PENGEMBANGAN MEDIA BOARD BOW PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SLOW LEARNER

Authors

  • Rista Mukaroma Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ina Agustin

Keywords:

Board Bow Puzzle, Slow Learner, ADDIE, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui proses pengembangan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media board bow puzzle. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang mengembangkan produk media pembelajaran media board bow puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa slow learner. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 (dua) orang anak slow learner yang berada di kelas IV Sekolah Dasar di SDN Leran Wetan 1 Tuban. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develope (pengembangan), implement (implementasi), evaluate (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa berupa soal evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data kevalidan analisis data kepraktisan dan analisis data keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media board bow puzzle yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid serta cukup valid digunakan dengan presentase untuk ahli materi 98%, ahli media 94%,  serta dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media board bow puzzle yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 94% dan angket respon siswa 92%. Dan hasil tes siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain 0,6 yang menunjukkan kriteria sedang. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa media board bow puzzle yang dikembangkan layak/valid, cukup valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan.

References

Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat 1. 2014. Jakarta.

Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasiona.

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,”November, 237–242.

Amelia, W. (2016). Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow Learner. Jurnal Aisyah : Jurna lIlmu Kesehatan, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.30604/jika.v1i2.21

Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Inklusi Wirosaban Yogyakarta) Nurul Hidayati Rofiah. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2, 2(1), 94-107. https://umtas.ac.id/journal/index.php/naturalistic/article/view/108

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Junal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104nd7.pdf

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal OF Mathematics and Education.

Risnawati, R., Wibowo, A., & Bahar, B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD di Kabupaten Gowa. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(2), 118. https://doi.org/10.35329/fkip.v15i2.468

Afira, Y., Rahmawati, P., & Widya, a. F. (2020). Pengaruh Media Papan. 8(2), 74-86.

Achmad, F. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Bantuan Pecahan Puzzle Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar.

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

I Mede Tegh, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Meode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. Pengembangan Bahan Ajar,16.

Reynaldo, I. (2020). Pengembangan e-Book Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Materi Alat Optik SMA/MA. http://repository.radenintan.ac.id/10732/1/PUSAT%201-2.pdf.

Ningtyas, D. L. L., & Wiratsiswi W. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Quizizzz Tema I Indahnya Kebersamaan Sub Tema I Keberagaman Budaya Bangsaku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(1), 61-64.

Latief, H,. Rohmat, D., & Ningrum, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII Di SMPN 4 Padalarang). 14, 14-28.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Mukaroma, R., & Agustin, I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BOARD BOW PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SLOW LEARNER. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1007–1011. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1614