PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MASA ERA NEW NORMAL DI SMKN 2 TUBAN
Keywords:
Blended Learning, Penerapan Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa InggrisAbstract
Dengan adanya Covid-19 yang mengharuskan siswa belajar secara online dirumah dan akhirnya saat ini di Era Normal pembelajaran siswa di sekolah sudah diperbolehkan untuk belajar secara tatap muka meski harus tetap berhati-hati. Perubahan keadaan pembelajaran pada kondisi saat ini, guru dituntut dapat menyesuaikan dan mengembangkan model-model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu, model pembelajaran Blended Learning hadir menjadi salah satu model untuk mengatasi masalah tersebut. Model pembelajaran Blended Learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan berbagai macam pendekatan, yaitu dengan memanfaatkan berbagai macam media dan teknologi secara offline dan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, permasalahan dan solusi dengan menggunakan model Blended Learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris, serta masalah yang dihadapi guru dan cara mengatasi penerapan pada model tersebut. Sampel penelitian ini merupakan 7 guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah SMKN 2 Tuban yang mengajar di berbagai jurusan dan sudah menerapkan model pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan wawancara.
References
R. P. Sari, N. B. Tusyantari, and M. Suswandari, “Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2021.
A. P. Putri, R. S. Rahhayu, M. Suswandari, and P. A. R. Ningsih, “Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2021.
R. Triassanti et al., “DIDAKTIKA , Vol 28 No 2 Februari 2022 TEACHERS AND STUDENTS ’ PERCEPTIONS ON THE USE OF ICT IN Risa Triassanti dkk , Teachers and student s ’ perception on the use … INTODUCTION It is a fact that technological will only be taught . It is necessary for tea,” vol. 28, no. 2, 2022.
P. Sharma, “Blended learning,” ELT J., vol. 64, no. 4, pp. 456–458, 2010.
F. Hénard and D. Roseveare, “Fostering quality teaching in higher education: Policies and practices,” An IMHE Guid. High. Educ. Institutions, vol. 1, no. 1, pp. 7–11, 2012.
L. Mathews, “Effectively preparing secondary foreign language students: A study on the effectiveness of the teacher-centered and the student-centered approach.” Capella University, 2008.
B. Anthony et al., “Blended learning adoption and implementation in higher education: A theoretical and systematic review,” Technol. Knowl. Learn., pp. 1–48, 2020.
N. Bin Dahmash, “‘I Couldn’t Join the Session’: Benefits and Challenges of Blended Learning amid COVID-19 from EFL Students,” Int. J. English Linguist., vol. 10, no. 5, p. 221, 2020, doi: 10.5539/ijel.v10n5p221.
C. Sriwichai, “Students’ Readiness and Problems in Learning English through Blended Learning Environment,” Asian J. Educ. Train., vol. 6, no. 1, pp. 23–34, 2020, doi: 10.20448/journal.522.2020.61.23.34.
A. P. Rahmani, “Penerapan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Selama Masa Pandemi Covid-19,” EduBase J. Basic Educ., vol. 3, no. 1, pp. 21–34, 2022.
D. I. Suciati, “Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021.” IAIN PONOROGO, 2021.
S. Arikunto, “Metode peneltian,” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
A. Prabowo and H. Heriyanto, “Analisis pemanfaatan buku elektronik (e-book) oleh pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang,” J. Ilmu Perpust., vol. 2, no. 2, pp. 152–161, 2013.
H. Handoko and W. Waskito, “Blended Learning: Teori dan Penerapannya,” Padang LPTIK Univ. Andalas, 2018.
H. Husamah, “Pembelajaran bauran (Blended learning),” Res. Rep., 2014.
N. Nasution, N. Jalinus, and S. Syahril, “Buku Model Blended Laerning,” 2019.
D. H. Schunk, J. R. Meece, and P. R. Pintrich, Motivation in education: Theory, research, and applications. Pearson Higher Ed, 2012.