SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS PERBAIKAN TRAFO LISTRIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS)

Authors

  • Dinna Wahyu Aliefyana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Imron Rosyidi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Transformator distribusi, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), Lokasi Trafo, Google Maps API

Abstract

Transformator distribusi atau trafo yaitu salah satu peralatan listrik yang dapat menurunkan tegangan dari tegangan menengah (20Kv) ke tegangan rendah (220/380V). Trafo dapat dikatakan sebagai jantung dari distribusi dan transmisi yang diharapkan dapat bekerja secara maksimal setiap hari tanpa henti. Masalah yang muncul adalah semakin meningkatnya kerusakan pada trafo sementara petugas PLN terbatas. Kemudian denah lokasi trafo, pada saat ini PT. PLN (Persero) Rayon Kabupaten Tuban masih menggunakan denah peta manual untuk penanganan gangguan trafo sehingga masih membuat bingung petugas yang menangani gangguan trafo. Dalam penelitian ini akan dijelaskan bagaimana pemecahan masalah menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) berbasis Web GIS. Metode ini dipilih karena mampu memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah trafo terbaik berdasarkan kriteria – kriteria yang ditentukan. Hasil dari proses pengimplementasian metode TOPSIS ini berupa perankingan alternatif dari nilai yang terbesar ke nilai terkecil dan mendapatkan informasi lokasi trafo dengan teknologi Google Maps API.

References

Adiwisanghagni. 2015. Penggunaan metode topsis dalam rancangan sistem penunjang keputusan untuk menentukan lokasi usaha baru ( Studi Kasus : Arena Disc Yogyakarta ). STMIK AMIKOM Yogyakarta. 6–8.
Wijayanti, A., Iqbal, M., & Firdaus, B. 2017. Sistem Monitoring Perbaikan dan Perawatan Fasilitas PT . PLN Di Kabupaten Tuban. Jurnal Inovtek Polbeng. Vol.2 No. 1: 1-7.
Ferdiansyah, N., & Bachri, O. S. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Perbaikan Jalan Di Dinas Marga Kabupaten Cirebon Dengan Metode TOPSIS.
Arifia, A., Suryanto, A.A., & Prastyo H. 2017. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Perbaikan Trafo Listrik menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Inovtek Polbeng. Vol.2 No. 1: 1-9.
S. Sabari, “Pemeliharaan Transformator 60 MVA di Gardu Induk 150 KV Kebasen”, Power Elektronik, vol.4., no.1, 2015.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Dinna Wahyu Aliefyana, Imron Rosyidi, & Amaludin Arifia. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS PERBAIKAN TRAFO LISTRIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS). Prosiding SNasPPM, 3(1), 466–470. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/158