PEMBERDAYAAN POKJA 3 TP PKK DESA PEKUWON KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN DALAM PROSES PEMBUATAN JAMU INSTAN DARI TANAMAN TOGA PEKARANGAN RUMAH

Authors

  • Kuntum Febriyantiningrum Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sriwulan Sriwulan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nia Nurfitria Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Desa Pekuwon merupakan salah satu desa di Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban yang memiliki sumber daya alam berupa tanaman obat keluarga (TOGA) yang cukup melimpah dan dimanfaatkan oleh warga untuk menghasilkan produk jamu. Permasalahan mitra adalah produk jamu yang dihasilkan merupakanjamu  siap minum sehingga masa simpan singkat dan jangkauan pasar terbatas. Kelompok Kerja (POKJA) 3 adalah kelompok Tim Penggerak PKK Desa Pekuwon yang berperan dalam pemanfaatan lingkungan dan kesejahteraan keluarga. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan tambahan pengertahuan terkait manfaat dan cara pembuatan jamu instan yang memiliki masa simpan yang lebih lama dan praktis. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan, praktik, dan pendampingan. Produk jamu yang dihasilkan adalah produk jamu instan yang variatif berbahan tanaman toga di lahan pekarangan rumah warga dengan desain kemasan produk yang menarik, informatif, dan higienis. Produk jamu yang dihasilkan pada kegiatan ini adalah jamu jahe wangi dan wedang bunga telang yang dikemas dalam kantong teh siap seduh, design produk dan kemasan serta akun media sosial serta e-commerce untuk pemasaran produk.

References

Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu tradisional Indonesia: Tingkatkan imunitas tubuh secara alami selama pandemi. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 465-471.

Sutana, I. G., & Dwipayana, A. P. (2020). Perilaku Konsumsi Jamu Tradisional Di Tengah Pandemi Covid-19. Poniman, & J. Simarmata, Covid-19: Perspektif Agama Dan Kesehatan, 41-68.

Putri, D. P. (2016). Uji cemaran kapang, khamir dan bakteri Staphylococcus aureus pada simplisia jamu kunyit di pasar gede Surakarta.

Heviyanti, M., Mulyani, C., & Munauwwar, M. M. (2021). Improving Immunity System With Jamu During Covid-19 Virus Pandemic. Global Science Society: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 186-193.

Putri, R. D., & Yuniastri, R. (2019). Pendugaan Umur Simpan Menggunakan Metode Accelerated Shelf Life Test (Aslt) Model Arrhenius Pada Jamu “Sari Rapet Super”. Journal of Food Technology and Agroindustry, 1(2), 37-42.

Syafi'i, I. (2019). Pemasaran Jamu Menggunakan Kemasan Praktis Siap Minum Dengan Branding Tren Masa Kini. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(1), 35-41.

Kurniasih, G., Djalil, A. D., & Hartanti, D. (2007). Penetapan Kadar Kurkuminoid dalam Jamu Serbuk Galian Putri yang Mengandung Simplisia Rimpang Kunyit (Curcuma domestica Val) yang Beredar di Kecamatan Ketanggungan. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 5(03), 153-160.

Kusumawati, I., Ekasari, W., & Purwitasari, N. (2018). Pengembangan produksi jamu dan bahan spa bagi penjual jamu gendong dan simplisia di Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 346-349.

Eldawaty, E., Asnaldi, A., Wahyuri, A. S., & Kibadra, K. (2020). Pembuatan Jamu Serbuk Instan Berbasis Tanaman Obat Keluarga (Toga) Bagi Ibu-Ibu Pkk Di Kelurahan Tarantang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49-55.

Nindhira, A. L., & Ida Nursanti, S. T. (2016). Desain Eksperimen Untuk Pengendalian Kadar Air Jamu Simplisia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dion, R., & Purwantisari, S. (2020). Analisis Cemaran Kapang dan Khamir pada Jamu Serbuk Instan Jahe Merah dan Temulawak. Berkala Bioteknologi, 3(2).

Rahayu, W. S., Hartanti, D., & Setiowati, M. (2010). Pengaruh Lama Dan Tempat Penyimpanan Terhadap Kadar Kurkuminoid Pada Sediaan Jamu Serbuk Merk” a” Yang Mengandung Simplisia Rimpang Kunyit (Curcuma Domestica, Val.). PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 7(02).

Rizkiyanti, Y. (2018). Desain kemasan jamu herbal Violink sebagai peningkatan citra produk (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Sari, R. I., Dewi, S. S., & Wilson, W. (2020). Total Mikrobia Jamu Serbuk Kemasan Dan Tanpa Kemasan Produk Banjarmasin. Jurnal Media Analis Kesehatan, 11(1), 1-10.

Purba, E. Christine. 2020. Kembang Telang (Clitoria ternatea L): Pemanfaatan dan Bioaktivitas. Jurnal EduMatSains, (2), 111-124.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Febriyantiningrum, K., Sriwulan, S., Nurfitria, N., & Zaenal Arifin, A. (2022). PEMBERDAYAAN POKJA 3 TP PKK DESA PEKUWON KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN DALAM PROSES PEMBUATAN JAMU INSTAN DARI TANAMAN TOGA PEKARANGAN RUMAH . Prosiding SNasPPM, 7(1), 764–769. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1658