ANALISIS WAKTU LAMPU LALU LINTAS DAN DESAIN ARAH ARUS LALU LINTAS DI PEREMPATAN KARANGWARU KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Ahmad Zaenal Arifin
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kemacetan, Graf, Kompatibel, Webster

Abstract

Kemacetan lalu lintas dapat menyebabkan waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama dan kebutuhan sehari-hari terhambat sehingga manajemen operasional lalu lintas perlu untuk dikembangkan terutama pada persimpangan. Persimpangan lalu lintas merupakan titik sentral dalam pelaksanaan manjemen lalu lintas guna mencegah terjadinya kemacetan dimana penumpukan kendaraan akibat pengaturan waktu tunggu lampu lintas yang dinilai terlalu lama dan konflik antar pengguna jalan yang disebabkan arah arus lalu lintas pada persimpangan kurang sesuai. Oleh sebab itu, perlu adanya peraturan lalu lintas seperti halnya pengaturan waktu tunggu lampu lalu lintas dan arah arus lalu lintas yang optimum sehinga lalu lintas yang aman, nyaman, efektif, dan efisien dapat terwujud. Graf merupakan diagram yang memuat informasi hubungan antara suatu objek terhadap objek lainnya. Salah satu graf yang digunakan untuk menyelesaikan lalu lintas adalah graf kompatibelsedangkan untuk masalah pengaturan durasi waktu lampu lalu lintas dapat digunakan metode webster. Hasil Analisa dari desain arah arus lama adalah 137 detik, sedangkan desain arah arus baru yang adalah 91 detik. Desain arah arus baru lebih direkomendasikan karena memenuhi kondisi waktu ideal dalam 1 siklus di Kabupaten Tuban yaitu 80 -130 detik..

References

A. F. Rachman, “Pengaruh Transportasi Kota Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota,” J. Perenc. Wil. Dan Kota, 2015.

N. Tanan, “Penanganan Konflik Lalu Lintas di Persimpangan Gatot Subroto-Gedung Empat Cimahi,” J. Jalan dan Jemb., vol. 25, no. 3, pp. 291–313, 2008.

R. Nasmirayanti, “Perencanaan Ulang Pengaturan Fase Alat Pengatur Lalu Lintas pada Persimpangan Bersinyal di Persimpangan Jl. Jend. Sudirman–Kis Mangun Sarkoro,” Rang Tek. J., vol. 2, no. 1, 2019.

Y. Yusnita, “Simulasi Arus Lalu Lintas Dengan Menggunakan Kecepatan Model Kerner Konhäuser,” J. Dimens., vol. 5, no. 2, 2016.

S. Fatimah, Pengantar Transportasi. Myria Publisher, 2019.

R. H. Pratiwi, “Dampak Kemacetan Terhadap Kondisi Sosial Dan Ekonomi Pengguna Jalan Di Jakarta Utara (Studi Kasus: Pegawai Kantor Kecamatan Cilincing dan Pegawai Rumah Sakit Umum Kecamatan (RSUK) Cilincing Jakarta Utara).” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung, 2016.

G. Y. B. Lumintang, L. I. R. Lefrandt, J. A. Timboeleng, and M. R. E. Manoppo, “Kinerja Lalu Lintas Persimpangan Lengan Empat Bersignal (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Walanda Maramis Manado),” J. Sipil Statik, vol. 1, no. 3, 2013.

M. . Sudarsono, “Angka Kecelakaan di Tuban Disebut Menurun, Sedangkan Kematian Naik.,” Tribun Jatim, 2021.

P. W. Wirawan, D. E. Riyanto, and K. Khadijah, “Pemodelan Graph Database Untuk Moda Transportasi Bus Rapid Transit,” J. Inform. Ahmad Dahlan, vol. 10, no. 2, p. 102928, 2016.

M. DANIAL, E. Yuliza, and E. S. Kresnawati, “Implementasi Pewarnaan Graf Dengan Algoritma Welch-Powell Pada Lampu Lalu Lintas Simpang Charitas Dan Simpang Polda Palembang.” Sriwijaya University, 2021.

B. S. Sulastio, H. Anggono, and A. D. Putra, “Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Lokasi Rawan Macet Di Jam Kerja Pada Kota Bandarlampung Pada Berbasis Android,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 104–111, 2021.

A. Fanani, “Optimasi waktu tunggu lampu lalu lintas dengan menggunakan graf kompatibel sebagai upaya mengurangi kemacetan,” J. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 2, no. 1, pp. 45–50, 2016.

A. K. Nisa and L. Muzdalifah, “Optimasi Waktu Tunggu Lalu Lintas Dengan Menggunakan Graf Kompatibel Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan,” MathVision J. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2021.

J. Jufri, “Simulasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas (Traffic Light) Berbasis Mikokontroler.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2013.

V. Nurvaida, “Analisis Perbandingan Hasil Metode Webster Dan Logika Fuzzy Pada Optimasi Sistem Kendali Lalu Lintas.” Institut Teknologi Kalimantan, 2020.

I. Y. Yolanda and K. Kartono, “Analisis Kepadatan Lalu Lintas di Perlimaan Jalan (Studi Kasus di Jalan Soekarno Hatta-tlogosari-supriyadi-medoho),” J. Mat., vol. 3, no. 4, 2014.

I. Poernamasari, R. Tumilaar, and C. E. J. C. Montolalu, “Optimasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas dengan Menggunakan Metode Webster (Studi Kasus Persimpangan Jalan Babe Palar),” d’CARTESIAN J. Mat. dan Apl., vol. 8, no. 1, pp. 27–35, 2019.

C. Chairani, I. Jaya, and H. Cipta, “Optimasi Waktu Tunggu Total Dengan Metode Webster dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso,” FARABI J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 175–180, 2021.

Miftahurrahman, “Aplikasi Teori Graf dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas.,” Apl. Teor. Graf Dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas, 2016.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Arifin, A. . Z., & Mizan, S. (2022). ANALISIS WAKTU LAMPU LALU LINTAS DAN DESAIN ARAH ARUS LALU LINTAS DI PEREMPATAN KARANGWARU KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 774–780. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1691