PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA/SISWI KELAS XI DI SMK MANBAIL FUTUH JENU

Authors

  • Siti Nais Saroh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Handaru Indrian Sasmito Adi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Efikasi Diri, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kelas dan efikasi diri siswa terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan pada siswa/siswi kelas XI SMK Manbail Futuh Jenu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Manbail Futuh Jenu yang berjumlah 83 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan subjek sebanyak 83 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS V.22. Teknik analisis data uji asumsi klasik digunakan untuk mengetahui apakah model regresi yang dibuat dapat digunakan sebagai alat prediksi yang baik. Diperoleh hasil perhitungan regresi secara parsial pengelolaan kelas nilai t hitung > t tabel (2,090>1,990) dan nilai efikasi diri secara parsial yaitu t hitung > t tabel (7,924>1,990). Sedangkan hasil uji secara simultan variabel pengelolaan kelas dan efikasi diri memperoleh F hitung > F tabel (63,444>3,111).

References

Agung Edy Wibowo, S,E.,M.Si. 2012. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian.Yogyakarta; Gava Media

Ahmadi, Rulam. 2018. Profesi Keguruan: Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & Karier Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ananda, M. Rizki. 2019. Pengaruh Kemampuan Guru Mengelola Kelas Terhadap ketertiban Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.

Fatimah, S., Manuardi, A.R., & Meilani, R. 2021. Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Prespektif Dimensi Bandura. Prophectic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4 (1), 25-36.

Fitri, Y. 2021. Manajemen Kelas Di MAN 1 Pesisir Barat.Diss.UIN Raden Intan lampung.

Gurunkinayan, S. M. L. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Sunggal Tahun Ajaran 2018/2019.

Hakim. S. 2021. Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 (Survei pada Mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Harianja, D. F. 2021. Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Jurusan IIS SMA Swasta Parulin 1 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 .

Hariyanto, h, Salama, A, & Gani, R.A. 2022. Tingkat Pemahaman Guru Pjok Terhadap Pembelajaran Blended Learning Pada Tingkat SMA/SMK se-Kecamatan Setu. Jurnal Ilmiah wahana Pendidikan, 8(10), 196-201.

Herlina, H. 2018. Pengaruh Manajemen kelas terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran aqidah Akhlak (Studi kelas XI MA nurul Hidayah Mallipinh-lebak. Universitas islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin. Banten.

Machali, Imam. 2018. The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Kelas Sekolah/Madrasah di Indonesia edisi 2. Vol.2. Prenada Media.

M. Toha Anggoro, dkk. 2008. Metode Penelitian.Jakarta; Universitas Terbuka.

Nabatan, G.L.S. 2013. Pengaruh Pengelolaan kelas dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK Swasta Teladan sumatera Utara 1 medan TA 2012/2013.

Prasetyo Bambang, Lina Miftahul Janah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif.Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.

Purnamasari, Ita. 2020. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan. Psikoborneo:Jurnal ilmiah Psikologi 8.2. 238-248.

Rustam, A.& Wahyu.D.S. 2020. Pengaruh Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa KelasX SMA Alkhairaat 1 Palu. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 61-68.

Sari, N. 2018. Penerapan Model Pembelajan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAND)BerbantuLembar kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation).

Suwarno, Wiji. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Utami, A. A. N. 2019. Pengaruh Pembelajaran Produk Kreatif Dan kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMK Pasundan 2 Bandung (Studi Kasus Pada Kelas XI Program Keahlian Teknik Permesinan Tahun Ajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Yesy Anggraeni, N. L. P. 2021. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Siswa SMKN 1 Denpasar. Arthaniti Studies, 2(1), 79-83.

Yudha, R. I 2020. Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran ekonomi Kelas X Di SMA Negri 8 Kota Jambi. Jurnal lmiah Dikdaya, 10(1), 26-32.

Yuliana, Lutfi. 2019. Kreativitas Guru Pada Pengelolaan Kelas Untuk meningkatkan Kedisiplinan Belajar Di MI Hidayatul Mubtadiin wates sumbergempo.l TulungAgung.

Yumnah, S. 2018. Strategi dan Pendekatan Pengelolaan Kelas Dalam pembelajaran. Jurnal studi islam: Pancawahana, 13(1), 18-26.

Additional Files

Published

2023-02-01

How to Cite

Saroh, S. N., & Adi, H. I. S. (2023). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA/SISWI KELAS XI DI SMK MANBAIL FUTUH JENU. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1389–1393. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1633