IMPLEMENTASI MODIFIED DISTRIBUTION (MODI) METHOD UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA DISTRIBUSI SONGKOK PADA UD. ARIEF JAYA

Authors

  • Dian Fitriana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lilik Muzdalifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nia Nurfitria Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Biaya Distribusi, Least Cost Method, Modified Distribution (MODI) Method

Abstract

UD. Arief Jaya merupakan industri rumahan (home industry) yang memproduksi songkok nasional dengan merk pondok indah. Proses pendistribusian barang atau produk dari produsen ke konsumen adalah salah satu hal penting yang terjadi dalam suatu badan usaha atau perusahaan, terutama usaha dibidang produksi. Salah satu pengeluaran yang ditanggung oleh badan usaha atau perusahaan selama proses pendistribusian adalah biaya distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi model transportasi, alokasi distribusi songkok yang optimal dengan meminimumkan biaya distribusi pada UD. Arief Jaya, serta membandingkan perhitungan distribusi songkok dengan mempertimbagkan dan tanpa mempertimbangkan alokasi daerah distribusi/ konveksi bayangan (dummy). Data dianalisis menggunakan Least Cost Method untuk menentukan solusi awal dan Modified Distribution (MODI) Method untuk menentukan solusi optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya distribusi songkok pada UD. Arief Jaya bulan januari – juni melalui perhitungan tanpa mempertimbangkan alokasi pada daerah dummy sebesar Rp. 259.595,00 – Rp. 355.750,00 sedangkan melalui perhitungan yang mempertimbangkan alokasi pada daerah dummy sebesar Rp. 259.595,00 – Rp. 372.150,00. Total biaya distribusi dengan perhitungan yang mempertimbangkan alokasi pada daerah dummy lebih baik dari perhitungan tanpa mempertimbangkan alokasi daerah dummy. Terdapat penambahan biaya distribusi sebesar Rp. 16.400,00 akan tetapi sisa kumulatif dapat terserap terus menerus dan semua permintaan dapat terpenuhi.

References

Simbolon, L. D., Situmorang M. & Napitulu, N. 2014. Aplikasi Metode Transpotasi Dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Miskin (Raskin) Pada Perum Bulog Sub Divre Medan. Jurnal Saintia Matematika. Vol. 02. No. 03. Hal. 299-311.
Sugiyono, S. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Taha, H. A. 1996. Riset Operasi, jilid 1 ed. Dr Lyndon Saputra. Jakarta: Binarupa Aksara.
Taha, A. H. 2007. Operation Risearch An Intriduction Eight Edition. Fayetteville: University of Arkansa.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Dian Fitriana, Lilik Muzdalifah, & Nia Nurfitria. (2018). IMPLEMENTASI MODIFIED DISTRIBUTION (MODI) METHOD UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA DISTRIBUSI SONGKOK PADA UD. ARIEF JAYA. Prosiding SNasPPM, 3(1), 425–430. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/165