MEDIA PEMBELAJARAN GHORIB DAN MUSYKILAT PADA TPQ AL-GHOZALI BERBASIS ANDROID

Authors

  • Nurul Elvita Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Abidatil Chasanah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rr. Kusuma Dwi Nur Ma’rifati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Android, Unity, Ghorib dan Musykilat

Abstract

Taman pendidikan Al-Qur’an sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu membaca Al-Qur’an ternyata tidak semuanya lembaga tesebut telah mengajarkan materi ghorib dan musykilat secara khusus. Beberapa taman pendidikan Al-Qur’an yang telah menggunakan metode pembelajaran yang tepat memang telah menerapkan materi tersebut ke dalam kurikulumnya, namun hal itu hanya sebatas buku sebagai media pembelajarannya. Minimnya jumlah pengajar yang berkompeten dan kurangnya media pembelajaran yang memadai menjadi faktor utama pendidikan kurang berjalan dengan baik, tak terkecuali dengan pengajaran materi ghorib dan musykilat. Ilmu ghorib dan musykilat diajarkan hanya sedikit di TPQ. Biasanya hanya diselipkan pada pelajaran tajwid. Agar lebih mudah mempelajarinya dibutuhkan teknologi terbaru di bidang mobile agar mudah dalam mengaksesnya yaitu android. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi pembelajaran ilmu ghorib dan musykilat berbasis Android. Aplikasi ini diharapkan mampu menjadi alternatif dalam metode pembelajaran Ilmu ghorib dan musykilat. Penulis menggunakan metode penelitian pengumpulan data , termasuk penggunaan observasi , wawancara , dan kuesioner . Metode yang digunakan adalah pendekatan berbasis obyek . Peralatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini menggunakan pemodelan Use Case Diagram dan flowchart, perangkat lunak yang digunakan oleh penulis adalah Android Development Tools ( ADT ) dan Unity. hasil dari rancangan sistem pada penulisan skripsi ini adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Android, dimana terdapat beberapa menu yang memberikan pembelajaran ghorib dan musykilat yang disertai contoh pelafalan hukum bacaan ghorib dan musykilat yang benar dilengkapi dengan contoh tulisan atau narasi/bacaannya. Aplikasi ini juga memiliki menu tes yang dapat digunakan untuk memberi tes kepada pengguna yang sedang belajar Ilmu ghorib dan musykilat. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melihat contoh dan mendengarkan dari aplikasi yang digunakan.

References

Achmad Roesyadi Mandasini. 2014. Aplikasi Pembelajaran Tajwid Berbasis Android, 12, 43 - 47.
Arsyad, A., 2003, Media pengajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Baidan, N., 2005, Wawasan Baru Ilmu Tafsir, cet. 1, hal. 267, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Daryanto, 2011, Ilmu Komunikasi 1, Satu Nusa, Bandung.
Hamzah, M., 2003, Studi Al-Qur'an Komprehensif. Gama Media, Yogyakarta.
Jogiyanto H.M., 2005, Analisis & Desain, Ed ke-III, Andi Offset, Yogyakarta.
Khan, A.M., 2008, Praktikum Qira’at, cet. 1, hal. 100, Amzah, Jakarta.
Nasihudin, A, 2003, Keterangan Ghorib dan Musykilat, Koordinator Pendidikan Al Quran Metode Qiroati Cabang Kebumen, Kebumen.
Syamsudduha. Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al Qur’an Metode An Nahdliyah. Kifayatul Qiro’ah Wa Ghoribul Qur’an. Tulungagung: LP. MA’ARIF NU.
Safaat, Nazarudin. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.
Safaat. 2012: 6. Pengertian Android Developer Tools : http://library.binus.ac.id

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Nurul Elvita, Amaludin Arifia, Abidatil Chasanah, & Rr. Kusuma Dwi Nur Ma’rifati. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN GHORIB DAN MUSYKILAT PADA TPQ AL-GHOZALI BERBASIS ANDROID. Prosiding SNasPPM, 3(1), 387–394. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/172