PELATIHAN DIGITAL MARKETING (MARKETING CHANNEL) PADA UMKM “NEED FOOD” DESA PANYURAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN
Keywords:
digital marketing, Need food, UMKMAbstract
UMKM Need Food merupakan usaha kecil yang memproduksi aneka olahan buah dengan menginovasi menjadi produk manisan, selai, dan sirup yaitu dari bahan siwalan, belimbing madu dan mangga madu. Aneka manisan disajikan dalam bentuk basah dan kering sehingga lebih awet. Adanya pandemi covid 19 selama dua tahun ini menyebabkan permasalahan yang dihadapi UMKM Need Food dalam menjalankan usaha ini antara lain; standarisasi mutu produk, kualitas produk, manajemen usaha dan pemasaran. Tujuan pelatihan meningkatkan potensi hasil produksi melalui sistem digital marketing. Metode kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan dengan mengadakan workshop digital. Hasil pelatihan dapat dilihat berdasarkan jawaban hasil angket keterlaksanaan pelatihan meliputi: 1) penyajian materi pelatihan, 2) penguasaan materi peserta, 3) kebermafaatan pelatihan dengan rata-rata presentase 88%. Sehingga dapat disimpulkan pelatihan ini dapat mampu meningkatkan hasil produksi dan pemasaran produk
References
E. A. Mubarok, “Produk UMKM Tuban Semakin Berdaya Saing,” Radar Bojonegoro, 2017. [Online]. Available: https://radarbojonegoro.jawapos.com/nasional/29/11/2017/produk-umkm-tuban-semakin-berdaya-saing/.
A. W. Kalista, Anggia; Krishna Tri Sanjaya, “Production Innovation ‘Jelly Siwalan Dry’ for Extending the Endurance of Fruit Consumption,” Kontribusia (Research Dissem. Community Dev., vol. 4, no. 2, p. 425, 2021, doi: 10.30587/kontribusia.v4i2.2659.
Kinarsih and F. Abdullah, “Jurnal Ilmu Ekonomi ( JIE ),” J. Ilmua Ekon., vol. 4, no. 2, pp. 339–353, 2020.
E. W. Sari, “FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB PRODUKSI PERKEBUNAN BELIMBING DIKECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN,” 2013.
F. Faizi, N. P. Wulandana, A. Alya, and A. A. Lombu, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia,” J. Lentera Bisnis, vol. 11, no. 2, p. 137, 2022, doi: 10.34127/jrlab.v11i2.510.
H. D. Fadly and S. Sutama, “Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19,” J. Ecoment Glob. Kaji. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 2, pp. 213–222, 2020.
ita Suryani, “Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014,” Pemanfaat. Media Sos. sebagai Media Pemasar. Prod. dan Potensi Indones. dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Soc. Media Mark. Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Faceb. Disparbud Provinsi Jawa Barat), vol. 8, no. April 2014, pp. 123–138, 2015.
S. S. Joesidawati, Marita Ika, Suwarsih Suwarsih, “PEMASARAN ONLINE SEBAGAI SOLUSI PENJUALAN IKAN ASAP PADA l ebih mempercepat proses oksidasi sehingga daya simpan ikan menjadi lebih singkat dan akan mempercepat penurunan mutu ikan,” vol. 6, no. 1, pp. 1–5, 2021.
H. Novia Berliani, Farida Yulianti, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SECARA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA CLOTHING PADA TOKO BAROKAH23STORE BANJARMASIN,” 2020.
T. ANGGRAINI, “ANALISIS PERBANDINGAN STRATEGI PEMASARAN ONLINEDAN OFFLINE PADA TOKO ALEA PASAR TRADISIONAL MODERN (PTM) KOTA BENGKULU DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM,” 2017.
N. Annisa, “Strategi Komunikasi Pemasaran Online (Studi Kasus pada Pemasaran Online di ‘REALInc Store’),” Eduma, 2014.
Q. Ayuni, H. Cangara, and A. Arianto, “The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur,” J. Penelit. Komun. Dan Opini Publik, vol. 23, no. 2, 2019, doi: 10.33299/jpkop.23.2.2382.
R. Azlam and A. Asse, “STRATEGI PEMASARAN ONLINE (STUDI KASUS FACEBOOK MARKETING WARUNK BAKSO MAS CINGKRANK DI MAKASSAR) Online Marketing Strategy (Case Study of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank in Makassar),” J. Komun. KAREBA, vol. 7, no. 2, pp. 219–231, 2018.
D. Untari and D. E. Fajariana, “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik),” Widya Cipta, vol. 2, no. 2, pp. 271–278, 2018.
Y. dkk Sri Mulyani, “Pemanfaatan Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi,” Penelit. manfaat media Sos. untuk Pemasar., vol. 11, no. 1, p. 3, 2022.