GAME INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SD INKLUSI
Keywords:
Game Interaktif, Pendidikan Karakter, Tuna Grahita, InklusiAbstract
Salah satu tujuan pendidikan nasional yaitu dapat secara aktif mengembangkan potensi peserta didik secara agar memiliki kecerdasan, pengendalian diri, kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, dan akhlak mulia, artinya bahwa diharapkan peserta didik di Indonesia tidak hanya cerdas secara intelektual akan tetapi juga menjadi insan yang berkarakter. Tidak terkecuali untuk siswa tunagrahita ringan di Sekolah Dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game interaktif berbasis pendidikan karakter untuk anak tuna grahita di SD inklusi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subjek yang terlibadat dalam penelitian ini berjumlah 10 diantaranya ahli media 1 orang, ahli pendidikan karakter 1 orang dan pengguna media pembelajaran 3 orang, dan 5 orang anak tunagrahita ringan pada uji perorangan. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas menurut ahli media memperoleh skor 93,3% dengan kualifikasi valid, menurut ahli pendidikan karakter memperoleh skor 89,44% dengan kualifikasi valid, sedangkan berdasarkan 3 pengguna diperoleh rata-rata skor sebesar 81,46% dengan kualifikasi praktis dan dari 5 orang anak tunagrahita ringan diperoleh rata-rata skor sebesar 67,2% dengan kualifikasi cukup efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk media Game Interaktif berbasis pendidikan karakter untuk anak tungrahita ringan di SD inklusi layak untuk digunakan.
References
P. R. Siswinarti, “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradab,” Retrieved August, no, 2017.
D. Sahroni, “Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran,” in Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 2017, vol. 1, no. 1, pp. 115–124.
M. N. Annisa, A. Wiliah, and N. Rahmawati, “Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital,” BINTANG, vol. 2, no. 1, pp. 35–48, 2020.
E. C. Hendriana and A. Jacobus, “Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan,” JPDI (Jurnal Pendidik. Dasar Indones., vol. 1, no. 2, pp. 25–29, 2017.
S. Julaiha, “Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran,” Din. ilmu, pp. 226–239, 2014.
F. Yatmiko, E. Banowati, and P. Suhandini, “Implementasi pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus,” J. Prim. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 77–84, 2015.
M. Saleh, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH INKLUSI,” Hikmah J. Islam. Stud., vol. 17, no. 2, pp. 101–108, 2022.
E. N. Mulyati, “PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB MADINA SERANG,” Incl. J. Spec. Educ., vol. 6, no. 1, 2020.
D. I. P. Sari, A. Sudigdo, and R. D. Amalia, “Pembelajaran tari kreasi anak tuna grahita ringan melalui proses imitatif,” TRIHAYU J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 4, no. 2, 2018.
N. Subekti, “Pendidikan Karakter dan Pengembangan Kepemimpinan Anak Tunagrahita Ringan Melalui Permainan Tradisional,” 2017.
F. Y. Al Irsyadi and Y. S. Nugroho, “Game edukasi pengenalan anggota tubuh dan pengenalan angka untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita berbasis kinect,” Pros. Snatif, pp. 13–20, 2015.
H. Mardhotillah and R. Rakimahwati, “Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 779–792, 2021.
D. Novaliendry, “Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO),” J. Teknol. Inf. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 106–118, 2013.
Munir, Multimedia konsep & Aplikasinya dalam Pendidikan. Bandung:CV Alfabeta, 2013.
I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model,” J. Ika, vol. 11, no. 1, 2013.
I. Erawati and S. Nuryani, “Menumbuhkan Karakter Anak Tunagrahita Melalui Pemberian Reward,” Educ., vol. 1, no. 4, 2019.
H. A. Aziz and F. Y. Al Irsyadi, “Game Edukasi Pengenalan Alat Transportasi untuk Anak Tunagrahita,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 21, no. 1, pp. 59–63, 2021.
R. M. Khoirudin, “PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA MATERI ANIMALIA KELAS X-MIPA UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK,” 2019.
A. Dharmawan, A. Wahyuni, and A. Zellawati, “Model Pembelajaran Karakter Untuk SDLB C (Tuna Grahita) Berbasis Game Interaktif,” 2017.
M. U. Albab and A. Wijiastuti, “GAME INTERAKTIF BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK TUNAGRAHITA,” J. Pendidik. Khusus, vol. 10, no. 3, 2018.
D. Afriyanti, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA MELALUI MEDIA GAME EDUKASI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SLB PERWARI PADANG,” Ranah Res. J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 2, no. 1, pp. 154–161, 2019.