Pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz pada pembelajaran prakarya dan kewirausahaan

Sma Negri 1 paciran

Authors

  • Novia Hartini Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Candra Aeni Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ridaul Innayah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Alat Evaluasi pembelajaran, Quizizz, Materi Memasarkan Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Hewani Secara Langsung

Abstract

PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI MEMASARKAN PRODUK USAHA PENGOLAHAN MAKANAN AWETAN DARI BAHAN PANGAN HEWANI SECARA LANGSUNG PADA KELAS X 

DI SMAN 1 PACIRAN 

 

 

Novia Hartini¹*, ²Candra Aeni

¹,²Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban 

¹Email: novia789x@gmail.com

²Email: candraunirow@gmail.com

 

Abstrak 

 

 Tahapan terpenting dari proses pembelajaran adalah evaluasi pembelajaran. Maka untuk itu diperlukan adanya pengembangan alat evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian dan kemampuan dari tujuan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan alat evaluasi dengan menggunakan aplikasi Quizizz, menganalisis kualitas alat evaluasi yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengunaan alat evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz. Untuk itu peneliti melakukan pengembangan alat evaluasi mengunakan aplikasi Quizizz Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D) yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan diuji keefektifannya. Untuk mendapatkan data mengunakan teknik pengumpulan data, wawancara, tes dan angket. Alat evaluasi yang sudah dibuat divalidasi oleh ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi. Untuk mengetahui kualitas alat evaluasi dianalisis mengunakan daya beda dan tingkat kesulitan. Sementara angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap evaluasi mengunakan aplikasi quizizz Model yang digunakan peneliti diatara yang lain yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, revisi produk, uji coba produk, implementasi. Hasil validasi dari ketiga ahli yaitu ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli praktisi. Dari validasi ahli evaluasi berdasarkan kelayakan penggunaan alat mendapatkan Hasil validasi dari ketiga ahli yaitu ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli praktisi. Dari validasi ahli evaluasi berdasarkan kelayakan penggunaan alat mendapatkan 0,90% yang berarti sangat valid namun masih memerlukan perbaikan dibeberapa sesuai dengan saran yang diberikan oleh ahli evaluasi. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 0,80% dengan kategori sangat valid namun masih perlu perbaikan dibeberapa bagian sesuai dengan saran yang telah diberikan oleh ahli materi. Hasil validasi ahli praktisi mendapatkan skor 0,90% dengan kategori sangat valid di ujicobakan ke siswa. Hasil dari reliabilitas anter rater 3 oleh para ahli validator mendapatkan skor yakni 0.63 yang berarti Tinggi dan bisa diimplemantasikan ke siswa.

 

Kata Kunci: Alat Evaluasi pembelajaran, Quizizz, Materi Memasarkan Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Hewani Secara Langsung

 

 

 

PENDAHULUAN

 

Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyebutkan bahwa pendidik nasional berfungsi sebagai mengemban kemampuan dan membentuk watak serta pendapat bangsa yang bermantabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidik bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Keberhasilan pendidikan dapat diukur dengan penilaian hasil belajar atau evaluasi. Menurut Hamlik (2014:159), evaluasi hasil belajar adalah keseluruhan kegiatan pengukuran (pengumpulan data dan informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapan.

Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menentukan tingkat keberhasilan suatu program, termasuk program pendidikan dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang relevan secara komprehensif dan berkelanjutan tentang proses dan hasil belajar yang telah dicapai siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar megajar berlangsung proses pembelajaran, pinilaian, dan evaluasi. Evaluasi diperlukan guna melihat sejauh mana keberhasilan guru dalam memberikan materi serta sajauh mana siswa memahami materi yang telah diberikan.

Sering dengan perkembangan, dunia pendidikan selalu akan mengalami perubahan secara tidak langsung dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dalam pembelajaran, peran teknologi dipastikan membawa perubahan pada bidang pendidikan khususnya pembelajaran. Menanggai era teknologi saat ini, pendidikan harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan dapat merubah alat evaluasi manual menjadi alat evaluasi berbasis teknologi. alat evaluasi teknologi yang mempermudah peserta didik dan guru dalam melasanakan pembelajaran. Berdasarkan uraian diatas guru dituntut untuk lebih kreatif dalam managgapi perubahan pada saat ini. Pada pengembangan kali ini penulis akan mengembangkan alat evaluasi dengan mengunakan aplikasi quizizz yang berbasis teknologi. Alat yang mepermudahkan tenaga pendidik dalam mengetahui hasil belajar siswa tanpa harus mencocokan satu persatu jawaban serta mempermudah peserta didik untuk menjawab berbagai soal tanpa menulis harus menulis jawaban dikertas.

Alat evaluasi dengan berbasis teknologi lebih efektif dibadingkan dengan alat evaluasi dengan menggunakan kertas (konvensional), karena dalam tahap pengkoreksian evaluasi berbasis kertas akan memakan waktu yang tidak singkat. Guru harus mengkoreksi satu persatu. Jika jawaban yang dikoreksi banyak dan guru tidak teliti (human eror) akan menimbulkan hasil evaluasi tidak akurat.

Berdasarkan data hasil observasi awal yang sudah dilakukan selama kegiatan PKL yang telah dilakukan di SMAN 1 Paciran dengan objek penelitian pada siswa kelas X MIPA 1, diketahui bahwa alat evaluasi yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ketika pelaksanaan penilaian harian (PH) masih bersifat konvensional (menggunakan kertas) dengan soal berbentuk pilihan ganda, Selain itu guru juga kurang memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di dalam kelas selama proses pembelajaran dan evaluasi. Oleh karena itu, selama proses evaluasi dilakukan banyak siswa yang merasa kurang tertarik, bosan, ramai sendiri dan kurang termotivasi. 

 

METODE PENELITIAN

Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Lokasi penelitian di SMA Negri 1 Paciran. Uji coba dilakukan di kelas X Mipa 1 berjumlah 37 siswa.

Prosedur pengembangan yang akan ditempuh sesuai dengan alur kerja pada metode penelitian dan pengembangan Menurut (Sugiyono, 2009). Yaitu sebagai berikut: Tahap penelitian dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, revisi produk, uji coba produk, Implementasi.

Evaluasi yang dilakukan yaitu melalui tahap 3 validasi yang terdiri dari ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi.

Uji coba dilakukan pada kelas X di Sma Negri 1 Paciran, uji coba yang dilakukan peneliti dengan cara peneliti mengerahkan peserta didik untuk join dan masuk ke dalam aplikasi quizizz sebagai for student dan langkah berikutnya peserta didik mengisi nama lengkap dan memasukan kode yang di berikan. Kemudian hasil evaluasi yang telah dilakukan akan di uji validitas soal, Uji reliabilitas, Uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda soal.

Sebelumnya peneliti melakukan validitas kepada ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi. Skor yang diberikan pada penelitian ini terdiri dari skala 1 sampai 5 yaitu 1.Sangat buruk, 2. Buruk, 3. Sedang, 4. Baik, 5. Sangat baik. 

Tabel 1 Kriteria Kevalidan

Kriteria

Skor yang diperoleh

 

Sangat Buruk

1

 

Buruk

2

 

Sedang 

3

 

Baik

4

 

Sangat Baik

5

 

 

Tabel 2 Presentase hasil respon siswa

Kriteria

Skor yang diperoleh

 

Sangat tidak baik

0%-20%

 

Kurang baik

20%-40%

 

Cukup baik

40%-60%

 

Baik

60%-80%

 

Sangat baik

80%-100%

 

 

Selanjutnya peneliti melihat respon peserta didik terhadap evaluasi yang diberikan melalui aplikasi quizizz. Adapun hasil respon siswa seperti pada tabel berikut ini:

 

Adapun selanjutnya data yang dicari adalah data kevalidan butir soal, dengan megacu pada kriteria validitas yang mengacu pada tabel 

Tabel 3 koefisien validitas butir soal

Presentase

Kriteria

 

0 – 20

Tidak Valid

 

21 – 40

Kurang Valid

 

41- 60

Cukup Valid

 

61 – 80

Valid

 

81- 100

Sangat Valid

 

 

Dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

 

Keterangan: 

rxy = Koefisiensi korelasi antar variabel x dan variabel y

Y N = Jumlah responden

  = Jumlah skor item yang benar

∑y = Jumlah skor total 

∑ = Jumlah kuadrat skor item yang benar

∑y² = Jumlah kuadrat skor total

Data selanjutny yang dicari yaitu reliabilitas butir soal yang dimana ditung menggunakan rumus Cronbach Alpa >0,7 dapat dikatakan reliabel dengan rumus sebagai berikut:

 

Keterangan:

 = Reliabilitas instrumen 

∑ = jumlah varian butir

T = varian total

K = banyaknya butir pertanyaan atau banyak soal

Selanjutnya menghitung tingkat kesukaran soal yang mengacu pada tabel berikut: 

 

 

 

 

 

Tabel 4 Indeks Tingkat kesukaran

Interval Koefisien

Kategori

 

0,00-0,30

Sukar

 

0,31-0,70

Sedang

 

0,71-1,00

Mudah

 

 

 

 

Tingkat kesukaran dapat dilakukan dengan menggunakan rumus dari (Arikunto,2009, hlm,208) 

 

Keterangan : 

P = Indeks tingkat kesukaran 

B = Banyak siswa yang menjawab soal dengan benar

JS = jumlah seluruh siswa peserta didik

Selanjutnya menghitung daya beda soal yang mengacu pada tabel dibawah ini: 

 

Tabel 5 Klasifikasi daya beda

Daya Pembeda 

Kualifikasi

 

0,00-0,19

Jelek

 

0,20-0,39

Cukup

 

0,40-0,69

Baik

 

0,70-1,00

Baik sekali

 

 

Uji daya pembeda soal dapat dilakukan dengan rumus dari ( Sumber: Arikunto, 2009: 218)

 

Keterangan:

DP = Indeks daya pembeda

BA = Banyak peserta tes kelompok atas yang menjawab soal dengan benar

BB = Banyak peserta tes kelompok bawah yang menjawab soal dengan benar

JA = Banyak peserta tes kelompok atas

JB = Banyak peserta tes kelompok bawah

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

 1. Hasil Analisis Validasi dari Ahli Evaluasi 

Berdasarkan hasil validasi dari ahli evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz mendapatkan sokr nilai 90% dimana produk yang dikembangkan dinyatakan Sangat Validan layak untuk digunakan. Adapun komentar dan saran dari ahli evaluasi adalah “ arternatif jawaban kurang sesuai”

2. Hasil Analisis Ahli Materi 

Berdasarkan analisis validasi dari ahli materi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz mendapatkan skor nilai 85% dimana bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan Sangat valid dan layak digunakan. Adapun komentar dan saran dari ahli materi adalah “terdapat beberapa kunci yang kurang tepat dan banyak pengetikan yang kurang teliti dan belum sesuai"

3. Hasil Analisis Praktisi 

Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh oleh dari praktisi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz mendapat skor nilai 88 % dimana produk yang kembangkan di nyatakan sangat valid untuk digunakan. Adapun komentar dan saran yang diberikan oleh praktisi ”sudah sesuai dengan materi dan lyak untuk digunakan”

4. Hasil Analisis Validitas Butir Soal 

Setelah dilakukan analisis terhadap validitas butir soal maka hasil analisis yang didapat dengan masing-masing kategori tingkat kesukaran yaitu: 

No soal

Tingkat Validitas 

Keterangan

 

1

0,606

Tinggi

 

2

0,655

Tinggi 

 

3

0,674

Tinggi  

 

4

0,674

Tinggi

 

5

0,667

Tinggi

 

6

0,674

Tinggi

 

7

0,664

Tinggi

 

8

0,628

Tinggi

 

9

0,660

Tinggi

 

10

0,735

Tinggi

 

11

0,754

Tinggi

 

12

0,713

Tinggi

 

13

0,689

Tinggi

 

14

0,726

Tinggi

 

15

0,675

Tinggi

 

16

0,676

Tinggi

 

17

0,762

Tinggi

 

18

0,795

Tinggi

 

19

0,667

Tinggi

 

20

0,743

Tinggi

 

21

0,706

Tinggi

 

22

0,727

Tinggi

 

23

0,770

Tinggi

 

24

0,738

Tinggi

 

25

0,732

Tinggi

 

 

Keterangan: 

Sangat tinggi: 0 Tinggi: 25 Cukup: 0 Rendah: 0 Sangat Rendah: 0

5. Hasil Analisis Tingkat Reliabilitas 

Berdasarkan perhitungan reliabilitas soal dari pengolahan data yang dibuat mendapat hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,95. Sehingga evaluasi terdiri 25 soal didapat kesimpulan bahwa instrumen tes tersebut reliabel dengandan 0,32 karena >.

6. Hasil Analisis Tingkat Kesukaran 

Setelah dilakukan analisis tingkat kesukaran soal maka hasil analisis yang didapat dengan masing-masing kategori tingkat kesukaran yitu sebagai berikut:

No soal

Tingkat kesukaran

Keterangan

 

1

0,54

Sedang 

 

2

0,49

Sedang

 

3

0,62

Sedang

 

4

0,51

Sedang

 

5

0,68

Sedang

 

6

0,51

Sedang

 

7

0,73

Mudah 

 

8

0,59

Sedang

 

9

0,65

Sedang

 

10

0,65

Sedang

 

11

0,68

Sedang

 

12

0,62

Sedang

 

13

0,57

Sedang

 

14

0,59

Sedang

 

`15

0,54

Sedang

 

16

0,62

Sedang

 

17

0,68

Sedang

 

18

0,62

Sedang

 

19

0,70

Sedang

 

20

0,70

Sedang

 

21

0,62

Sedang

 

22

0,57

Sedang

 

23

0,59

Sedang

 

24

0,51

Sedang

 

25

0,59

Sedang

 

 

Keterangan: 

Sukar: 0 sedang: 24 mudah: 1 

7. Hasil Analisis Daya beda 

Setelah dilakukan analisis daya beda soal maka hasil analisis yang didapat dengan masing-masing kategori tingkat kesukaran yitu sebagai berikut:

No Soal

Daya Beda

Keterangan

 

1

0,55

Baik

 

2

0,61

Baik

 

3

0,63

Baik

 

4

0,63

Baik

 

5

0,63

Baik

 

6

0,63

Baik

 

7

0,60

Baik

 

8

0,57

Baik

 

9

0,61

Baik

 

10

0,70

Baik sekali

 

11

0,72

Baik sekali

 

12

0,67

Baik

 

13

0,64

Baik

 

14

0,68

Baik

 

15

0,63

Baik

 

16

0,71

Baik sekali

 

17

0,76

Baik sekali

 

18

0,62

Baik

 

19

0,71

Baik sekali

 

20

0,59

Baik

 

21

0,67

Baik

 

22

0,69

Baik

 

23

0,73

Baik sekali

 

24

0,69

Baik

 

25

0,57

Baik 

 

 

Keterangan: 

Jelek: 0 Cukup: 0 Baik: 19 Baik sekali: 6

8. Hasil Analisis Angket Respon Siswa 

Setelah melakukan kegiatan evaluasi yang telah diberikan pada peserta didik langkah selanjutnya yaitu menganalisis hasil respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran, peneliti mendapatkan hasil respon peserta didik sebanyak 78,70 yang artinya dikategorikan “Baik” 

KESIMPULAN 

Produk hasil penelitian dan pengembangan yang telah divalidasi dan revisi menghasilkan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 

Produk alat evaluasi pembelajaran ini menggunakan aplikasi quizizz ini sudah melalui tahahapan validasi dari ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi, serta didukug olrh respon peserta didik X Sma Negri 1 paciran. Adanya tahapan memberikan masukan dan perbaikan produk yang telah dikembangkan.

Produk alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz diharapkan tidak terbatas pada siswa kelas X saja, namun diterapakan di kelas XI, XII di Sma Negri 1 Paciran .

References

Novina, A., Gusmaweti, G., & Syafni, G. S. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS P ENDEKAT AN P ROBL EM BAS EDL EA RNI NG (PB L) UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).

Asriyah, D. N. A. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Biologi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Narassati, N. A., Saleh, R., & Arthur, R. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 169-180.

Narassati, Ninda Ayu, Rosmawita Saleh, and Riyan Arthur. "Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh." Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 3.2 (2021): 169-180.

Hawari, A. (2020). Pengembangan Konsep Pendidikan Karakter: Dede Darisman. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 1(1).

Fitriyah, J., Cahyani, R. Y. D., & Sn, F. M. S. S. M. (2021). PROSES PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA PRA REMAJA MELALUI PEMBUATAN LAGU TATA SURYA PADA ALBUM KEDUA DI RUMAH BINTANG. Jintan Fitriyah: 15.6040029 (Doctoral dissertation, Seni Musik).

Sururuddin, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPs) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Kelayu Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Educatio, 10(1), 118-130.

Sonia, R. (2021). Teknik Ikat Celup Pembelajaran Batik di SLB Negeri 1 Bukittinggi (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Padangpanjang).

Santu, Y. (2020). PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI WHATSAPP GROUP PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 SIDOARJO (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sidoarjo).

Narassati, Ninda Ayu, Rosmawita Saleh, and Riyan Arthur. "Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh." Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 3.2 (2021): 169-180.

Rovita, C. A. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Menggunakan Ispring Suite 9 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Fitrianingsih, F. (2021). Problematika pelaksanaan evaluasi hasil belajar PAI dan budi pekerti melalui daring di SMP Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Afifah, W. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Berlevel HOTS Menggunakan Ispring Suite 9 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

FATMALASARI, D. A. (2021). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 BLITAR.

Rofi, F. N. A. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Pokok Bahasan Segiempat di Kelas VII A SMP Darul Hikmah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER).

Additional Files

Published

2023-01-29

How to Cite

Hartini, N., Aeni, C., & Innayah , R. (2023). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz pada pembelajaran prakarya dan kewirausahaan : Sma Negri 1 paciran. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1346–1349. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1586