APLIKASI PENGENALAN HARDWARE PERANGKAT KERAS BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Authors

  • Santoso Universitas PGRI Ronggolawe
  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Kurnia Basuki Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Augmented Reality, Android, Aplikasi pengenalan hardware perangkat keras

Abstract

Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Augmented Reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan apa yang ada di dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan objek tiga dimensi pada marker, yakni sebuah pola yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memungkinkan pengembangan aplikasi Augmented Reality dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai sarana pendidikan untuk siswa-siswi. Augmented Reality dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana siswa-siswi dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga siswa-siswi pun dapat bermain sambil belajar. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan C# berbasis Android. Aplikasi animasi Augmented Reality untuk media panduan pengenalan hardware dapat membaca marker pada buku yang sudah disediakan dan bisa di unduh lewat aplikasi, aplikasi animasi Augmented Reality untuk media pembelajaran pengenalan hardware dapat menampilkan model 3 dimensi di layar perangkat Android dan mengeluarkan suara penjelasan materinya.

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
https://tipskomputer.net/perangkat-keras komputer-dan-fungsinya/.diakses22 agustus 2017
Efendi, dkk. (2016). Penerapan teknologi ar (augmented reality) pada Pembelajaran energi angin kelas iv sd di rumah Pintar al-barokah. jurnal sistem informasi.
Febrianti.(2007).Flowchart.http://febrianti.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5616/Flowchart.pdf. diakses pada 13 Maret 2016.
Fernando,Mario.(2013).Membuat Aplikasi Android Augmented Realitymenggunakan Vuforia SDK dan Unity. Manado: Buku AR Online.
Flavell, L. (2010). Beginning Blender: Open Source 3D Modeling, Animation, and Game Design. New York: Springer Science Business Media.
Jonathan, K. (1998). Beginning C#. In New York. Edward (Ed), C# Programming Language (330 - 354). MA : Balckwell.
Mizanuddin.(2011).Unity(gameengine). http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_07.11.1567.pdf, diakses pada 13 Maret 2016.
Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusmanto, aan. (2015). Apa Itu Android Dan Macam-Macam Versi Android. http://www.aan.my.id/2015/03/macam-macam-jenis-versi-android.html, diakses pada 13 Maret 2016.
Whitten, Jeffrey, L, dkk, 2004, System Analysis and Design Methods, The McGraw-Hill Companies, Inc.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Santoso, Asfan Muqtadir, & Dwi Kurnia Basuki. (2018). APLIKASI PENGENALAN HARDWARE PERANGKAT KERAS BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Prosiding SNasPPM, 3(1), 403–407. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/170