APLIKASI SIMULASI VIRTUAL REALITY INTERIOR RUANG KLINIK BERSALIN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Siti Khumairok Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Kurnia Basuki Universitas PGRI Ronggolawe
  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Desain Interior, Warna, Virtual Reality

Abstract

Penataan Interior tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik pasien, tetapi juga dapat mempengaruhi psikologi seseorang yang menempati ruangan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini terfokus pada psikologi ibu hamil yang sering berubah-ubah kondisi mentalnya dalam perjalanan persalinan. Untuk mendukung kondisi psikologis pasien perlu diciptakan lingkungan yang menyehatkan, nyaman dalam arti secara psikologis lingkungan memberikan dukungan positif bagi proses penyembuhan. Dengan itu dibuat sebuah aplikasi desain interior klinik bersalin dimana pengguna dapat mendesain ruangan sesuai dengan yang diinginkan dengan menggunkan teknologi Virtual reality (VR). Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Aplikasi ini berisi tentang Virtual reality perabot ruang klinik bersalin serta hiasan-hiasan ruangan sehingga dapat memudahkan bagi para pengguna agar tidak salah dalam memilih warna dan material manakah yang cocok dengan ruangan yang mereka inginkan dan sebagai alternatif pengguna agar dapat mengetahui gambaran sebuah dekorasi ruang sebelum akhirnya menentukan pilihan.

References

Agung Hujatnika, 2012, program Studi Sarjana Seni Rupa Studio Intermedia, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FRSD) ITB.
Anggraeni, Ni’mawati., 2014, Studi Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Satu, Dua Dan Tiga Kategori (Warna, Bentuk, Dan Ukuran) Pada Kelompok B Tk Gugus Ii Kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.
Asfari Ully Bambang Setiawan, dan Nisfu Asrul Sani, 2012, Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
Bahar, Yudi Nugraha., 2014, Aplikasi Teknologi Virtual Realty Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur, Universitas Gunadarma Depok.
Bertha Febriliyan Samopa, dan Nisfu Asrul Sani, 2013, Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, ISSN : 2337-3539.
Dinda Ayu Puspitasari, Aria Weny Anggraeni, dan Nanik Rachmaniyah.
Jurusan Desain Interior, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111 Indonesia
Firman Setiawan Riyadi1), A.Sumarudin2), dan Munengsih Sari Bunga3)
1,2,3) Teknik Informatika, Politeknik Negeri Indramayu
Jl.Raya Lohbener Lama No.8 Lohbener Indramayu Jawa Barat 45252 Indonesia
Hadi, Abdul, Puji, Rizki., 2015, Pengertian, Ciri dan Klasifikasi Kingdom Animalia (Hewan), Website:http://www.softilmu.com/2015/10/Pengertian-Ciri-Klasifikasi-Sistem-Organ-Kingdom-Animalia-Adalah.html, diakses tanggal : 18 desember 2016
Herlangga, Kresna Galuh D., 2016, Virtual Reality dan Perkembangannya, Website: https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya, diakses tanggal : 18 desember 2016.
Hermawan S, Stephanus., 2011.“Mudah Membuat Aplikasi Android”.Yogyakarta : Andi Offset.
Jogiyanto, Hartono., 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi III, Yogyakarta, Andi.
Nugraha, Putra., 2016, Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Semester 1 Kelas 3, Putra Nugraha.
Nursalim, Ahmad., 2012, Lansekap Virtual Bandung, Institut teknologi Bandung.
Vidiardi, Servasius. 2015. Pengembangan Museum Virtual Interaktif
Menggunakan Teknologi Desktop Virtual Reality Pada Museum
Ranggawarsita. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Progam Studi
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik,
Universitas Negeri Semarang. Dr. Djuniadi, M.T.
Whitten, J.L., Bentley, L.D., Dittman, K.C., 2004, System Analysis and Design Methods, The McGraw-Hill Companies, Inc.
Yudi Nugraha Bahar Jurusan Teknik Arsitektur. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Gunadarma 1Jalan Akses Kelapa Dua Kampus G Universitas Gunadarma Depok
Yusanti, Melinda Putri., 2016, Pembuatan 3D Virtual Reality : Virtual Manasik Umrah Menggunakan Unity 3D Game Engine Berbasis Android. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Siti Khumairok, Dwi Kurnia Basuki, & Asfan Muqtadir. (2018). APLIKASI SIMULASI VIRTUAL REALITY INTERIOR RUANG KLINIK BERSALIN BERBASIS ANDROID. Prosiding SNasPPM, 3(1), 408–412. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/169