Pengembangan media Pop-up Book untuk meningkatkan kemampuan membaca anak Slow Learner di SDN Leran Wetan 1 Tuban

Authors

  • filza istiqomah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pop-up Book, Kemampuan Membaca, slow learner, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan dari media Pop-up Book. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media Pop-up Book untuk meningkatkan kemampuan membaca anak Slow Learner. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Slow Learner yang berada di kelas IV Sekolah Dasar di SDN Leran Wetan 1. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develope (pengembangan), implement (implementasi), evaluate (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes kemampuan membaca siswa berupa soal evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data ke validan analisis data kepraktisan dan analisis data keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-upBook yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid serta cukup valid digunakan dengan presentase untuk ahli materi 98%, ahli media 74%, dan ahli bahasa 75%, serta dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media Pop-up Book yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 94% dan angket respon siswa 90%. Dan hasil tes siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain 0,5 yang menunjukkan kriteria sedang. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa media Pop-up Book yang dikembangkan layak/valid, cukup valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan.

References

S. C. Sirait, “Tanggung jawwab pemerintah untuk memberikan pendidikan kepada anak terlantar dalam perspektif undang-undang perlindungan anak,” De Lega Lata, p. 172, 2017.

N. R. Y. A. G. Faiqatul Husna, “Hak mendapatkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dalam dimensi politik hukum pendidikan,” SALAM: Jurnal sosial & Budaya syar-i, pp. 207-210, 2019.

N. R. Y. A. G. Faiqatul Husna, “Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan,” Sosial dan Budaya Syar'i, p. 210, 2019.

K. K. W. A. N. R. N. Putu Nina Sriwarthini, “Pemenuhan Hak Anak

Berkebutuhan Khusus Dalam Implementasi Program Pendidikan Inklusif Di SDN 20 Mataram,” Progres Pendidikan, p. 107, 2020.

L. A.-A. Aulia, “Kesulitan belajar anak usia sekolah dasar,” Psikologi, p. 12, 2018.

W. Amelia, “Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow Learner,” Ilmu Kesehatan Aisyah, 2016.

G. D. S. R. Tina Martina, “Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 009 Cikadut dengan Menggunakan Pendekatan Teknik Permainan Melengkapi Ceriita,” COLLASE, 2021.

R. A. Kosasih, Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grasindo, 2007.

A. P. &. M. Munir, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara,” ELINVO, p. 185, 2017.

E. J. M. M. N. Nia Alfiyanti, “Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Tehadap Minat Belajar IPA,” Pendidikan Sekolah Dasar, p. 76, 2021.

A. R. Idhartono, “Keefektifan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Tuna Grhita Ringan di SLB,” LITERATUS, p. 16, 2020.

S. Rohaeni, “Pengembangan Sistem Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE pada Anak Usia Dini,” INTRUKSIONAL, p. 124, 2020.

Y. H. R. Sugianti, Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2, Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute, 2020.

I. M. T. d. I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian 1368

Pendidikan dengan ADDIE Model,” Pengembangan Bahan Ajar, p. 16, 2013.

S. S. H. Kharisma, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Teka-Teki Gambar pada Materi Sistem Gerak Manusia,” Pendidikan Biologi, 2021.

Additional Files

Published

2023-02-01

How to Cite

istiqomah, filza, & Agustin, I. (2023). Pengembangan media Pop-up Book untuk meningkatkan kemampuan membaca anak Slow Learner di SDN Leran Wetan 1 Tuban . Prosiding SNasPPM, 7(2), 1359–1368. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1617