PERANCANGAN MOBIL ROBOT DENGAN PENGENDALI SUARA BERBASIS ANDROID DAN MIKROKONTROLER ARDUINO

Authors

  • Nur Chayati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andy Haryoko Universitas PGRI Ronggolawe
  • Aris Wijayanti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Mikrokontroler Arduino, Android, Bluetooth HC-05, Mobil Robot, Speech Recognition

Abstract

Mainan mobil-mobilan masih sangat diminati oleh anak – anak, biasanya umur mainan tersebut tidak panjang dikarena kerusakan fisik maupun sistem elektroniknya. Dalam tulisan ini, penulis merancang bangun mobil robot yang dapat dikontrol oleh suara menggunakan smartphone android, diharapkan, mobil robot yang dikendalikan dengan arduino ini disamping menyenangkan juga mendidik anak di usia dini agar mengenali sistem kontrol dan merakit/rangkai sebagai bagian meningkatkan kreatifitas anak dan merancang aplikasi yang akan dipasang pada handphone/tablet yabg bekerja dengan sistem operasi android. Metode Speech Recognition juga merupakan sistem yang digunakan untuk mengenali perintah kata dari suara manusia dan kemudian diterjemahkan menjadi suatu data yang dimengerti oleh komputer. Keuntungan dari sistem ini adalah pada kecepatan dan kemudahan dalam penggunaannya. Hasil akhirnya jika tombol yang pada aplikasi android ditekan maka akan merekam suara lalu suara akan dikirim ke arduino lewat Bluetooth dan jika perintah suara sesuai maka mobil robot akan berjalan. Keberhasilan pengujian kinerja pada kondisi lingkungan ideal dan lingkungan berderau dengan jarak minimum adalah 0,04 m/detik. Keberhasilan pengujian kinerja pada kondisi lingkungan ideal dan lingkungan berderau dengan jarak maksimum adalah 0,42 m/detik.

References

Eldas (2012), Driver Motor DC L293D, Diakses pada 4 Juli 2018 dari www.elektronika-dasar.web.id.
Fakhrana, A. (2016). Pembuatan prototype robot kapal pemungut sampah menggunakan mikrokontroler arduino uno dengan aplikasi pengendali berbasis android. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 21(3), 185–195.
Rahmad, I. F., Fragastia, V. A. (2013), Navigasi Mobil Robot RC Berbasis Aplikasi Android. Diunduh pada tanggal 30 Juli 2018.
Santoso, H. (2015), Cara Kerja Sensor Ultrasonic. Diakses pada tanggal 29 Juli 2018 dari www.elangsakti.com.
Sugiharto, A., & Windiyanti, S. (2017). Rancang Bangun Robot Pengintai dengan Kendali Android, 1–13.
Warasih H, L. (2008). Perancangan Mobile Robot Dengan Sensor Kamera Menggunakan Sistem Kendali Fuzzy, 79.
Widianto, A, Nuryanto. (2016), Rancang Bangun Mobil Remote Control Android dengan Arduino. Diunduh pada tanggal 17 Juni 2018 dari www.ojs.amikom.ac.id.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Nur Chayati, Andy Haryoko, & Aris Wijayanti. (2018). PERANCANGAN MOBIL ROBOT DENGAN PENGENDALI SUARA BERBASIS ANDROID DAN MIKROKONTROLER ARDUINO. Prosiding SNasPPM, 3(1), 381–386. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/173