IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) DAN KETERAMPILAN KOLABORASI
Keywords:
manajemen pembelajaran, PBL, HOTS, keterampilan, kolaborasiAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi manajemen pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam mata kuliah Pengantar Manajemen di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unirow Tuban semester gasal 2021/2022. Tujuan penelitian mengkaji perubahan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kolaborasi mahasiswa setelah implementasi manajemen pembelajaran berbasis PBL. Jenis penelitian eksperimen semu menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive yaitu mahasiswa yang mengikuti matakuliah pengantar manajemen kelas 2021 A (N=32) sebagai kelas eksperimen dan 2021 B (N=34) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes HOTS dan observasi keterampilan kolaborasi menggunakan rubrik kemampuan berkolaborasi. Berdasarkan hasil Analisis IBM SPSS v.26 diperoleh rerata nilai keterampilan berkolaborasi mahasiswa kelas eksperimen (PBL)=16,22 (kriteria baik), rerata nilai keterampilan berkolaborasi mahasiswa dikelas kontrol (diskusi) = 9,26 (kriteria kurang baik). Berdasarkan uji t diperoleh Nilai t hitung > t tabel (4,452 > 1,998) dan signifikans < 0,05 (0,000 < 0,05), maka terdapat perbedaan rerata nilai posttest HOTS kelas Eksperimen (PBL) dan kelas Kontrol (diskusi). Dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen pembelajaran berbasis PBL dapat meningkatkan HOTS dan keterampilan kolaborasi mahasiswa.
References
DAFTAR PUSTAKA
Kemendikbud, “Jendela Pendidikan dan Kebudayaan,” Menteri Pendidik. dan Kebud., pp. 1–32, 2016.
B. Sulfiani, Y. Riyanto, and Nasution, “The effect of using project based learning towards the collaborative ability and creative thinking skill of class IV,” Proceeding Int. Conf. Child-Friendly Educ., pp. 393–398, 2018, [Online]. Available: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/10053.
D. Lee, Y. Huh, and C. M. Reigeluth, “Collaboration, intragroup conflict, and social skills in project-based learning,” Instr. Sci., vol. 43, no. 5, pp. 561–590, 2015, doi: 10.1007/s11251-015-9348-7.
A. Educator and F. Cs, “A-Guide-to-Four-Cs.pdf.”
T. KKNI, “Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia,” Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, vol. Dokumen 00, pp. 1–9, 2015.
E. Rofiah, s. A. Nonoh, and E. Y. Ekawati, “PENYUSUNAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA PADA SISWA SMP Oleh: Emi Rofiah, Nonoh Siti Aminah, Elvin Yusliana Ekawati Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret,” J. Pendidik. Fis., vol. 1, no. 2, pp. 17–22, 2013.
I. V. S. Mullis, M. O. Martin, P. Foy, and M. Hooper, Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 International Results in Mathematics. 2016.
D. Fitriyani, T. Jalmo, and B. Yolida, “Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi,” J. Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilm., vol. 7, no. 3, pp. 77–87, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480.
B. Wulandari, F. Arifin, and D. Irmawati, “Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2015, doi: 10.21831/elinvo.v1i1.12816.
M. Mahrus, “Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional,” JIEMAN J. Islam. Educ. Manag., vol. 3, no. 1, pp. 41–80, 2021, doi: 10.35719/jieman.v3i1.59.
S. F. A. Widodo and S, “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum,” Diakses Dari Http//Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Pendidikan Pada, vol. 26, pp. 2–18, 2003.
H. Pramudia, “Jurnal pendidikan dan,” vol. 2859, no. 2, pp. 197–203, 2020.
T. Barrett and S. Moore, New Approaches to Problem-Based Learning: Revitalising Your Practice in Higher Education (Google eBook). 2010.
M. N. N. Siregar and R. I. Aghni, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS),” J. Pendidik. Akunt., vol. 9, no. 2, pp. 292–301, 2021, doi: 10.26740/jpak.v9n2.p292-301.
N. Nurhayati, L. Angraeni, and W. Wahyudi, “Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi,” Edusains, vol. 11, no. 1, pp. 12–20, 2019, doi: 10.15408/es.v11i1.7464.
O.-S. Tan, Enhancing thinking through problem-based learning approach: International perspective. 2004.
D. Oktaviana and R. Haryadi, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 4, p. 1076, 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i4.3069.
J. Nurdin, Chairul, Izmiarti, and Z. Syam, “Rencana Pembelajaran Semester - Biomonitoring,” vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2017.
A. L. Fitriyah, M. I. S. Putra, M. Solichin, A. Amrulloh, and M. A. Anwar, “Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP,” Dirasat J. Manaj. dan Pendidik. Islam, vol. 6, no. 2, pp. 195–213, 2020, doi: 10.26594/dirasat.v6i2.2220.
H. Hermawan et al., “Desain Instrumen Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya,” J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, pp. 167–174, 2017, doi: 10.21009/1.03207.
“C w s r 4,” p. 2005, 2005.
M. Afandi and T. Handayani, “Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Materi IPA MI,” JIP (Jurnal Ilm. PGMI), vol. 6, no. 1, pp. 88–106, 2020.
R. Arends, Learning To Teach, Nine. New York: The MCGraw-Hill Company, 2012.
J. Moust, P. Bouhuijs, and H. Schmidt, Introduction to Problem-based Learning : A guide for students. 2021.
H. Trisdiono, S. Siswandari, N. Suryani, and S. Joyoatmojo, “Multidisciplinary integrated project-based learning to improve critical thinking skills and collaboration,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 18, no. 1, pp. 16–30, 2019, doi: 10.26803/ijlter.18.1.2.