KELAYAKAN MEDIA PERMAINAN SI KABAT UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • LAILATUS SA ADAH Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • FIRDAUSI NUZULA APRILIYANA UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

Keywords:

kognitif, berpikir simbolik, media si kabat

Abstract

Pengembangan aspek kognitif dalam lingkup berpikir simbolik perlu di kenalkan pada anak usia dini, oleh sebab itu perlu adanya media dalam mengembangkannya. Pada kenyataan masih dijumpai lembaga PAUD yang mengalami masalah dalam ketersediaan media. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan produk serta menguji kelayakan produk itu sendiri, yaitu berupa media pembelajaran yang berkualitas dan layak digunakan untuk mengembangkan aspek kognitif dalam lingkup berpikir simbolik. Media yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media permainan “Si Kabat” untuk mengembangkan aspek kognitif dalam lingkup berpikir simbolik. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah Research and Development (RnD), yaitu pengembangan produk baru, berupa media permainan Si Kabat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket instrumen  validasi media serta materi oleh ahli terhadap media Si Kabat. Teknik untuk analisis dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan Si Kabat  memperoleh penilaian dari para ahli diantaranya ahli media memperoleh skor rata-rata 4,05 dengan persentase kevalidan 80% kategori “ sangat layak”, dan dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,64 dengan persentase kevalidan 73% kategori “layak”. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil validasi para ahli media menyatakan bahwa media permainan Si Kabat “ sangat layak” untuk digunakan dalam mengembangkan aspek kognitif dalam lingkup berpikir simbolik pada anak usia 4 – 5 tahun. Kemudian untuk ahli materi juga menyatakan bahwa permainan Si Kabat “ Layak” untuk digunakan dalam mengembangkan aspek kognitif dalam lingkup berpikir simbolik pada anak usia 4 – 5 tahun.

References

Ibrohim, “Pembelajaran Responsif Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini,” Al Aqidah (Jurnal Stud. Islam., vol. 1, no. 1, pp. 29–40, 2018.

Eka Sri Hendayani, “Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran PAU Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat,” J. Chem. Inf. Model., vol. 1, no. 9, pp. 92–104, 2012.

A. Y. Prasetiawan, “Perkembangan Golden Age Dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Terampil J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 100–114, 2019, doi: 10.24042/terampil.v6i1.3829.

“Kompendium PAUD - Google Books.” https://www.google.co.id/books/edition/Kompendium_PAUD/FBZNDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=paud&pg=PA174&printsec=frontcover (accessed May 25, 2022).

A. Saripudin, “Strategi Pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini,” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 3, no. 1, 2017.

N. Rosyada, “Tahap-Tahap Perkembangan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 8–9, 2017.

D. N. L. Laksana, M. Y. Jau, and M. R. Ngonu, “ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI,” ASPEK Perkemb. ANAK USIA DINI, p. 8, 2021.

N. Istiqomah and U. Sunan Kalijaga Yogyakarta, “KONSEP DASAR TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MENURUT JEAN PIAGET,” Khazanah Pendidik., vol. 15, no. 2, pp. 151–158, Mar. 2022, doi: 10.30595/JKP.V15I2.10974.

H. B. Niranjan Banik, Adam Koesoemadinata, Charles Wagner, Charles Inyang, “No Title Стационарная медицинская помощь (основы организации),” no. November, 2013, doi: 10.1190/segam2013-0137.1.

“Pengembangan Media Pembelajaran - Andrew Fernando Pakpahan, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Arin Tentrem Mawati, Elmor Benedict Wagiu, Janner Simarmata, Muhamad Zulfikar Mansyur, La Ili, Bonaraja Purba, Dina Chamidah, Fergie Joanda Kaunang, Jamaludin, Akbar Iskandar - Google Buku.” https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lZgQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA53&dq=pengembangan+media&ots=fak0g4QbKX&sig=yh1gbCJxxub9RAr9Ov96mqFDZPA&redir_esc=y#v=onepage&q=pengembangan media&f=false (accessed Aug. 01, 2022).

A. Bodedarsyah and R. Yulianti, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 2, no. 6, p. 354, 2019, doi: 10.22460/ceria.v2i6.p354-358.

Damayanti et.al, “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis,” Indones. J. Sci. Mat. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2018.

“Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D - Endang Widi Winarni - Google Buku.” https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Fx0mEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA152&dq=penelitian+r+and+d&ots=XRk4cA051M&sig=AHJJchLcVAO-4FxQSLVdFQp69h4&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian r and d&f=false (accessed Aug. 01, 2022).

H. R. Setiawan, A. J. Rakhmadi, and A. Y. Raisal, “PENGEMBANGAN MEDIA AJAR LUBANG HITAM MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE,” J. Kumparan Fis., vol. 4, no. 2, pp. 112–119, Sep. 2021, doi: 10.33369/JKF.4.2.112-119.

Sugiyono, Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D)., Cetakan ke. bandung: ALFABETA CV, 2018.

Tanjung and S. A. Nababan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh,” Genta Mulia, vol. 9, no. 2, pp. 56–70, 2018.

Z. Arista and I. S. Rakhma, “Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Multimedia pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD,” Proseding Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 631–633, 2020.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

LAILATUS SA ADAH, & APRILIYANA, F. N. (2022). KELAYAKAN MEDIA PERMAINAN SI KABAT UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF USIA 4-5 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 697–702. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1584