PELATIHAN POWERPOINT SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PEMANFAATAN ISPRING SUITE BAGI GURU MI AL QOSIMY
Keywords:
powerpoint, ispring suite, android, media pembelajaran, interaktifAbstract
Metode ceramah yang merupakan metode konvensional adalah metode yang sering digunakan oleh guru MI Al Qosimy selama proses pembelajaran. Alasan pemilihan metode ceramah adalah metode ceramah mudah dilakukan, tidak membutuhkan waktu yang lama, tidak menguasai metode lain, serta metode lain membutuhkan waktu lebih lama. Akibatnya, peserta didik kurang antusias selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan terkait media pembelajaran yang menarik, yaitu pelatihan Powerpoint sebagai dasar pengembangan media pembelajaran berbasis android. Tujuan pelatihan ini untuk memperdalam pengetahuan tentang PowerPoint sehingga mempermudah proses pengembangan media pembelajaran berbasis android. Peserta pelatihan adalah guru MI Al Qosimy yang berjumlah 20 orang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di MI Al Qosimy yang terletak di desa Watugaluh, kecamatan Diwek, kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data kuantiatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang didapat setelah pelatihan menunjukkan bahwa 5% guru MI Al Qosimy sering mengaplikasikan PowerPoint sebagai media pembelajaran interaktif, 90% menyatakan sering, dan 5% jarang menggunakan. Alasan mengaplikasikan PowerPoint antara lain mudah diterapkan sebanyak 30%, tidak membutuhkan banyak waktu sebanyak 20%, peserta didik lebih antusias sebanyak 30%, dan materi lebih cepat dikuasai sebanyak 20%. Adapun respon peserta didik terhadap penerapan PowerPoint sebagai media pembelajaran interaktif adalah 20% menunjukkan sangat senang dan 80% menyatakan senang.
References
M. U. Hasan and S. Sulaikho, “The Analysis Of Student’s Response To The Development Of Media-Based Android On Subjects Nahwu,” El-Thumuhat, vol. 3, no. 1, pp. 2–6, 2020, [Online]. Available: https://journal.uir.ac.id/index.php/THUMUHAT/article/download/7004/3461.
I. M. Umam and S. Sulaikho, “Feasibility of Android-Based iSpring Suite Learning Media in Fiqh Subjects,” Al-Hayat J. Islam. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 122–131, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.35723/ajie.v5i1.174.
C. S. Romadhoni and S. Sulaikho, “Pengembangan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android pada Materi Kisah Teladan Nabi Ibrahim dalam Meningkatkan Minat Belajar,” Al-Thariqah J. Pendidik. Agama Islam, vol. 7, no. 1, pp. 1–25, 2022, doi: 10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).7239.
S. C. Romadhoni and S. Sulaikho, “Validasi Media Pembelajaran Ispring Suite Berbasis Android Pada Kisah Nabi Ibrahim,” JoEMS J. Educ. Manag. Stud., vol. 4, no. 6, pp. 51–62, 2021, [Online]. Available: http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/615.
Y. W. Fadilah and S. Sulaikho, “Fa’aliyyah Al-Wasilah Al-Ta’limiyyah iSpring Suite Bi Android Fi Ta’lim Qawaid Al-Lughah Al-Arabiyyah,” Hijai-Journal Arab. Lang. Lit., vol. 04, no. 2, pp. 198–212, 2021, [Online]. Available: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/hijai/article/view/13539.
Y. W. Fadilah and S. Sulaikho, “Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof,” Arabia, vol. 13, no. 2, pp. 315–338, 2022, doi: 10.21043/arabia.v13i2.10710.
W. Syifa, S. Sulaikho, and K. N. Al Wachidah, “Jadîr al-Wasâ’il iSpring Suite bi Android fi Talim al-Qawâ’id al-Lughah al-‘Arabiyyah,” J. Alfazuna J. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 5, no. 2, pp. 1–47, 2021, [Online]. Available: http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/article/view/1241.
V. Fikrotin and S. Sulaikho, “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Morfologi Bahasa Arab,” Ta’lim al-’Arabiyyah J. Pendidik. Bhs. Arab Kebahasaaraban, vol. 5, no. 2, pp. 193–204, 2021, doi: 10.15575/jpba.v5i2.13587.
R. Aisyah and S. Sulaikho, “Validitas Media Pembelajaran Ispring Suite Berbasis Android Pada Pemahaman Shalat Jama’ dan Qashar,” Tarlim J. Pendidik. Agama Islam, vol. 4, no. 2, pp. 169–178, 2021, doi: 10.32528/tarlim.v4i2.5423.
V. Fikrotin and S. Sulaikho, “Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof,” Al-Ittijah J. Keilmuan dan Kependidikan Bhs. Arab, vol. 13, no. 2, pp. 95–118, 2021, doi: doi: http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v13i2.4852.
E. Suwandi, F. H. Imansyah, and H. Dasril, “Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome,” J. Tek. Elektro, p. 11, 2018.
I. Jayusman and O. A. K. Shavab, “Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah,” J. Artefak, vol. 7, no. 1, pp. 13–20, 2020, doi: 10.25157/ja.v7i1.3180.
D. I. I. Ulumuddin and P. Sulistiyawati, “Analisis Pengalaman Pengguna pada Website Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro,” Sci. TECH J. Ilmu Pengetah. dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 35–44, 2021.
T. Nempung, T. Setiyaningsih, and N. Syamsiah, “Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web,” in Seminar Nasional Teknologi, 2015, no. November, pp. 1–8.
R. V. K. Dewi, D. Sunarsi, and I. R. Akbar, “Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Ganesa Satria Depok,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 6, no. 4, pp. 295–307, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4395889.
E. Martasari, S. Saparahayuningsih, and D. Delrefi, “Kepercayaan Diri Anak Dalam Pembelajaran Pengembangan Berbahasa Pada Kelompok B1 Paud Assalam Muara Bangkahulu Kota Bengkulu,” J. Ilm. Potensia, vol. 3, no. 1, pp. 11–17, 2019, doi: 10.33369/jip.3.1.11-17.