PENERAPAN TEKNOLIGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VIRUS PADA MANUSIA BERBASIS ANDROID

Authors

  • M. Samsuri Universitas PGRI Ronggolawe
  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fitroh Amaludin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

augmented reality, pembelajaran, android, virus pada manusia

Abstract

Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis, virus dapat menginfeksi inangnya dan menyebabkan berbagai akibat bagi inangnya salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengenalkan kepada semua pelajar melalui sebuah aplikasi yang dapat mengenalkan virus pada manusia tersebut dengan menggunakan device android dan teknologi agmented reality, teknilogi augmented reality ini adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi dan 3 dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam bentuk nyata, dalam aplikasi ini juga disertakan materi guna menambah pemahaman pengguna dalam mengenal virus yang menyerang manusia, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat aplikasi menjadi salah satu cara untuk mengenalkan berbagai bentuk dan cara virus menginfeksi tubuh manusia, dengan demikian pembuatan aplikasi ini dapat di jadikan referensi bagi seluruh pelajar guna sebagai media pembelajaran virus yang praktis yang menyerang tubuh manusia sehingga proses belajar tersebut lebih menarik dengan menggunakan device android dengan tampilan visualisasi yang lebih interaktif dan inovatif.

References

Efendi, dkk. (2016). Penerapan teknologi ar (augmented reality) pada Pembelajaran energi angin kelas iv sd di rumah Pintar al-barokah. jurnal sistem informasi.
Febrianti.(2007).Flowchart.http://febrianti.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5616/Flowchart.pdf. diakses pada 13 Maret 2016.
Fernando,Mario.(2013).Membuat Aplikasi Android Augmented Realitymenggunakan Vuforia SDK dan Unity. Manado: Buku AR Online.
Flavell, L. (2010). Beginning Blender: Open Source 3D Modeling, Animation, and Game Design. New York: Springer Science Business Media.
Jonathan, K. (1998). Beginning C#. In New York. Edward (Ed), C# Programming Language (330 - 354). MA : Balckwell.
Mizanuddin.(2011).Unity(gameengine). http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_07.11.1567.pdf, diakses pada 13 Maret 2016.
Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusmanto, aan. (2015). Apa Itu Android Dan Macam-Macam Versi Android. http://www.aan.my.id/2015/03/macam-macam-jenis-versi-android.html, diakses pada 13 Maret 2016.
Whitten, Jeffrey, L, dkk, 2004, System Analysis and Design Methods, The McGraw-Hill Companies, Inc.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

M. Samsuri, Asfan Muqtadir, & Fitroh Amaludin. (2018). PENERAPAN TEKNOLIGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VIRUS PADA MANUSIA BERBASIS ANDROID. Prosiding SNasPPM, 3(1), 371–376. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/175