PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN LITERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tri Wahyuni Sumadi
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

literasi, Literasi Membaca, Modul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan dan tingkat keefektifan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi yang dikembangkan pada mata pelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan: pendefinisian, perencanaan, dan pengembangan. Jenis pengolahan data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Pengambangan modul pembelajaran ini telah melalui validasi ahli desain memperoleh persentase 91,80% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi memperoleh 73% dengan kriteria layak, validasi ahli bahasa memperoleh 62,5% dengan kriteria cukup layak. Hasil validasi ahli desain, materi, dan bahasa diperoleh rata-rata persentase 75,76% sehingga modul pembelajaran dikategorikan layak untuk digunakan. Tingkat kepraktisan diukur melalui angket respon guru yang memperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat praktis dan angket respon peserta didik memperoleh persentase 90,2% dengan kriteria sangat praktis. Hasil angket respon guru dan peserta didik diperoleh rata-rata 90,1%, sehingga modul pembelajaran dikategorikan sangat praktis untuk digunakan. Tingkat keefektifan produk pengembangan diukur melalui hasil tes belajar yang terdiri dari 19 peserta didik, data hasil tes menunjukkan 16 peserta didik tuntas dan 3 tidak tuntas, melalui perhitungan dengan rumus ketuntasan klasikal diperoleh persentase 84% dengan kriteria sangat baik, dengan nilai dan kriteria tersebut maka modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi pada mata pelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar dikategorikan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Daryanto, Model Pembelajaran Inovatif, Cet.ke-1. Yogyakarta: Gava Media, 2012.

A. Marsal, F. Hidayati, P. Studi, S. Informasi, and P. S. Manajemen, “Pengaruh Smartphon Dengan Interaksi Sosial,” J. Ilmiyah Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 78–84, 2017.

K. Sobon, J. M. Mangundap, and S. Walewangko, “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Mapanget Kota Manado,” Autentik J. Pengemb. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 97–106, 2020, doi: 10.36379/autentik.v3i2.38.

Kosasih, Pengembangan Bahan Ajar, Cet.ke-2. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara, 2022.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Cet.ke-8. Jogjakarta, Indonesia: DIVA Press, 2015.

S. Suwandi, Pendidikan Literasi. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya, 2019.

Rahmad, “Lt.Blkg Pend.Ips,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, pp. 67–78, 2016, [Online]. Available: http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna

Daryanto, Menyusun Modul, Cet.ke-1. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

B. Muslim, “Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Kalasan,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

M. Elendiana, “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 54–60, 2020, doi: 10.31004/jpdk.v1i2.572.

U. Sudarsana, “Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca,” pp. 1–49, 2014, [Online]. Available: http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf

Suyono, Pembelajaran Efektif Dan Produktif Berbasis Literasi, vol. 37, no. 2, Agustus 2009. 2011. [Online]. Available: http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelE81BFBD3CD7A6F4C9ABF8B14D8C4145B.pdf

P. D. Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KAULITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA, 2016.

T. Kartika, “Pendekatan dengan skala Gutman Pendekatan dengan skala Likert,” pp. 2–4, [Online]. Available: https://www.academia.edu/33878757/Panduan_Penentuan_Skoring_Kriteria_Kuesioner_Skala_Pengukuran

E. Modul, I. P. S. Berbasis, and K. Pada, “Efektivitas modul ips berbasis karakter pada peserta didik kelas v,” no. November, pp. 222–227, 2021.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Wahyuni, T., & Sumadi, S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN LITERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 7(1), 709–713. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1607