DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BOOK UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

Pendidikan anak usia dini tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan media yang dapat mendukung terlaksananya pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan pada kebutuhan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini terhadap media pembelajaran yang bisa digunakan sebagai sarana bermain sekaligus menstimulasi perkembangan anak usia dini. Dari hasil observasi, ditemukan bahwa media pembelajaran yang digunakan RA Muslimat NU 03 Al-Musthofawiyyah dan TK Dharma Wanita Sidomulyo tidak terlalu bervariasi. Selain itu, perkembangan kognitif pada anak yang belum mencapai tujuan pembelajaran menjadikan alasan bagi peneliti untuk membuat media pembelajaran edukatif berupa puzzle book untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini. Media puzzle book merupakan media pembelajaran berupa buku yang didalamnya terdapat kepingan puzzle yang harus disusun anak agar menjadi satu gambar yang utuh dengan menggunakan tema pengenalan gejala alam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dihasilkan produk berupa media pembelajaran berupa puzzle book dengan tema gejala alam yang dapat digunakan untuk anak usia dini.

References

R. Nugrahani and R. D. Permata, “VALIDASI MEDIA BUKU LIFT THE FLAP UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 691–696, 2021.

E. D. Afriyanti and R. D. Permata, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN ABJAD UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 680–685, 2021.

K. Kholifah and P. Astutik, “PENGEMBANGAN MEDIA APRON HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 190–193, 2021.

M. N. Arsyad, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang,” Agastya J. Sej. Dan Pembelajarannya, vol. 8, no. 2, pp. 188–198, 2018.

N. Z. Tsani and D. Indrawati, “PENGEMBANGAN MEDIA ZEBOTIKA (PUZZLE BOOK MATEMATIKA) BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI MENGENAL PECAHAN BAGI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 2, 2019.

R. Nugrahani and C. D. R. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BUSY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PELUANG USAHA BAGI GURU PAUD DI DESA KRADENAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 210–216, 2019.

D. Kelemen, N. A. Emmons, R. Seston Schillaci, and P. A. Ganea, “Young children can be taught basic natural selection using a picture-storybook intervention,” Psychol. Sci., vol. 25, no. 4, pp. 893–902, 2014.

I. Rohman, “Arabic Puzzle Book Pengembangan Media Interaktif Untuk Keterampilan Membaca Bagi Siswa Kelas IV MI Di Kota Semarang,” Lisanul Arab J. Arab. Learn. Teach., vol. 5, no. 1, 2016.

K. Srianis, N. K. Suarni, P. R. Ujianti, and S. Psi, “Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 2, no. 1, 2014.

R. D. Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.

R. Indrawati, “Pengembangan media buku puzzle untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Malang,” Pengemb. media buku puzzle untuk Meningkat. Kemamp. Kogn. anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Malang/Rani Indrawati, 2015.

G. Kent, G., Pitsia, V., & Colton, “Cognitive development during early childhood: insights from families living in areas of socio-economic disadvantage. Early Child Development and Care,” 2018, doi: doi:10.1080/03004430.2018.1543665.

S. Kantun, “Hakikat dan Prosedur Penelitian Pengembangan,” 2013.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan),” Metod. Penelit. Pendidik., 2019.

M. P. dan K. R. Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Perkembangan Anak Usia Dini. 2014

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Permata, R. D., & Nugrahani, R. (2022). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BOOK UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 755–759. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1656