UJI VALIDITAS MEDIA JAM WARNA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL WARNA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB KASIH IBU 02 KENDURUAN TUBAN

Authors

  • Fitria Tanzilatul Rofiqi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media jam warna, mengenal warna, kognitif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui uji validasi ahli media terhadap media jam warna yang telah dikembangkan. Media jam warna adalah media yang dibuat untuk menstimulasi kemampuan mengenal warna anak usia 3-4 tahun di KB Kasih Ibu 02 Kenduruan Tuban, dimana kemampuan mengenal warna termasuk dalam aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (R&D). Media jam warna telah di uji oleh tiga validator ahli media untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kelayakan media. Nilai rata-rata skor kevalidan validator I yaitu 5, validator II yaitu 4,07 dan validator III yaitu 3,3. Dari ketiga skor tersebut diperoleh hasil akhir rata-rata kevalidan media jam warna adalah 4,12 yang masuk ke dalam kategori “sangat valid”. Sedangkan untuk kelayakan media diperoleh nilai prosentase dari validator I yaitu 100%, validator II yaitu 81,53% dan validator III yaitu 66,15% , sehingga diperoleh rata-rata prosentase kelayakanmedia adalah 82,56% yang masuk ke dalam kategori “sangat baik”. Dari hasil validitas diatas dapat disimpulkan bahwa media jam warna dari segi kevalidan dan kelayakan media adalah “sangat valid”dan “sangat baik”, sehingga media jam warna dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk menstimulasi kemampuan mengenal warna anak usia 3-4 tahun di KB Kasih Ibu 02 Kenduruan Tuban.

References

P. RI, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003.

M. Khaironi, “Perkembangan Anak Usia Dini,” J. Golden Age, vol. 3, no. 1, pp. 1–12, 2018.

E. Yanti and B. P. Azwir, “Mengenal Warna Melalui Permainan Klasifikasi Mampu Meningkatkan Kemampuan Kognitif di TK Al-Bayhaqi Lhokseumawe,” J. Pendidik. Guru Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 17–22, 2020.

D. N. L. Laksana et al., Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2021.

L. Kasmini and N. Purba, “Pengaruh Eksperimen Sains pada Materi lMencampur Warna terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 pada TK Pertiwi Banda Aceh,” J. Buah Hati, vol. 3, no. 1, pp. 31–42, 2016.

E. H. Mulyana, I. Nurzaman, and N. A. Fauziyah, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna,” J. PAUD Agapedia, vol. 1, no. 1, pp. 76–91, 2017.

N. S. Sari and I. Syafi’i, “Pengembangan Kemampuan Mengenal Warna Anak Usia Dini Melalui Media Water Beads,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2021.

S. N. Dewi, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penggunaan Metode Discovery Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-KanaklKartika Fajar Baru Lampung Selatan,” UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Kamtini, S. H. Tanjung, and E. Eriani, “Mengenalkan Warna Melalui Model PembelajaranPicture and Picture pada Anak Usia Dini,” Mitra Ash-Shibyan J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 2, pp. 81–90, 2021, doi: https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.233.

N. M. Muliani, I. K. Gading, and L. P. P. Mahadewi, “Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Taman Kanak-Kanak,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Udiksha, vol. 5, no. 3, pp. 263–272, 2017, doi: https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11493.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Hanafi, “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan,” Saintifika Islam. J. Kaji. Keislam., vol. 4, no. 2, pp. 129–150, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta, 2020.

N. S. Fitriana, “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik,” UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Rofiqi, F. T., & Ekayati, I. A. S. (2022). UJI VALIDITAS MEDIA JAM WARNA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL WARNA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB KASIH IBU 02 KENDURUAN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1002–1006. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1596