi Gaya Bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,” J. Elem., vol. 3, no. 2, pp. 53–57, 2020, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary

K. Merta, W. Lasmawan, and I. W. Suastra, “Berbantuan Media Visual Terhadap Motivasi Gugus Ii Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem,” vol. 5, pp. 1–12, 2015.

I. Oktiani, “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik,” J. Kependidikan, vol. 5, no. 2, pp. 216–232, 2017, doi: 10.24090/jk.v5i2.1939.

A. W. Mustofa, “Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Peserta Didik Kelas X-MIA EI 2 SMAN 6 Yogyakarta,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 2, pp. 88–96, 2017, doi: 10.26877/jp2f.v7i2.1302.

H. D. Susanti et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” J. Keperawatan. Univ. Muhammadya Malang, vol. 4, no. 1, pp. 724–732, 2017, [Online]. Available: https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Y. Nur and I. Sari, “Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Dengan Media Video Scribe Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan,” no. September, 2018.

P. Wulandari, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di Min 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 72–75, 2018.

M. Siga and A. Achiruddin, “Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran,” EduResearch, vol. 1, no. 1, pp. 217–237, 2015.

S. M, A. Amin, and Y. Yolanda, “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Aktivitas Siswa Kelas X Di Sma Negeri 5 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019,” Silampari J. Pendidik. Ilmu Fis., vol. 1, no. 1, pp. 60–73, 2019, doi: 10.31540/sjpif.v1i1.319.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Mulyani, S., & Dumiyati, D. (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PELAJARAN EKONOMI . Prosiding SNasPPM, 7(1), 672–676. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1563