APLIKASI MAGIC COLORING BOOK DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG BELAJAR MEWARNAI ANAK USIA DINI
Keywords:
Augmented Reality, Aplikasi Mewarnai Gambar, Android, Buku MewarnaiAbstract
Dalam bidang Pendidikan anak usia dini, anak tidak hanya dilatih untuk mengembangkan fungsi otak, tetapi juga dilatih untuk mengembangkan motorik halus anak. Salah satu kunci untuk mengembangkan kemampuan motrik halus anak adalah dengan melatihnya untuk melakukan kegiatan seperti mewarnai gambar. Dalam pendidikan anak usia dini kegiatan belajar mewarnai yang dilakukan saat ini masih hanya menggunakan media buku mewarnai dan alat tulis warna. Saat ini, cara tersebut dianggap kurang memberikan rangsangan terhadap anak sehingga kegiatan belajar mewarnai menjadi cenderung membosankan. Hal ini disebabkan media yang kurang menarik dan hasil dari kegiatan mewarnai tersebut hanya menampilkan objek 2D. Melalui pendekatan augmented reality, dimana teknologi augmented reality merupakan penggabungan objek virtual (teks, gambar, dan animasi) kedalam dunia nyata, dimana pengguna dapat mengeksplor dunia nyata dengan lebih atraktif dan lebih menarik. Aplikasi ini menggunakan platform android. Dari permasalahan yang ada maka dibangun sebuah aplikasi magic coloring book dengan teknologi augmented reality sebagai media pendukung belajar mewarnai anak usia dini. yang menerapkan teknologi augmented reality pada sebuah media untuk kegiatan belajar mewarnai yang berbasis mobile dengan platform android. Aplikasi ini akan menampilkan objek 3D pada gambar yang sebelumnya sudah diwarnai di buku gambar secara real-time. Sehingga nantinya membuat kegiatan belajar mewarnai lebih menarik dan interaktif.
References
Sukamto, dan M. Shalahudin. 2013. “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Beroriei Objek”