OPTIMASI WAKTU PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM)/PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) DAN SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus Cv. Granada Property)

Authors

  • Siti Rodlotul Jannah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lilik Muzdalifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Eriska Fitri Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Penjadwalan Proyek, Simulasi Monte Carlo, Metode CPM/PERT

Abstract

CV. Granada Properti merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang General Contractor. Selama ini, perusahaan dalam menentukan penjadwalan proyek hanya berpedoman pada perencanaan yang telah disusun berdasarkan urutan-urutan kegiatan yang dibuat berdasarkan pengalaman, sehingga dalam penyusunannya perusahaan mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala yang dialami dalam pelaksanaan proyek perusahaan yaitu adanya ketidaksesuaian antara jadwal rencana pelaksanaan proyek dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga terjadi keterlambatan dan waktu yang dibutuhkan tidak sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang tepat untuk mengoptimalkan waktu penjadwalan proyek. Untuk menghitung penjadwalan proyek dengan waktu yang diinginkan, dapat digunakan metode CPM/PERT dan simulasi Monte Carlo. Hasil dari perhitungan menggunakan metode CPM/PERT probabilitas keberhasilan pengerjaan proyek dengan waktu 169 hari adalah 99,74% sedangkan menggunakan simulasi Monte Carlo probabilitas keberhasilannya 97,5%. Akan tetapi simulasi monte carlo lebih efisien karena seorang kontraktor dapat melihat beberapa kemungkinan waktu yang diinginkan beserta probabilitas keberhasilan dari masing-masing waktu tersebut. Optimasi penjadwalan proyek dari target 180 hari menjadi 169 hari dapat menghemat waktu 11 hari dan biaya Rp 2.581.942.

References

Arifin, A. Z., & Subchan, S. (2017). Navigasi dan Kendali pada Pesawat Udara Nir Awak (Puna) untuk Menghindari Halangan. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 14(1), 73-87.

Arifin, A. Z. (2019). Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban. Prosiding SNasPPM, 4(1), 281-283.

Arifin, A. Z. (2017). Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Singular-Bang Control. Zeta-Math Journal, 3(1), 1-9.

Arifin, A. Z. (2017). Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter. Technology Science and Engineering Journal, 1(2).

Ganame, P. & Chaudhari, P. 2015. Construction Building Schedule Risk Analysis Using Monte Carlo Simulation. International Research Journal of Engineering and Technologi. Vol.02, No.4, Hal.1402-1406.

Heizer, J. & Render, B. 2009. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Fembrianto, S. 2017. Optimalisasi Penjadwalan Proyek Pembangunan Perumahan Graha Kayen Asri Menggunakan Fuzzy Trapezoidal Critical Path Method. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Muzdalifah, L., & Arifin, A. Z. (2017). PELATIHAN MAPLE BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMK KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 1(1), 146-151.

Taha, A. 2007. Operation Research: An Introduction, Eight Edition. Fayetteville: University of Arkansas.

Taylor. R., C. 1996. Ekonomi Produksi. Yogyakarta: UGM Press

Winston, W., L. 2004. Operation Research Applications and Algorithms. Duxbury: New York.

Arikunto, S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Siti Rodlotul Jannah, Lilik Muzdalifah, & Eriska Fitri Kurniawati. (2018). OPTIMASI WAKTU PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM)/PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) DAN SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus Cv. Granada Property). Prosiding SNasPPM, 3(1), 461–465. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/159