SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DENGAN METODE FUZZY ANALYTHIC HIERARCY PROCES (FuzzyAHP)

Authors

  • Saiful Anwar Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Miftahul Ulum Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

BMT Dana Anugrah, Sistem pendukung keputusan, FuzzyAHP

Abstract

BMT Dana Anugrah merupakan perkoperasian yang bebabasis syariah yang terus berkembang dan banyak diminati, karena sistem yang dipakai adalah sistem syariat islam. Dalam memberikan kredit kepada anggota koprasi haruslah mempunyai banyak pertimbangan dalam memberikan keputusan pemberiannya. Saat ini sistem yang digunakan masih berupa sistem yang dilakukan secara manual. Dimana pemberian kredit yang dilakukan belum terstruktur. Dan itu dapat menimbulkan kompleksitas dalam pengambilan keputusan karena kriteria yang dipakai selalu berubah-ubah. Dari sistem yang sedang berjalan saat ini, terdapat keterbatasan dalam konsistensi dan kualitas pengambilan keputusan. Dengan perkembangan zaman saat ini, kita membutuhkan sistem yang diterapkan di bantu oleh perangkat komputer. Sistem pendukung keputusan adalah solusi dalam menyelesaikan sistem yang belum terkomputerisasi saat ini. Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah sistem yang terkomputerisasi dengan menggunakan metode FuzzyAHP. FuzzyAHP tersendiri menjadi sebuah solusi yang digunakan sebagai metode pengambilan keputusan di dalam sistem karena obyektif berdasarkan kriteria-kriteria yang diberikan kedalam sistem.

References

Chang, D. Y., (1996). Application of the Extent Analysis Method on Fuzzy AHP. European zJournal of Operational Research 95, 649-655.
Efraim Turban, dkk. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems . Yogyakarta: ANDI .
Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: ANDI.
Kusrini, M.Kom 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: ANDI.
Rahardjo, J. & Sutapa, I. N., 2002. Aplikasi Fuzzy Analytical Hierarchy Process Dalam Seleksi Karyawan. Jurnal Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Volume 04, No. 2, pp. 82-92
Thomas L. Saaty, 2008, Decision Making With The Analytic Hierarchy Process, Int. J. Services Sciences, Vol. 1, No. 1, 83-98.
Turban. 2005. Decision support systems and intelligent system (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Edisi 7 Jilid 1. Andi: Yogyakarta.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Saiful Anwar, Amaludin Arifia, & Miftahul Ulum. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DENGAN METODE FUZZY ANALYTHIC HIERARCY PROCES (FuzzyAHP). Prosiding SNasPPM, 3(1), 418–424. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/166