SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENERIMA FASILITASI BAGI PELAKU USAHA IKM (INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH) PADA DISKOPERINDAG TUBAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Authors

  • Febiana Hilda Fariensa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Abdul Wahid Nuruddin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andik Adi Suryanto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Industri Kecil dan Menengah (IKM), Simple Additive Weigthing (SAW)

Abstract

Proses pelaksanaan program tersebut akan melibatkan pihak wirausaha maupun pelaku usaha sehingga pemerintah dapat memfasilitasi sebagai jembatan untuk mencapai kesejahteraan perekonomian nasional. Dalam proses penentuan prioritas penerima fasilitasi bagi pelaku usaha IKM (Industri Kecil dan Menengah) sering mengalami kesulitan terutama dalam proses penilaian dan juga dikarenakan banyaknya jumlah IKM (Industri Kecil dan Menengah). Sistem ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah sebuah metode yang digunakan untuk mencari penjumlahan terbobot. Kelebihan dari metode SAW yaitu dalam melakukan penilaian lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot preferensi yang sudah ditentukan. Yang nantinya akan memberikan rekomendasi bagi petugas untuk menentukan IKM (Industri Kecil dan Menengah) yang diprioritaskan untuk mendapatkan fasilitasi dengan nilai tertinggi. Kriteria yang digunakan untuk penilaian adalah Jumlah Tenaga Kerja, Kapasitas Produksi, Investasi, Nilai Penjualan, dan Inovasi Produksi. Dengan sistem ini maka proses penentuan prioritas penerima fasilitasi bagi pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Tuban menjadi lebih mudah dan cepat.

References

Nurdiyanto, H., & Meilia, H., 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah Di Lampung Tengah Menggunakan Analitical Hierarchy Process (AHP) Industri Kecil Dan Menengah Di Lampung Tengah. STMIK AMIKOM Yogyakarta, 1–7.
Buaton, R., & Raodah., 2014. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Menengah Dengan Metode Weighted Product. Informasi Dan Teknologi Ilmiah (INTI), Vol. 3, No. 2.
Sukerti, N. K., 2014. Sistem Penunjang Keputusan Penerima Bantuan Desa Di Kecamatan Klungkung Dengan Metode SAW. Jurnal Informatika, Vol. 14, No. 1, 84–93.
Desriyanti, & Muslim, M., 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Masyarakat Miskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Prosiding SENATEK.
Resti, N. C., 2017. Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Untuk Cabang Baru Toko Pakan Ud. Indo Multi Fish. Jurnal INTENSIF, Vol. 1, No. 2, 102–107.
Fishburn, P. C., 1967. Additive Utilities With Incomplete Product Set: Application To Priorities And Assignments, Operations Research Society Of America (Orsa), Baltimor, Md, U.S.A.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Febiana Hilda Fariensa, Abdul Wahid Nuruddin, & Andik Adi Suryanto. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENERIMA FASILITASI BAGI PELAKU USAHA IKM (INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH) PADA DISKOPERINDAG TUBAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Prosiding SNasPPM, 3(1), 356–363. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/178