PEMETAAN KOSA KATA BAHASA JAWA DI WILAYAH KECAMATAN PALANG (STUDI DIALEKTOLOGI MASAYARAKAT PESISIR PANTAI)

Authors

  • Siti Maisaroh Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sarujin Sarujin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

dialek, bahasa jawa, pesisir pantai

Abstract

Potensi bahasa di Kabupaten Tuban sangatlah beragam. Khususnya pada Bahasa Jawa. Hal ini disebabkan dinamisme masyarakatnya juga sangat beragam, letak wilayah-wilayah di Kabupaten Tuban yang ada di daerah dekat pesisir pantai utara laut Jawa. Akibatnya terbentuk masyarakat tutur (bahasa) yang beragam menurut tata letak tempat mereka tinggal, Dalam hal ini peneliti menggaris bawahi bahwa penelitian ini akan mendeskripsikan dialek regional dan memetakan dialek masyarakat tutur yang ada di wilayah kabupaten Tuban, khususnya wilayah daerah pesisir. Penelitian ini berjudul Pemetaan Kosakata Bahasa Jawa Di Wilayah Kecamatan Palang (Studi Dialektologi Masyarakat Pesisir Pantai). Di latar belakangi oleh bahasa masyarakat pesisir karena bahasa alat komunikasi utama dalam hidup dan kehidupan manusia di masyarakat. Hampir tidak ada celah kehidupan manusia tanpa berkepentingan dengan kehadiran penggunaan bahasa. Dalam penelitian ini berupa dialek masyarakat pesisir. Dialek pada prinsipnya merupakan variasi bahasa yang menandai latar belakang penuturnya, Dialek cenderung memiliki unsur-unsur fonologi dan morfologi sehingga memudahkan peneliti dalam pemerolehan data untuk mendeskripsikan dan menganalisis. Dialek masyarakat pesisir Desa Karangagung, Desa Palang, dan Desa Kradenan: kajian sosiolinguistik. Dalam penelitian ini mempunyai tujuan khusus dan tujuan umum. Jenia data penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah masyarakat pesisir Kecamatan Palang, Desa Karangagung, Palang, dan Kradenan Kabupaten Tuban. Data pada penelitian ini berupa kosakata pada dialek masyarakat pesisir pantai. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari informan penduduk asli Desa tersebut.

Author Biography

Sarujin Sarujin, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

abstrak mohon dipaste disini

References

Huda, Fathul. (2015). Pemetaan Kosa Bahasa Jawa Di Kabupaten Tuban (Studi Subdialek Masyarakat Pesisir, Pegunungan dan persawahan). Tuban.

Mualifah, Siti. (2017). Dialek Masyarakat Pesisir Desa Bulu Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban Kajian Sosiolinguistik. Tuban

Novianti, Ida. (2017). Dialek Bahasa Jawa Di Wilayah Perbatasan Kabupaten Tuban Dan Kabupaten Lamongan. Tuban

Sariono, Agus. (2016). Pengantar Dialektologi Panduan Penelitian Dengan Metode Dialektometri. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.

Basir, Udjang. (2016). Studi Bahasa Sosial Pengantar Kajian Sosiolinguistik. Surabaya: Pustaka Ilalang Group.

Chaer, Abdul. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahsun. (1995). Dialektologi Diakronis: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada Universty Press.

Chaer, Abdul dan Agustina. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. (1989). Pembentukan Kata Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Depdikbud. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Subagyo, Joko. (2015). Metode Penelitian: Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Reniawati, dan Nadra. (2009). Dialektolgi: Teori Dan Metode. Yogyakarta: CV Elmatera Publishing.

Mu'minim, Moh. (1996). Pemetaan Fonem Dan Kosa Kata Dialek Bahasa Jawa Di Kabupaten Kota Madya Cirebon. IKIP Malang.

Additional Files

Published

2023-02-01

How to Cite

Maisaroh, S., & Sarujin, S. (2023). PEMETAAN KOSA KATA BAHASA JAWA DI WILAYAH KECAMATAN PALANG (STUDI DIALEKTOLOGI MASAYARAKAT PESISIR PANTAI). Prosiding SNasPPM, 7(2), 1383–1388. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1629