SISTEM NFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN TOWER BASE TRANSCEIVER STATION (BTS)

Authors

  • Ika Risty Puji Lestari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Krishna Tri Sanjaya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andik Adi Suryanto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Sistem Informasi Geografis, BTS, Tower

Abstract

Perkembangan Tower menjadi infrastruktur utama dalam penyelenggaraan telekomunikasi sangat dibutuhkan untuk pelayanan dan peningkatan kualitas jaringan telekomunikasi saat ini. Untuk membangun tower ini diperlukan ketersediaan lahan, bangunan dan ruang udara. Hal yang harus dilakukan adalah merancang suatu sistem pemetaan tower seluler berdasarkan estetika dan kesesuaian dengan rencana tata ruang wilayah kabupaten Tuban yang kemudian dianalisa untuk zona pemetaan tower seluler baru, berdasarkan kesesuaian terhadap tata ruang kabupaten Tuban. Dalam kasus ini sistem informasi geografis dapat membantu menampilkan informasi dan merencanakan lokasi baru potensial yang belum terjangkau oleh jaringan. Selain itu informasi seperti lokasi, jenis dan konfigurasi sebuah objek juga dapat ditampilkan. Dalam penelitian ini dibuat untuk memberikan informasi-informasi mengenai tempat – tempat tower di kabupaten Tuban dalam bentuk Sistem Infromasi Geografis berbasis web. Sehingga dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang tempat – tempat tower di kabupaten Tuban dengan tepat dan akurat.

References

Andree Ekadinata et al. (2008). SistemInformasi Geografis untuk Pengelolaan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam. Bogor: World Argoforestry Centre (ICRAF).
Eddy Prahasta. (2009). Sistem Informasi Geografis: Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung: Penerbit Informatika.
Fauzi, A. (2014). Perencanaan Kebutuhan Base Transceiver Station ( BTS ) Dan Optimasi Penempatan Menara Bersama Telekomunikasi Requirements Planning Base Transceiver Station ( Bts ) Placement and Optimization of Shared Telecommunications. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 4(3), 151–159.
Ismail, N., & Lindra, I. (2015). Analisis Perencanaan Pembangunan Bts ( Base Transceiver Station ) Berdasarkan Faktor Kelengkungan Bumi Dan Daerah Fresnel Di Regional, IX(1), 104–12.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Ika Risty Puji Lestari, Krishna Tri Sanjaya, Asfan Muqtadir, & Andik Adi Suryanto. (2018). SISTEM NFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN TOWER BASE TRANSCEIVER STATION (BTS). Prosiding SNasPPM, 3(1), 364–366. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/177