Pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz pada pembelajaran prakarya dan kewirausahaan
Sma Negri 1 paciran
Keywords:
Alat Evaluasi pembelajaran, Quizizz, Materi Memasarkan Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Hewani Secara LangsungAbstract
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI MEMASARKAN PRODUK USAHA PENGOLAHAN MAKANAN AWETAN DARI BAHAN PANGAN HEWANI SECARA LANGSUNG PADA KELAS X
DI SMAN 1 PACIRAN
Novia Hartini¹*, ²Candra Aeni
¹,²Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
¹Email: novia789x@gmail.com
²Email: candraunirow@gmail.com
Abstrak
Tahapan terpenting dari proses pembelajaran adalah evaluasi pembelajaran. Maka untuk itu diperlukan adanya pengembangan alat evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian dan kemampuan dari tujuan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan alat evaluasi dengan menggunakan aplikasi Quizizz, menganalisis kualitas alat evaluasi yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengunaan alat evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz. Untuk itu peneliti melakukan pengembangan alat evaluasi mengunakan aplikasi Quizizz Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D) yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan diuji keefektifannya. Untuk mendapatkan data mengunakan teknik pengumpulan data, wawancara, tes dan angket. Alat evaluasi yang sudah dibuat divalidasi oleh ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi. Untuk mengetahui kualitas alat evaluasi dianalisis mengunakan daya beda dan tingkat kesulitan. Sementara angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap evaluasi mengunakan aplikasi quizizz Model yang digunakan peneliti diatara yang lain yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, revisi produk, uji coba produk, implementasi. Hasil validasi dari ketiga ahli yaitu ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli praktisi. Dari validasi ahli evaluasi berdasarkan kelayakan penggunaan alat mendapatkan Hasil validasi dari ketiga ahli yaitu ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli praktisi. Dari validasi ahli evaluasi berdasarkan kelayakan penggunaan alat mendapatkan 0,90% yang berarti sangat valid namun masih memerlukan perbaikan dibeberapa sesuai dengan saran yang diberikan oleh ahli evaluasi. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 0,80% dengan kategori sangat valid namun masih perlu perbaikan dibeberapa bagian sesuai dengan saran yang telah diberikan oleh ahli materi. Hasil validasi ahli praktisi mendapatkan skor 0,90% dengan kategori sangat valid di ujicobakan ke siswa. Hasil dari reliabilitas anter rater 3 oleh para ahli validator mendapatkan skor yakni 0.63 yang berarti Tinggi dan bisa diimplemantasikan ke siswa.
Kata Kunci: Alat Evaluasi pembelajaran, Quizizz, Materi Memasarkan Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Hewani Secara Langsung
PENDAHULUAN
Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyebutkan bahwa pendidik nasional berfungsi sebagai mengemban kemampuan dan membentuk watak serta pendapat bangsa yang bermantabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidik bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Keberhasilan pendidikan dapat diukur dengan penilaian hasil belajar atau evaluasi. Menurut Hamlik (2014:159), evaluasi hasil belajar adalah keseluruhan kegiatan pengukuran (pengumpulan data dan informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapan.
Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menentukan tingkat keberhasilan suatu program, termasuk program pendidikan dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang relevan secara komprehensif dan berkelanjutan tentang proses dan hasil belajar yang telah dicapai siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar megajar berlangsung proses pembelajaran, pinilaian, dan evaluasi. Evaluasi diperlukan guna melihat sejauh mana keberhasilan guru dalam memberikan materi serta sajauh mana siswa memahami materi yang telah diberikan.
Sering dengan perkembangan, dunia pendidikan selalu akan mengalami perubahan secara tidak langsung dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dalam pembelajaran, peran teknologi dipastikan membawa perubahan pada bidang pendidikan khususnya pembelajaran. Menanggai era teknologi saat ini, pendidikan harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan dapat merubah alat evaluasi manual menjadi alat evaluasi berbasis teknologi. alat evaluasi teknologi yang mempermudah peserta didik dan guru dalam melasanakan pembelajaran. Berdasarkan uraian diatas guru dituntut untuk lebih kreatif dalam managgapi perubahan pada saat ini. Pada pengembangan kali ini penulis akan mengembangkan alat evaluasi dengan mengunakan aplikasi quizizz yang berbasis teknologi. Alat yang mepermudahkan tenaga pendidik dalam mengetahui hasil belajar siswa tanpa harus mencocokan satu persatu jawaban serta mempermudah peserta didik untuk menjawab berbagai soal tanpa menulis harus menulis jawaban dikertas.
Alat evaluasi dengan berbasis teknologi lebih efektif dibadingkan dengan alat evaluasi dengan menggunakan kertas (konvensional), karena dalam tahap pengkoreksian evaluasi berbasis kertas akan memakan waktu yang tidak singkat. Guru harus mengkoreksi satu persatu. Jika jawaban yang dikoreksi banyak dan guru tidak teliti (human eror) akan menimbulkan hasil evaluasi tidak akurat.
Berdasarkan data hasil observasi awal yang sudah dilakukan selama kegiatan PKL yang telah dilakukan di SMAN 1 Paciran dengan objek penelitian pada siswa kelas X MIPA 1, diketahui bahwa alat evaluasi yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ketika pelaksanaan penilaian harian (PH) masih bersifat konvensional (menggunakan kertas) dengan soal berbentuk pilihan ganda, Selain itu guru juga kurang memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di dalam kelas selama proses pembelajaran dan evaluasi. Oleh karena itu, selama proses evaluasi dilakukan banyak siswa yang merasa kurang tertarik, bosan, ramai sendiri dan kurang termotivasi.
METODE PENELITIAN
Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Lokasi penelitian di SMA Negri 1 Paciran. Uji coba dilakukan di kelas X Mipa 1 berjumlah 37 siswa.
Prosedur pengembangan yang akan ditempuh sesuai dengan alur kerja pada metode penelitian dan pengembangan Menurut (Sugiyono, 2009). Yaitu sebagai berikut: Tahap penelitian dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, revisi produk, uji coba produk, Implementasi.
Evaluasi yang dilakukan yaitu melalui tahap 3 validasi yang terdiri dari ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi.
Uji coba dilakukan pada kelas X di Sma Negri 1 Paciran, uji coba yang dilakukan peneliti dengan cara peneliti mengerahkan peserta didik untuk join dan masuk ke dalam aplikasi quizizz sebagai for student dan langkah berikutnya peserta didik mengisi nama lengkap dan memasukan kode yang di berikan. Kemudian hasil evaluasi yang telah dilakukan akan di uji validitas soal, Uji reliabilitas, Uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda soal.
Sebelumnya peneliti melakukan validitas kepada ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi. Skor yang diberikan pada penelitian ini terdiri dari skala 1 sampai 5 yaitu 1.Sangat buruk, 2. Buruk, 3. Sedang, 4. Baik, 5. Sangat baik.
Tabel 1 Kriteria Kevalidan
Kriteria
Skor yang diperoleh
Sangat Buruk
1
Buruk
2
Sedang
3
Baik
4
Sangat Baik
5
Tabel 2 Presentase hasil respon siswa
Kriteria
Skor yang diperoleh
Sangat tidak baik
0%-20%
Kurang baik
20%-40%
Cukup baik
40%-60%
Baik
60%-80%
Sangat baik
80%-100%
Selanjutnya peneliti melihat respon peserta didik terhadap evaluasi yang diberikan melalui aplikasi quizizz. Adapun hasil respon siswa seperti pada tabel berikut ini:
Adapun selanjutnya data yang dicari adalah data kevalidan butir soal, dengan megacu pada kriteria validitas yang mengacu pada tabel
Tabel 3 koefisien validitas butir soal
Presentase
Kriteria
0 – 20
Tidak Valid
21 – 40
Kurang Valid
41- 60
Cukup Valid
61 – 80
Valid
81- 100
Sangat Valid
Dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Keterangan:
rxy = Koefisiensi korelasi antar variabel x dan variabel y
Y N = Jumlah responden
= Jumlah skor item yang benar
∑y = Jumlah skor total
∑ = Jumlah kuadrat skor item yang benar
∑y² = Jumlah kuadrat skor total
Data selanjutny yang dicari yaitu reliabilitas butir soal yang dimana ditung menggunakan rumus Cronbach Alpa >0,7 dapat dikatakan reliabel dengan rumus sebagai berikut:
Keterangan:
= Reliabilitas instrumen
∑ = jumlah varian butir
T = varian total
K = banyaknya butir pertanyaan atau banyak soal
Selanjutnya menghitung tingkat kesukaran soal yang mengacu pada tabel berikut:
Tabel 4 Indeks Tingkat kesukaran
Interval Koefisien
Kategori
0,00-0,30
Sukar
0,31-0,70
Sedang
0,71-1,00
Mudah
Tingkat kesukaran dapat dilakukan dengan menggunakan rumus dari (Arikunto,2009, hlm,208)
Keterangan :
P = Indeks tingkat kesukaran
B = Banyak siswa yang menjawab soal dengan benar
JS = jumlah seluruh siswa peserta didik
Selanjutnya menghitung daya beda soal yang mengacu pada tabel dibawah ini:
Tabel 5 Klasifikasi daya beda
Daya Pembeda
Kualifikasi
0,00-0,19
Jelek
0,20-0,39
Cukup
0,40-0,69
Baik
0,70-1,00
Baik sekali
Uji daya pembeda soal dapat dilakukan dengan rumus dari ( Sumber: Arikunto, 2009: 218)
Keterangan:
DP = Indeks daya pembeda
BA = Banyak peserta tes kelompok atas yang menjawab soal dengan benar
BB = Banyak peserta tes kelompok bawah yang menjawab soal dengan benar
JA = Banyak peserta tes kelompok atas
JB = Banyak peserta tes kelompok bawah
HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Hasil Analisis Validasi dari Ahli Evaluasi
Berdasarkan hasil validasi dari ahli evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz mendapatkan sokr nilai 90% dimana produk yang dikembangkan dinyatakan Sangat Validan layak untuk digunakan. Adapun komentar dan saran dari ahli evaluasi adalah “ arternatif jawaban kurang sesuai”
2. Hasil Analisis Ahli Materi
Berdasarkan analisis validasi dari ahli materi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz mendapatkan skor nilai 85% dimana bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan Sangat valid dan layak digunakan. Adapun komentar dan saran dari ahli materi adalah “terdapat beberapa kunci yang kurang tepat dan banyak pengetikan yang kurang teliti dan belum sesuai"
3. Hasil Analisis Praktisi
Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh oleh dari praktisi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz mendapat skor nilai 88 % dimana produk yang kembangkan di nyatakan sangat valid untuk digunakan. Adapun komentar dan saran yang diberikan oleh praktisi ”sudah sesuai dengan materi dan lyak untuk digunakan”
4. Hasil Analisis Validitas Butir Soal
Setelah dilakukan analisis terhadap validitas butir soal maka hasil analisis yang didapat dengan masing-masing kategori tingkat kesukaran yaitu:
No soal
Tingkat Validitas
Keterangan
1
0,606
Tinggi
2
0,655
Tinggi
3
0,674
Tinggi
4
0,674
Tinggi
5
0,667
Tinggi
6
0,674
Tinggi
7
0,664
Tinggi
8
0,628
Tinggi
9
0,660
Tinggi
10
0,735
Tinggi
11
0,754
Tinggi
12
0,713
Tinggi
13
0,689
Tinggi
14
0,726
Tinggi
15
0,675
Tinggi
16
0,676
Tinggi
17
0,762
Tinggi
18
0,795
Tinggi
19
0,667
Tinggi
20
0,743
Tinggi
21
0,706
Tinggi
22
0,727
Tinggi
23
0,770
Tinggi
24
0,738
Tinggi
25
0,732
Tinggi
Keterangan:
Sangat tinggi: 0 Tinggi: 25 Cukup: 0 Rendah: 0 Sangat Rendah: 0
5. Hasil Analisis Tingkat Reliabilitas
Berdasarkan perhitungan reliabilitas soal dari pengolahan data yang dibuat mendapat hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,95. Sehingga evaluasi terdiri 25 soal didapat kesimpulan bahwa instrumen tes tersebut reliabel dengandan 0,32 karena >.
6. Hasil Analisis Tingkat Kesukaran
Setelah dilakukan analisis tingkat kesukaran soal maka hasil analisis yang didapat dengan masing-masing kategori tingkat kesukaran yitu sebagai berikut:
No soal
Tingkat kesukaran
Keterangan
1
0,54
Sedang
2
0,49
Sedang
3
0,62
Sedang
4
0,51
Sedang
5
0,68
Sedang
6
0,51
Sedang
7
0,73
Mudah
8
0,59
Sedang
9
0,65
Sedang
10
0,65
Sedang
11
0,68
Sedang
12
0,62
Sedang
13
0,57
Sedang
14
0,59
Sedang
`15
0,54
Sedang
16
0,62
Sedang
17
0,68
Sedang
18
0,62
Sedang
19
0,70
Sedang
20
0,70
Sedang
21
0,62
Sedang
22
0,57
Sedang
23
0,59
Sedang
24
0,51
Sedang
25
0,59
Sedang
Keterangan:
Sukar: 0 sedang: 24 mudah: 1
7. Hasil Analisis Daya beda
Setelah dilakukan analisis daya beda soal maka hasil analisis yang didapat dengan masing-masing kategori tingkat kesukaran yitu sebagai berikut:
No Soal
Daya Beda
Keterangan
1
0,55
Baik
2
0,61
Baik
3
0,63
Baik
4
0,63
Baik
5
0,63
Baik
6
0,63
Baik
7
0,60
Baik
8
0,57
Baik
9
0,61
Baik
10
0,70
Baik sekali
11
0,72
Baik sekali
12
0,67
Baik
13
0,64
Baik
14
0,68
Baik
15
0,63
Baik
16
0,71
Baik sekali
17
0,76
Baik sekali
18
0,62
Baik
19
0,71
Baik sekali
20
0,59
Baik
21
0,67
Baik
22
0,69
Baik
23
0,73
Baik sekali
24
0,69
Baik
25
0,57
Baik
Keterangan:
Jelek: 0 Cukup: 0 Baik: 19 Baik sekali: 6
8. Hasil Analisis Angket Respon Siswa
Setelah melakukan kegiatan evaluasi yang telah diberikan pada peserta didik langkah selanjutnya yaitu menganalisis hasil respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran, peneliti mendapatkan hasil respon peserta didik sebanyak 78,70 yang artinya dikategorikan “Baik”
KESIMPULAN
Produk hasil penelitian dan pengembangan yang telah divalidasi dan revisi menghasilkan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.
Produk alat evaluasi pembelajaran ini menggunakan aplikasi quizizz ini sudah melalui tahahapan validasi dari ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi, serta didukug olrh respon peserta didik X Sma Negri 1 paciran. Adanya tahapan memberikan masukan dan perbaikan produk yang telah dikembangkan.
Produk alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz diharapkan tidak terbatas pada siswa kelas X saja, namun diterapakan di kelas XI, XII di Sma Negri 1 Paciran .
References
Novina, A., Gusmaweti, G., & Syafni, G. S. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS P ENDEKAT AN P ROBL EM BAS EDL EA RNI NG (PB L) UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).
Asriyah, D. N. A. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Biologi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Narassati, N. A., Saleh, R., & Arthur, R. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 169-180.
Narassati, Ninda Ayu, Rosmawita Saleh, and Riyan Arthur. "Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh." Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 3.2 (2021): 169-180.
Hawari, A. (2020). Pengembangan Konsep Pendidikan Karakter: Dede Darisman. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 1(1).
Fitriyah, J., Cahyani, R. Y. D., & Sn, F. M. S. S. M. (2021). PROSES PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA PRA REMAJA MELALUI PEMBUATAN LAGU TATA SURYA PADA ALBUM KEDUA DI RUMAH BINTANG. Jintan Fitriyah: 15.6040029 (Doctoral dissertation, Seni Musik).
Sururuddin, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPs) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Kelayu Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Educatio, 10(1), 118-130.
Sonia, R. (2021). Teknik Ikat Celup Pembelajaran Batik di SLB Negeri 1 Bukittinggi (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Padangpanjang).
Santu, Y. (2020). PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI WHATSAPP GROUP PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 SIDOARJO (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sidoarjo).
Narassati, Ninda Ayu, Rosmawita Saleh, and Riyan Arthur. "Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh." Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 3.2 (2021): 169-180.
Rovita, C. A. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Menggunakan Ispring Suite 9 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
Fitrianingsih, F. (2021). Problematika pelaksanaan evaluasi hasil belajar PAI dan budi pekerti melalui daring di SMP Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Afifah, W. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Berlevel HOTS Menggunakan Ispring Suite 9 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
FATMALASARI, D. A. (2021). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 BLITAR.
Rofi, F. N. A. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Pokok Bahasan Segiempat di Kelas VII A SMP Darul Hikmah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER).