ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP KEGIATAN PELATIHAN ISOLASI DNA DARI EKSTRAK BUAH PEPAYA DAN TOMAT
Keywords:
Minat Belajar, Isolasi DNA, Buah Pepaya, Buah TomatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa melalui kegiatan pelatihan isolasi DNA dari ekstrak buah Pepaya dan Tomat. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2022 di SMAN 5 Tuban. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI jurusan MIPA yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian menggunakan menggunakan angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 100% siswa belum pernah melakukan praktikum isolasi DNA, 100% perhatian siswa terpusat pada materi yang dipelajari, 96% anak tertarik untuk mempelajari teknik isolasi DNA. Setelah adanya pelatihan sebesar 95% siswa mendapatkan pengetahuan baru dan sebesar 98% siswa termotivasi untuk melakukan praktikum isolasi DNA dari buah yang berbeda.
References
Departemen Pendidikan Nasional .2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Olivia, F. 2011. Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Achru P., Andi. 2019. Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, Vol. III, No. 2, Desember 2019
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurhasanah, S. & Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 128-135
Hamalik, Oemar. 2010, Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. II; PT. Bumi Aksara.
Marleni, Lusi. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1, No. 1, Mei 2016, pp. 149-159.
Fuad, Z. A., & Zuraini. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa. ISSN 2355-0066.
Syardiansah. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan, VOL.5, NO.1, MEI 2016
Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Yanti,Y. A., Indrawati dan Refilda. 2013. Penentuan Kandungan Unsur Hara Mikro (Zn, Cu, dan Pb) didalam Kompos yang Dibuat dari Sampah Tanaman Pekarangan dan Aplikasinya pada Tanaman Tomat. Jurnal Kimia Unand. 2(1): 34-40.
Oktofani, L.A., Suwandi, J.F. 2019. Potensi Tanaman Pepaya (Carica papaya) sebagai Antihelmintik. MAJORITY. Vol. 8, No. 1,Maret 2019.
Reski, N. 2021.Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1 No.11 April 2021
Nasution, S. P. S., Tri, J., & Berti, Y. 2010. Efektivitas Pembelajaran berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Artikel. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Nursapikka, E., Daningsih, E., & Yokhebed. 2018. Penerapan Metode Praktikum Untuk Mengetahui Respons Siswa Pada Submateri Peran Tumbuhan Di Bidang Ekonomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Purwanto, Ngalim (2014), Psikologi Pendidikan, Cet. II; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yudianto, A. & Sispitasari, Y.E. 2016. Isolasi DNA dari Bercak Urine Manusia sebagai Bahan Alternatif Pemeriksaan Identifikasi Personal. Media Pharmaceutica Indonesiana. Vol. 1 No. 1. Juni 2016
Daeng, I.T., Mewengkang, N.,& Kalesaran, E.R. 2017. Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsat Manado. e-journal “Acta Diurna”. Vol VI, No 1, 15.
Hilmi, F. 2013. Analysis of Relationship Between Learning Achievement of Tafsir Al-Qur'an and Arabic Learning Interest. International Journal of Scientific & Technology Research, 2 (12), 336-337.