PENGARUH PEMAHAMAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI TERHADAP SIKAP INTEGRITAS MAHASISWA PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Authors

  • Siti Tri Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mardi Widodo

Keywords:

pendidikan, anti korupsi, sikap integritas

Abstract

Maraknya tindakan korupsi yang terjadi di Indonesia pada seluruh golongan masyarakat termasuk generasi muda menjadikan generasi muda harus memiliki karakter yang mencerminkan sikap anti korupsi. Sikap integritas sebagai salah satu bentuk karakter anti korupsi harus dimiliki oleh generasi muda  diharapkan mampu menjadikan generasi penerus bangsa sebagai pribadi anti korupsi. Sikap integritas didapatkan dari pemahaman mahasiswa melalui mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi. Berdasarkan pemahaman pendidikan anti korupsi mahasiswa dapat mengimplementasikan sikap integritas . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman Pendidikan Anti Korupsi terhadap sikap integritas mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban Tahun Akademik 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan UNIROW . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel melalui tabel Isaac dan Michael dengan pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis koefisien korelasi product moment  oleh K.Pearson dan T-Test. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan koefisien korelasi 0,136 < 0,859 yaitu rtabel < rhitung dan arah pengaruh melalui uji T 1,645 < 24,184 yaitu ttabel < thitung . Apabila rtabel kurang dari rhitung dan ttabel kurang dari thitung dapat diartikan memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah positif. Maka terdapat pengaruh yang signifikan kearah positif antara pemahaman pendidikan anti korupsi terhadap sikap integritas mahasiswa yang meliputi jujur, konsisten, tanggungjawab, menepati janji, meyadari hal kecil dan bertindak bagai tengah diawasi.

References

E. Handoyo dan M. H. Susanti, “DAMPAK KORUPSI MELALUI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM MEMBENTUK GENERASI MUDA YANG JUJUR DAN BERINTEGRITAS DI SMA SEMESTA KOTA SEMARANG,” Semarang, Jun 2014. Diakses: Apr 05, 2022. [Daring]. Available: file:///C:/Users/HP/Downloads/5721-12271-1-SM.pdf

Siti Ainun Hayatul Fadilah, “ANALISIS MATA KULIAH PENDIDIKAN ANTI KORUPSI TERHADAP URGENSI PENCEGAHAN PERILAKU TINDAK KORUPSI KEPADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN),” 2021. Diakses: Apr 06, 2022. [Daring]. Available: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52754

I. Suryani, A. Komunikasi, dan B. Jakarta, “Ita Suryani : Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi... PENANAMAN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI DI LEMBAGA PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF PENCEGAHAN KORUPSI,” 2015. Diakses: Apr 05, 2022. [Daring]. Available: https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/425/submission/copyedit/425-1086-1-CE.pdf

Adwirman, A. Parellangi, N. Yardes, dan A. Muslih, Pendidikan dan Budaya AntiKorupsi (pBAK). 2014.

J. A. Dewantara, Y. Hermawan, D. Yunus, Efriani, dan Fitria, “Pendidikan Antikorupsi sebagai Pembentukan Karakter dan Humanistik di Perguruan Tinggi,” Civics : Media Kajian Kewarganegaraan, 2021.

H. Suparlan, “FILSAFAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DAN SUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN INDONESIA,” Filsafat, vol. 25, no. 1, hlm. 57–73, 2015.

D. Salistina, P. Anti Korupsi, D. Salistina IAIN Tulungagung, dan J. Mayor Soejadi Timur, “PENDIDIKAN ANTI KORUPSI MELALUI HIDDEN CURRICULUM DAN PENDIDIKAN MORAL,” 2015.

I. M. Andyana, “Korelasi Pendidikan Korupsi dengan Pendidikan dan Kesadaran Hukum Mahasiswa,” Stilistika Adnyana, vol. 8, Jan 2016, Diakses: Apr 06, 2022. [Daring]. Available: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1763

Franciscus Xaverius Wartoyo, “Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Melalui Perspektif Nilai Pancasila,” Jurnal Belo, vol. 7, no. 1, hlm. 55–57, Agu 2021, doi: https://doi.org/10.30598/belovol7issue1page55-67.

V. V. Adhivinna dan I. Aprilia, “Personal culture dan integritas, mana yang lebih penting untuk mengurangi kecurangan akuntansi?,” Journal of Business and Information Systems (e-ISSN: 2685-2543), vol. 3, no. 1, hlm. 23–33, Jan 2021, doi: 10.36067/jbis.v3i1.89.

C. Damanik, “Intip rahasia Selandia Baru tekan Korupsi,” Kompas.com, Mei 2013.

Sukadari, M. D. Komalasari, dan A. M. Wihaskoro, “Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD Melalui Buku Wayang Pandhawa Bervisi Antikorupsi,” Anti Korupsi, vol. 4, no. 1, hlm. 217–213, Jun 2018, Diakses: Apr 07, 2022. [Daring]. Available: http://repository.upy.ac.id/1910/1/integritas.pdf

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Revisi. Alfabeta, 2013.

Adrian Gostick dan Dana Telford, Keunggulan Integritas. 2006.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, 2013.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Rahayu, S. T. P., & Mardi Widodo. (2022). PENGARUH PEMAHAMAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI TERHADAP SIKAP INTEGRITAS MAHASISWA PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Prosiding SNasPPM, 7(1), 686–691. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1578