PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-BOOK MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN TERHADAP WELLBEING SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RENGEL

Authors

  • Yola Nuke Anita Sari Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Henny Sri Astuty Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Pembelajaran berbasis E-book, Wellbeing Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-book terhadap wellbeing siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Rengel. Dengan masalah penelitian 1. apakah pengaruh media pembelajaran e-book pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Negeri 1) Rengel dapat mempengaruhi Wellbeing siswa; 2) Bagaimana pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran berbasise-book yang memiliki pengaruh besarterhadap wellbeing siswa kelas X SMA Negeri 1 Rengel. Sampel pada penelitian ini adalah 36 siswa. Data yag diperoleh dianalisis regresi parsial dengan menggunakan SPSS v.26. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Rengel. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media pembelajaran berbasis e-book (X) dan variabel terikat wellbeing siswa (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran E-Book berpengaruh terhadap wellbeing siswa padamata pelajaran Ekonomi dengan materi permintaan dan penawaran kelas X SMA Negeri 1 Rengel. Dalam pengumpulatan data, penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuisioner. Model analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyanjian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap wellbeing siswa dari penggunaan media e-book dalam pembelajaran ekonomi pada materi permintaan dan penawaran Padaujit menjelaskan bahwa thitung 7,185 t tabel 2,032 dengan taraf signifikan 0,000 0,05 maka Hoditolak. Kemudian pada hasil ujif variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y dengan nilaif hitung 51,618 f tabel3,276 dengan taraf signifikan 0,000 0,05. Dan nilai koefisien determinsi (R2) atau nilai besarnya pengaruh variabel Media Pembelajaran terhadap Wellbeing Siswa sebesar 60,3%.

 

References

Kurniasih, Deka Intan, Baedhowi, dan Sudiyanto. 2019. “Media E-Book Berbasis Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Ekonomi.” Surya Edunomics 3(1): 49–61.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur PeneltianSuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Supardi, Supardi U.S., Leonard Leonard, Huri Suhendri, dan Rismurdiyati Rismurdiyati. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(1): 71–81.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung. Nurani Sejahtera

Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, dan Rini Intansari Meilani. 2018. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2): 33.

Suhari, Yohanes, Dwi Agus Diartono, dan Arief Jananto. 2019. “Kemudahan dan Kegunaan serta Pengaruhnya terhadap Niat Menggunakan E-learning.” Proceeding SINTAK: 167–74.

Sitti, Nuralan. 2021. “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Sma Negeri I Tolitoli.” Jurnal Inovasi Penelitian 2(7): 1917–74.

Kristiana, Cicik, Haning Hasbiyati, dan Benny Afandi. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Book Berbasis Smartphone Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 12(1): 71–77.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi

Supardi, Supardi U.S., Leonard Leonard, Huri Suhendri, dan Rismurdiyati Rismurdiyati. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(1): 71–81.

Zahara, Nurlia, Djufri Djufri, dan M. Ali Sarong. 2017. “Optimalisasi Pembelajaran Dengan E-Book Dan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan.” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 2(2): 105.

Sitti, Nuralan. 2021. “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Sma Negeri I Tolitoli.” Jurnal Inovasi Penelitian 2(7): 1917–74.

Danardono, Aditio, Ratu Betta Rudibyani, dan E S Emmawaty Sofia. 2019. “Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 8(3): 495–508.

Additional Files

Published

2023-01-31

How to Cite

Anita Sari, Y. N., & Astuty, H. S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-BOOK MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN TERHADAP WELLBEING SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RENGEL. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1355–1358. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1612